Apa Saja Manfaat Labu Botol

Labu botol merupakan tanaman yang termasuk dari keluarga labu. Tanaman ini lebih dikenal oleh masyarakat di dunia timur. Labu botol mempunyai nilai gizi yang cukup tinggi sehingga mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan. Labu botol mempunyai ciri berkulit hijau, lembut, dan berbentuk melengkung menyerupai botol dewa mabuk dalam film-film silat.

Di kawasan Asia seperti India dan China, kemudian Afrika dan Arab, labu botol menjadi sayuran yang cukup dikenal dan digunakan dalam berbagai macam bahan kuliner. Jika labu ini mengering, maka dapat digunakan sebagai tempat. Manfaat labu botol untuk kesehatan sangatlah banyak, baik itu sewaktu dikonsumsi dalam bentuk padat maupun dalam bentuk cair.

labu botol

Manfaat labu botol

Labu botol kaya akan manfaat dan khasiat. Berikut adalah beberapa macam manfaat labu botol bagi kesehatan:

  1. Labu botol memiliki kadar air dalam jumlah besar di atas 90%. Mengkonsumsi labu ini dapat membantu menambah kadar air pada tubuh. Karena banyak cairan, labu botol juga berfungsi sebagai pendingin tubuh dan mengurangi panas tubuh dari dalam.
  2. Labu botol mempunyai sifat diuretik dan bertindak sebagai pembersih tubuh untuk menghapus racun dan kelebihan cairan dalam tubuh, hal ini cocok untuk mencegah penyakit liver.
  3. Makan labu botol setiap hari akan menguatkan sistem kekebalan tubuh dan menyembuhkan sakit kuning, penyakit TBC, dan mengontrol tekanan darah.
  4. Labu ini mengandung senyawa kalium dan natrium dalam jumlah yang begitu tinggi. Bagi mereka yang ingin meningkatkan asupan garam, labu botol menjadi cara yang tepat dan sehat.
  5. Labu botol dapat dikonsumsi bahkan mengurangi rasa lapar. Ini merupakan bahan makanan yang cocok untuk mereka yang ingin mengurangi berat badan. Oleh karena rendah lemak dan rendah kalori, maka sayuran ini juga cocok dipakai untuk diet. Labu botol juga mudah dicerna dan meredakan sakit perut seperti diare, sembelit, dan masalah pencernaan.
  6. Labu botol yang terasa pahit bermanfaat sebagai penangkal racun dan berfungsi sebagai tonik untuk mengatasi masalah jantung, gejala asma, batuk, dan bronkitis.
  7. Labu botol juga berfungsi sebagai diuretik alkalin dan berguna untuk mengobati masalah kandung kemih. Urin dengan keasaman yang tinggi akan menyebabkan rasa terbakar, minum segelas jus labu dicampur lemon sehari dapat meredakan rasa sakit yang dirasakan.
  8. Jus labu botol sangat baik diminum pada siang hari panas yang membuat banyak berkeringat, karena akan mengisi ulang natrium dalam tubuh.
  9. Larutan jus labu botol ditambah dengan minyak wijen akan berguna untuk mengatasi gangguan susah tidur. Kedua larutan ini harus dalam jumlah yang sama dan cara penggunaannya adalah dengan cara memijat kulit kepala.
  10. Efek terlalu sering konsumsi makanan berminyak tidak baik bagi tubuh, segelas labu botol dengan sedikit garam akan berguna untuk mengatasi dampak buruknya.
  11. Jus labu botol berupaya mengatasi masalah perut kembung dan masalah pencernaan. Jus labu botol juga dapat meringankan aliran menstruasi yang berlebih, dan meredakan gangguan saraf seperti epilepsi.
  12. Labu botol bermanfaat membuat lebih awet muda dengan mencegah uban rambut prematur dan mencegah kebotakan.
  13. Labu botol bertugas melarutkan batu dalam tubuh yang terbentuk dari konsentrasi mineral dan garam.
  14. Minum segelas jus labu botol dipagi hari saat perut kosong akan dapat mengurangi rasa lapar selama beberapa saat. Ini mengapa labu botol sangat baik untuk diet menurunkan berat badan, selain dapat menambah tingkat energi.
Ketika mencari labu botol, pilihlah yang lembut dengan warna kulit hijau bercahaya. Anda juga dapat membuat berbagai macam resep dari sayuran sehat ini. Meski begitu, jangan terlalu banyak mengkonsumsi labu botol dalam bentuk cair seperti jus karena dapat menyebabkan sakit maag. Akan lebih baik memasukkan labu botol sebagai bahan campuran makanan yang dimasak. Disamping menambah kualitas masakan, anda juga dapat menuai manfaat labu botol bagi kesehatan.

,

No comments yet.

Leave a Reply