Cara Merawat Belalang Sembah

Belalang sembah dapat menjadi hewan peliharaan karena murah. Bagi anda yang belum pernah memiliki pengalaman merawat hewan peliharaan, kini saatnya anda mencoba memelihara hewan yang satu ini.

Belalang sembah termasuk serangga karnivora yang mempunyai ribuan macam jenis. Serangga ini seringkali ditemui dengan warna seperti hijau daun dan kaki depan yang agak terlipat. Belalang sembah mempunyai habitat umum di daerah tropis, subtropis, dan iklim panas. Warna belalang juga akan dipengaruhi oleh habitat masing-masing. Hal ini juga akan berguna untuk menyamarkan diri dari musuh dan pemangsa.

Bagian tubuh belalang sembah terbagi menjadi 3 yaitu kepala, dada, dan perut. Hewan ini mempunyai mata yang memelihara belalang sembahbegitu besar pada kepala yang bergerak bebas hingga 180°. Belalang sembah umumnya berwarna hijau atau coklat, sebagai kamuflase atas tanaman yang dipijak. Makanan belalang sembah terdiri dari jangkrik, ngengat, lalat, ulat, dan serangga kecil. Binatang ini mempunyai gerak refleks yang cukup cepat dan hampir tidak dapat terlihat oleh mata manusia.

Belalang sembah termasuk makhluk yang paling unik di dunia. Terkadang sewaktu anda bernyanyi di dekatnya dengan irama santai, belalang sembah terlihat bergerak-gerak seperti menari, mengikuti alunan suara. Tidak hanya itu, hewan ini juga membantu manusia untuk membasmi serangga-serangga kecil yang menjadi hama tanaman.

Merawat belalang di rumah



Belalang sembah dapat anda jumpai di taman-taman atau kebun. Anda mungkin juga dapat membelinya di tempat penjual binatang atau peternakan. Setelah anda membawa pulang hewan ini, ada beberapa hal yang harus anda lakukan untuk perawatan. Metode untuk memelihara belalang sembah sebagai hewan peliharaan adalah sbb:

Tempat
Belalang dapat diletakkan ke dalam tempat berukuran kecil. Anda dapat menggunakan aquarium dengan panjang sekitar 30 cm atau memakai kandang kecil dengan kasa dari kawat. Jika anda memelihara lebih dari satu, maka harus dipisahkan dalam kandang yang terpisah. Andai tidak dipisahkan, menjelang serangga ini dewasa maka dapat saling bunuh.

Lingkungan
Langkah berikutnya adalah dengan menambahkan pasir dicampur dengan tanah pada aquarium setinggi 2 cm. Cara ini dilakukan untuk tetap menjaga kelembaban. Anda juga harus meletakkan beberapa barang seperti ranting tanaman seperti pada habitat asli. Belalang wajib harus mendapatkan ruang yang cukup untuk dapat leluasa. Tanaman hidup atau buatan juga wajib disertakan seperti di alam liar. Akan tetapi tidak perlu banyak-banyak karena akan menjadi sesak yang membuat belalang kesulitan bergerak.

>>  Hewan Nokturnal Malam Hari

Suhu ruangan
Belalang begitu sensitif pada perubahan suhu yang terjadi. Sebagai pemilik, anda harus tetap merawatnya dengan menjaga suhu ruangan tetap hangat. Suhu dalam kisaran aman adalah sekitar 25 derajat celcius. Pada suhu seperti ini mereka akan terasa nyaman. Lampu juga dapat digunakan sebagai pemanas untuk kandang.

Makanan
Belalang sembah merupakan hewan karnivora. Untuk itu anda wajib memberi makan dengan baik yang terdiri dari lalat buah, kutu daun, dan serangga yang sangat kecil. Sewaktu hewan ini tumbuh menjadi dewasa, makanan yang dapat diberikan adalah serangga lunak seperti jangkrik, kupu-kupu, lalat, dsb. Pada habitat asli, belalang meminum air dari tetesan embun tanaman. Untuk mencukupi kebutuhan akan air, anda harus menyemprot kandang dari waktu ke waktu. Air hasil sampingan dari AC dapat menjadi cara terbaik untuk memberi hewan ini minum karena segar.

Kebersihan
Belalang tidak memakan semua bagian tubuh dari mangsanya. Maka itu akan terdapat banyak sisa-sisa makanan yang ditemui dalam kandang. Sisa makanan yang tertinggal di kandang dalam waktu lama dan membuat tempat kotor membaut hewan ini menjadi mudah stres. Oleh sebab itu menjaga kebersihan menjadi kewajiban rutin.

Belalang sembah merupakan makhluk yang sensitif. Satu himpitan saja akan membuatnya terluka. Oleh karena itu perlakukan dengan hati-hati. Usia belalang sembah dapat bervariasi tergantung pada jenis. Perawatan dan lingkungan yang sesuai dapat membuat belalang sembah sebagai hewan peliharaan bertahan lebih lama.

No comments yet.

Leave a Reply