Manfaat Air Hangat bagi Kesehatan

Manfaat minum air hangat tidak disadari oleh sebagian besar orang. Ini mungkin karena tidak banyak orang yang suka minum air putih hangat. Beberapa orang beropini bahwa minum air hangat tidak menyegarkan dan membuat makin haus. Sementara itu banyak orang mempunyai persepsi bahwa memakai air hangat dapat membuat kulit menjadi kering. Minum air hangat memiliki beberapa manfaat, yang mungkin membuat anda ingin mencoba minum air hangat yang berlawanan dengan air dingin. Air dingin di sisi yang berbeda dapat menyebabkan tenggorokan sakit, merangsang resiko terserang sinusitis, dsb. Apa saja manfaat air hangat? Berikut di bawah ini akan dikupas kegunaan air hangat:

Manfaat mandi air hangat

  1. Berendam dalam air hangat dapat meredakan rasa nyeri pada bagian tubuh manapun. Air hangat meningkatkan sirkulasi darah yang bermanfaat untuk meningkatkan mekanisme tubuh. Saat menceburkan diri untuk berendam ke dalam air hangat, tubuh akan menyesuaikan suhu dengan memompa jantung lebih cepat. Hal ini akan menambah sirkulasi darah.
  2. Berendam dalam air hangat membuat lebih mudah untuk membersihkan lapisan kulit. Cara ini juga membantu menghilangkan akar penyebab infeksi. Hal ini dapat anda buktikan sendiri antara mandi dengan air dingin dan air hangat.
  3. Semakin lama tubuh direndam dalam air hangat, cara ini akan memperluas pembuluh darah. Rasa hangat juga akan menyebar lebih dalam dan mencapai ke darah dan otot, yang bermanfaat untuk membuat otot menjadi rileks. Kehangatan air juga akan meningkatkan jangkauan otot.
  4. Air hangat juga berlaku bagi orang yang menderita gangguan susah tidur. Manfaat mandi dengan air hangat sebelum tidur akan menjauhkan gangguan insomnia. Mandi air hangat akan membuat tubuh merasa lebih rileks dan membuat tidur lebih baik.


Manfaat minum air hangat

  1. Minum air hangat di pagi hari akan memulihkan kembali kelembaban tubuh yang hilang sewaktu sedang tidur.
  2. Manfaat minum air hangat dapat meningkatkan sirkulasi darah. Seringkali pakar medis menganjurkan minum air hangat agak panas dicampur lemon dan madu di pagi hari. Selain rasanya yang segar, madu dan lemon bersama dengan larutan air hangat juga membantu untuk meningkatkan kekebalan tubuh.
  3. Air hangat bagus untuk membersihkan pencernaan dengan melenyapkan material atau limbah racun dari dalam tubuh. Limbah racun yang terakumulasi dalam tubuh akan menyebabkan dehidrasi, sakit perut, dan sakit kepala. Seringkali sakit kepala dikarenakan oleh usus yang tidak bersih. Minum air hangat akan membantu tubuh agar bekerja lebih efektif selain bermanfaat untuk mencegah diare, sembelit, dan gangguan pada colon.
  4. Berbeda dengan air dingin, minum air hangat setelah makan sangat baik untuk pencernaan selain membantu penyerapan nutrisi lebih maksimal. Minum air dingin setelah makan akan membuat pencernaan lebih lambat dan membuat perut untuk mengembangkan lemak lebih banyak.
  5. Minum air hangat bermanfaat untuk mengobati batuk berdahak, membuat saluran nafas lebih lega, meringankan sakit tenggorokan, menyembuhkan pilek lebih cepat, dsb.
  6. Minum air hangat di pagi hari setelah bangun tidur sebelum makan akan membuat pencernaan terasa lebih lancar.
  7. Air hangat juga mempunyai khasiat untuk diet menurunkan berat badan. Membiasakan minum air hangat sebelum tidur di malam hari dianggap mengurangi jumlah sel-sel lemak pada tubuh. Namun, selain itu tentu anda harus meningkatkan aktivitas fisik pula.
  8. Minum air hangat dapat membuat kulit tampil lebih mulus dan bercahaya karena menghilangkan racun yang menumpuk dalam tubuh. Secara tidak langsung hal ini diakibatkan karena dampak dari minum air hangat.
  9. Manfaat minum air hangat akan melawan masalah kulit, contohnya adalah penyakit eksim, kulit kering, psoriasis, dan keriput di usia dini. Tidak hanya itu, air hangat membuat penampilan kulit terasa lebih kenyal dan sehat.

Manfaat air hangat untuk kesehatan dapat membuat tubh teasa lebih nyaman. Bagi seseorang yang menderita penyakit insomnia dan tidak dapat tidur di malam hari, cobalah saja untuk minum air hangat malam hari sebelum tidur untuk membuat tubuh lebih tenang di malam hari.

, , , , , , ,

Comments are closed.