Manfaat Minum Jus Wortel Setiap Hari 8 ons

Manfaat jus wortel untuk kesehatan begitu banyak. Jus wortel memberikan beragam manfaat bagi kesehatan secara keseluruhan. Dengan meminum jus wortel, anda dapat menghilangkan bekas luka seperti bekas jerawat. Jus wortel yang diminum rutin setiap hari pagi atau malam juga akan membantu mendapatkan kulit lebih sehat. Minum jus wortel dalam jangka panjang secara rutin akan membuat kulit lebih terhidrasi dan terhindar dari kekeringan. Jika anda ingin mencegah kulit cepat keriput, maka wortel menjadi solusi masalah tersebut.

Wortel termasuk dalam kategori sayuran, ini adalah tanaman asli benua Asia. Wortel juga diketahui sebagai obat herbal berbagai penyakit. Wortel kaya akan nutrisi, diantaranya adalah vitamin A, vitamin C, vitamin K, vitamin B5,  vitamin B6, vitamin B9, vitamin B1, vitamin D dan E, fosfor, karbohidrat, protein, kalium, zat besi, dan tembaga. Setiap mineral dan vitamin yang terkandung dalam wortel memainkan peran penting.

manfaat jus wortel

Manfaat jus wortel

›› Wortel mengandung karotenoid yang bertugas melindungi jantung. Minum jus wortel mentah dengan rutin akan menjauhi resiko terkena penyakit jantung dan stroke.

›› Wortel dengan karotenoid juga berkhasiat mengontrol kadar gula darah.

›› Wortel mengandung beta karoten yang bermanfaat baik untuk mengobati mata minus dan memperbaiki penglihatan terutama di malam hari.

›› Merokok dapat menimbulkan efek samping tertentu, beta karoten dalam wortel berguna sebagai pencegahan.

›› Manfaat jus wortel dapat berguna bagi kesehatan kulit, rambut, dan kuku.

›› Wortel mengandung nutrisi fitonutrien yaitu falcarinol yang dapat melindungi serangan kanker usus besar.

›› Wortel mempunyai manfaat untuk meningkatkan kualitas air susu ibu.

›› Wortel mengandung minyak esensial yang dapat meningkatkan kesehatan pencernaan dan membantu mencegah jerawat. Nutrisi dalam wortel akan melindungi kulit akibat sinar matahari.

›› Wortel sebagai salah satu tanaman pembawa antioksidan yang berkhasiat memperlambat proses penuaan. Antioksidan melindungi tubuh dari radikal bebas.

›› Minum jus wortel membantu melegakan tenggorokan akibat batuk.

›› Jus wortel berguna untuk menurunkan kolesterol dan tekanan darah.

›› Oleh karena wortel mengandung zat besi, maka konsumsi jus wortel akan menyembuhkan penyakit anemia.

>>  Resep Kentang Goreng

›› Vitamin B dan C dalam wortel akan menjaga metabolisme tubuh, kesehatan gigi dan tulang, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mencegah kanker darah dan paru-paru.

Cara membuat jus wortel

  1. Cuci beberapa wortel sampai benar-benar bersih dengan kuas atau sikat halus.
  2. Anda dapat mengupas kulit wortel, namun akan lebih baik baik untuk tidak mengupas kulit wortel untuk dibuat jus karena membuat jus wortel bersama dengan kulitnya tidak menghilangkan kandungan nutrisi.
  3. Potong tepi wortel dan berikutnya potong menjadi kecil-kecil, taruh ke dalam blender.
  4. Tambahkan sedikit air jika wortel tidak begitu lembab.
  5. Hidupkan belender sampai berair dan saring.

Tips sebelum membuat jus wortel

  1. Jika wortel memang sudah tua, anda dapat membuang kulitnya.
  2. Jus wortel biasanya menjadi lebih lezat jika dicampur dengan buah-buahan lainnya seperti jeruk, pisang, jeruk.
  3. Selain meningkatkan rasa juga akan menambah nilai gizi.
  4. Membuat jus wortel sendiri akan mendapatkan manfaat kesehatan secara maksimal dibandingkan dengan membeli jus wortel botolan. Selain mengandung pengawet, nilai gizinya juga berkurang.
  5. Selain itu, hindari menambahkan gula atau es ke dalam jus. Gula hanya akan menambah kalori dalam jus wortel, maka itu hindarilah. Akan lebih baik jika anda menambahkan jahe sebagai penyedap rasa.

Sebanyak 8 ons jus wortel mengandung sekitar 90 kalori. Jumlah ini cukup untuk memenuhi kebutuhan tubuh perhari, maka itu jangan meminum lebih dari jumlah ini perhari. Adapun efek samping terlalu banyak konsumsi jus wortel adalah kulit menjadi berwarna oranye. Jus wortel murni tinggi akan kandungan gula alami, oleh karena itu penderita diabetes harus berhati-hati atau lebih baik berpantang untuk minum jus wortel. Di lain sisi, bagi orang lain mengkonsumsinya sebelum tidur secara moderat akan menuai manfaat jus wortel bagi kesehatan.

,

Comments are closed.