Manfaat Garam Laut bagi Kesehatan

Manfaat garam laut bagi kesehatan beraneka warna. Garam laut diperoleh dari air laut yang mengalami penguapan dan mengering. Antara garam laut dan garam dapur, terdapat komposisi kimia dan nilai gizi yang berbeda dari keduanya. Meski begitu, tekstur garam meja lebih berbeda karena melalui proses pengolahan. Sewaktu diolah, mineral pada garam meja juga menghilang. Selain itu garam meja mengandung zat aditif tertentu.

Garam laut dianggap sebagai garam alternatif yang sehat untuk menggantikan garam meja.  Garam laut memilikikhasiat garam laut sejumlah mineral selain natrium klorida. Manfaat garam laut bagi kesehatan terkait dengan fakta bahwa garam laut adalah murni dan mengandung mineral seperti kalsium, sulfat, kalium, magnesium, bromida, bikarbonat, borat, strontium, dan fluoride. Kadar mineral yang tinggi terkait dengan manfaat untuk kesehatan. Garam laut juga diketahui mengobati banyak penyakit selain sebagai penambah aroma pada makanan.

Garam laut merujuk pada garam mentah yang didapatkan melalui air laut yang menguap. Garam mentah juga  dikenal sebagai garam surya (solar salt). Perbedaan garam laut dan garam meja terdapat dalam komposisi mineral. Pada garam meja, hal ini diolah dalam proses industri dan menghilangkan sebagai besar mineral yang terdapat di dalamnya ketika diekstrak. Oleh sebab itu, natirum klorida pada garam meja lebih tinggi dibandingkan dengan garam laut. Hal ini juga menjadi penyebab mengapa rasa garam laut berbeda dengan garam meja.

Manfaat garam laut


  1. Salah satu dari manfaat garam laut bagi kesehatan adalah membersihkan saluran sinus. Minum segelas air ditambah garam laut dalam jumlah sedikit juga bermanfaat untuk melegakan saluran nafas akibat serangan asma. Cara ini juga berkhasiat untuk membersihkan paru-paru dari dahak dan lendir.
  2. Garam laut mempunyai manfaat kesehatan terkait dengan sistem peredaran darah, mengatasi denyut jantung yang tidak teratur dan menghindari tekanan darah tinggi. Penggunaan garam laut dalam jumlah moderat terbukti mujarab untuk mencegah serangan penyakit jantung.
  3. Manfaat garam laut juga membantu mendapatkan tidur yang berkualitas. Garam laut bertindak sebagai hipnosis alami yang berfungsi sebagai obat tidur. Ambil sedikit garam dan masukkan ke dalam air hangat untuk diminum sebelum tidur. Cara ini akan membuat tidur terasa lebih nyenyak.
  4. Garam laut mempunyai banyak mineral di dalamnya yang sangat baik untuk kesehatan kulit. Manfaat mandi dengan garam laut berguna untuk menyembuhkan infeksi psoriasis. Selain itu garam laut juga berkhasiat untuk menyembuhkan osteoarthritis dan gejala tendonitis.
  5. Manfaat garam laut untuk kesehatan juga membantu menjaga keasaman sel-sel tubuh, terutama sel-sel di otak. Garam laut juga akan membantu ginjal untuk dapat membuang kelebihan asam dari dalam tubuh dan mengeluarkannya lewat buang air kecil.
  6. Oleh karena menjadi antihistamin yang kuat, maka garam laut bermanfaat untuk mencegah dan mengatasi kejang otot. Selain itu konsumsi garam laut akan menambah kekuatan otot.
  7. Selain bermanfaat untuk kesehatan, garam laut juga mempunyai manfaat untuk kecantikan. Garam laut dimasukkan seabgai bahan dalam industri kosmetik, khususnya exfoliant alami atau scrub. Kristal garam juga dapat digunakan untuk membuat deodoran dan antiperspiran.
  8. Garam laut meningkatkan transmisi informasi antar sel saraf agar otak dapat memperoleh informasi dengan benar.
  9. Selain membantu menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh, garam laut juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menambah tingkat energi, terutama bagi pekerja keras seperti atlet.
  10. Penggunaan garam laut juga berguna bagi penderita diabetes karena akan mengatur tingkat gula darah dalam tubuh.
>>  Bahaya Mengkonsumsi Minuman Bersoda

Banyak sekali manfaat dari garam laut bagi kesehatan tubuh. Hal ini membuat banyak orang untuk menaburi makanan mereka dengan garam laut. Meski begitu, garam laut tidak memberikan yodium dalam jumlah cukup seperti yang dibutuhkan oleh tubuh. Yodium adalah salah satu komponen terpenting yang membuat kelenjar tiroid dapat bekerja dengan lancar. Berbeda dengan garam dapur yang telah diproses dan mengandung yodium tinggi. Selain itu juga terdapat asam folat pada beberapa merek garam meja yang dapat mencegah kemungkinan bayi lahir cacat.

Banyak orang mempercayai bahwa diet rendah garam harus menggunakan garam alami. Elemen utama dalam garam adalah natrium klorida yang dibutuhkan oleh tubuh agar mampu bekerja dengan baik. Pentingnya natrium klorida adalah untuk menjaga kadar asam dalam darah. Selain itu garam juga bermanfaat untuk mempertahankan keseimbangan cairan dan elektrolit dalam tubuh. Asupan yang dianjurkan oleh ahli gizi berada diantara 1500 dan 2300 miligram per hari bagi orang dewasa  sehat. Meski begitu, hal ini juga dapat bervariasi terutama bagi penderita diabetes, hipertensi, dan penyakit ginjal. Di lain sisi, memakai garam dengan berlebihan juga dapat membawa efek samping yaitu mudah mengalami kram, hipertensi, ketidakseimbangan elektrolit, dan gangguan kardiovaskular.

No comments yet.

Leave a Reply