Manfaat Minum Air Putih

Tubuh manusia terdiri dari kandungan air hingga 70%. Air berperan penting bagi makhluk hidup. Pada kondisi normal, manusia mampu untuk tidak makan hingga berhari-hari. Tapi jika tanpa minum, apa yang terjadi? Air dalam jumlah yang cukup sangat penting bagi kehidupan dan bermanfaat untuk menghindari gangguan kesehatan. Artikel berikut akan menguraikan tentang manfaat air putih dan mengapa air dapat berguna bagi kesehatan.

Minum air putih dikala perut kosong umumnya membantu tubuh untuk lebih mudah melakukan penyerapan. minum bangun tidurMinum air putih 2 gelas sesudah bangun tidur akan menstimulasi otot peristaltik dan meningkatkan aliran darah. Inilah sebabnya mengapa air sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Air membantu dalam aktivitas biokimia, sistem tubuh tergantung pada air untuk melakukan fungsinya secara normal.

Manfaat minum air putih

  1. Minum air putih bermanfaat meningkatkan kinerja pencernaan yang lebih baik.
  2. Air putih menjaga kekentalan dan kadar volume darah, yang nantinya akan menghindari darah menjadi menggumpal dan menghindari serangan penyakit kardiovaskular seperti penyakit jantung dan tekanan darah tinggi.
  3. Manfaat minum air putih adalah membilas racun keluar dari tubuh lewat keringat dan urin. Sebagai pelarut, air menjadi pelarut terbaik untuk menghilangkan material beracun dari dalam tubuh. Hal ini juga cocok untuk membersihkan ginjal.
  4. Selain membilas racun dari dalam tubuh, minum air putih juga meningkatkan kesehatan kulit, membuat kulit lebih lembut dan bercahaya.
  5. Air putih bermanfaat untuk mencegah terkena penyakit kanker usus, kanker payudara, dan kanker kandung kemih.
  6. Air putih berkhasiat untuk meningkatkan sistem pencernaan menjadi lebih baik oleh karena natirum yang berlebihan dalam tubuh yang dapat menyebabkan retensi cairan. Retensi cairan dapat menyebabkan penyumbatan dan membuat terserang sakit kepala lebih mudah. Inilah sebab mengapa minum air putih sangat penting!
  7. Manfaat minum segelas air setengah jam makan akan membuat perut terasa lebih kenyang. Sebagai hasilnya, apa yang anda makan menjadi lebih sedikit, anda juga dapat menggunakan cara ini untuk mengusir kelebihan berat badan lebih cepat.



Pentingnya minum air setiap hari

Cairan yang dibutuhkan oleh tubuh manusia terdiri dari 2 sumber yaitu air dan makanan. Pola makan yang seimbang akan memberikan kebutuhan cairan hingga 20%, sementara sisanya wajib tersedia dalam bentuk air.

>>  Dampak Buruk Minum Air Terlalu Banyak Sekali Tempo

Jumlah air putih yang diminum setiap hari tergantung pada berbagai aspek, meliputi daerah tempat tinggal, tingkat aktivitas harian, dan kondisi kesehatan. Cuaca yang panas dapat membuat tubuh mengeluarkan banyak keringat, oleh karena itu asupan air cenderung meningkat. Kebutuhan akan air juga menjadi lebih banyak ketika melakukan kegiatan seperti olahraga.

Masalah kesehatan yang mengakibatkan ekskresi berlebihan juga akan meningkatkan asupan air. Tidak ada jawaban sederhana dan secara pasti, berapa banyak air yang harus diminum setiap orang setiap hari. Konsumsi air bervariasi sesuai kebutuhan masing-masing orang.

Tubuh yang kekurangan air akan menjadi penyebab dehidrasi, suatu kondisi dengan sel-sel dan jaringan tubuh yang tidak dapat berfungsi dengan baik. Pada kondisi seperti ini, tubuh akan menjadi mudah lelah. Cairan dalam tubuh akan hilang karena berbagai aktivitas tubuh seperti buang air, bernafas, dan berkeringat. Tingkat air dalam tubuh akan berkurang, dan oleh sebab itu perlu diisi ulang. Itulah sebabnya mengapa minum air setiap hari sangatlah perlu.

Konsumsi air putih tiap saat adalah penting. Namun, tidaklah selalu meminum air seperti halnya orang yang kehausan. Jumlah konsumsi air yang berlebihan juga akan menyebabkan masalah pada otak. Meski jarang terjadi, hal ini dikenal dengan keracunan air seperti pada perlombaan minum air.

Membawa sebotol air saat bekerja, bepergian, dan berolahraga akan baik untuk mempertahankan tingkat cairan di tubuh. Air putih yang bersih bukan hanya akan membuat sehat secara menyeluruh, tetapi juga akan menghindarkan diri dari serangan penyakit. Dengan minum air putih tiap hari secara rutin akan menuai manfaat kesehatan dibandingkan dengan minum minuman soda.

No comments yet.

Leave a Reply