Dampak Pengangguran pada Kesehatan

Dampak pengangguran tidak hanya berimbas pada masalah keuangan, tetapi juga lebih dari itu. Salah satu akibat dari menganggur terlalu lama juga akan berpengaruh pada kesehatan, baik itu fisik maupun mental. Pekerja yang dikeluarkan dari pekerjaan juga akan mempunyai kemungkinan untuk beresiko terkena serangan penyakit lebih mudah dibandingkan dengan karyawan yang bekerja terus.

Kesehatan mental dan fisik seseorang dapat terganggu oleh karena faktor pengangguran. Sikap tidak percaya diri dan stres menjadi dampak psikis yang sering terjadi pada orang yang menganggur. Dipecat dari perusahaan atau tidak mendapatkan kerja terlalu lama akan mengarah pada kecenderungan untuk melakukan tindakan bunuh diri. Adakalanya untuk mendapatkan pekerjaan adalah sangat susah dikarenakan perkembangan ekonomi yang lambat. Menjadi seorang pengangguran menjadikan diri merasa lebih rendah. Masyarakat pengangguran mengakibatkan tidak punya penghasilan dan dapat menyebabkan permasalahan dalam keluarga.

Dampak pengangguran pada kesehatan fisik

Gangguan makan
Menjadi seorang pengangguran ada kemungkinan tidak dapat membeli makanan dengan kualitas yang baik. dampak pengangguranMakanan dengan kualitas rendah dan tidak sehat akan berdampak buruk terhadap kesehatan individu. Pengangguran juga akan menumbuhkan kondisi emosional yang labil pada diri seseorang. Sementara itu ada pula pengangguran yang cenderung makan dengan berlebihan dan akhirnya menjadi gendut. Emosional yang tidak stabil juga akan menyebabkan seseorang menjadi lupa makan. Kondisi ini akan menyebabkan gizi berkurang dan rasa lemah. Pada intinya pengangguran dapat membuat seseorang mengalami stres, yang akhirnya berdampak pada kesehatan fisik.

Insomnia
Rasa cemas terus-menerus dalam hal mencari pekerjaan dan mengatur anggaran pengeluaran dapat membuat gangguan susah tidur. Rasa was-was dapat timbul karena masalah kekurangan dana. Semakin dipikirkan maka tidur juga tidak akan nyenyak meski telah mengantuk. Kurang tidur akan mengarah pada kebugaran fisik dan melemahkan kekebalan tubuh.

Penyakit
Seorang pengangguran dapat saja merasa kekurangan pekerjaan. Aktivitas yang kurang akan menyebabkan seseorang menjadi mudah lesu dan menjadi gemuk. Menjadi gemuk karena kurangnya kegiatan fisik akan mengakibatkan gangguan hormon yang mengarah pada penyakit darah tinggi, diabetes, dan penyakit jantung. Stres juga akan menyebabkan ketegangan yang berakhir pada sakit kepala. Rasa stres juga memberikan dampak kesulitan bernafas dan sakit dada.

Gangguan intim
Pengangguran dapat menyebabkan tubuh menjadi mudah letih karena depresi. Hal ini juga dapat menyebabkan gangguan seksual. Seseorang dapat kehilangan libido dan akhirnya berpengaruh pada masalah ranjang.

>>  Jenis Pekerjaan yang Beresiko dan Berbahaya

Mirasantika
Rasa frustrasi akibat menganggur membuat seseorang ingin melepaskan diri dari masalah ini. Obat-obatan, alkohol, dan narkotika dianggap baik untuk meredakan gejolak pikiran yang tidak menentu. Meski begitu, hal ini hanya akan membuat kesehatan makin terpuruk dan menimbulkan dampak yang lebih parah lagi.

Dampak pengangguran pada kesehatan mental

Depresi
Seorang penganggur lebih sering merasa putus asa dan mempunyai perasaan bersalah. Para penganggur dapat menjadi iri karena melihat orang lain yang sukses dalam menapaki karir.  Rasa iri akhirnya menumbuhkan rasa rendah diri. Sebagai hasilnya adalah mengalami depresi yang berkepanjangan.

Vakum
Menjadi pengangguran yang merasa rendah diri akan menarik diri dari lingkungan sosial. Rasa rendah diri dan perasaan malu membuat seseorang tidak mempunyai antusiasme untuk bersosialisasi. Hal ini juga akan membuat seseorang menjauhkan diri dari teman-teman dan merasa lebih senang jika menyendiri.

Tidak mampu fokus
Frustasi yang makin berkembang akan membuat seseorang merasa kesulitan untuk berkonsentrasi mencari pekerjaan baru. Rasa stres yang berakibat pada fisik membuat pikiran menjadi terganggu.

Bunuh diri
Emosional yang labil dan depresi membuat seseorang merasa perlu melakukan bunuh diri untuk keluar dari masalah. Pada saat seperti itu, kematian dipercaya menjadi celah untuk menyelesaikan semua masalah. Rasa rendah diri membuat diri makin tak berguna dan meningkatkan pikiran untuk cenderung bunuh diri.

Pengangguran mengakibatkan dampak yang buruk pada kesehatan fisik dan mental. Meski setelah itu pekerjaan telah didapatkan, akan tetapi akibat menganggur terlalu lama memang mempunyai efek yang besar. Dampak yang buruk terhadap kesehatan fisik mungkin saja dapat sembuh total, akan tetapi dampak pada kesehatan mental akan susah untuk sembuh. Untuk mengembalikan kesehatan mental diperlukan waktu yang tidak singkat. Untuk lebih mempermudah tingkat kesembuhan, menjaga diri tetap optimis merupakan langkah awal untuk mengatasi dampak buruk pengangguran.

 
  Incoming Keywords: dampak buruk jadi pengangguran terlalu lama

,

No comments yet.

Leave a Reply