Arti Bunga Anggrek

Bunga anggrek merupakan salah satu bunga terindah dan cukup terkenal karena memiliki banyak makna yang bunga anggrektersirat. Kelopak bunga anggrek berbentuk geometris, ini sangat berbeda dengan kebanyakan bunga yang lain. Oleh sebab itu, bunga anggrek yang menawan ini seringkali dipakai untuk menyampaikan suatu pesan tertentu.

Hal-hal apa sajakah yang diwakili oleh bunga anggrek? Bermacam budaya yang berbeda di dunia menganggap bahwa bunga anggrek yang eksotis ini melambangkan suatu keindahan, cinta, dan keluguan. Bahkan ada yang menganggap bahwa bunga anggrek sebagai lambang seksualitas. Untuk lebih lengkap mengenal arti bunga anggrek, berikut ulasan mengenai arti bunga anggrek dalam bermacam sudut pandang.

Setangkai anggrek bulan

Arti bunga anggrek

  1. Bunga anggrek terkadang dihubungkan dengan kesuburan. Pada zaman Yunani kuno, makan umbi akar dapat menentukan jenis kelamin bayi dalam kandungan. Jika sang ayah makan umbi tanaman, maka istrinya akan melahirkan anak laki-laki. Di sisi yang berbeda, jika ibu hamil makan umbi anggrek kecil, maka ada kemungkinan akan mempunyai bayi perempuan. Oleh karena kepercayaan masyarakat di waktu itu, bunga anggrek menjadi populer untuk mnegharapkan kedatangan si jabang bayi.
  2. Bentuk yang simetris bersama dengan garis-garis lurus pada kelopak mewakili keindahan dan dianggap sebagai suatu keindahan tiada banding. Di Inggris, bunga anggrek melambangkan wanita cantik. Sedangkan kepercayaan masyarakat di China menganggap bunga anggrek berarti lambang kesempurnaan.
  3. Bunga anggrek diyakini sebagai lambang cinta karena tanaman ini dapat tumbuh dengan mudah. Pada era Victoria Inggris, bunga anggrek dipakai untuk menunjukkan rasa cinta dan kasih sayang.
  4. Suku pedalaman di kepulauan Calayan di Filipina mempercayai bahwa bunga anggrek bertugas sebagai penjaga hutan.
  5. Bunga anggrek merupakan bunga kelahiran bagi orang-orang yang lahir dengan zodiak Aquarius yang mewakili kesetiaan.
  6. Bagi orang yang tinggal di daerah non tropis, bunga ini susah dicari karena berasal dari daerah tropis. Hanya orang kaya saja yang mampu untuk membelinya. Oleh sebab itu, bagi orang-orang tersebut menganggap bahwa bunga anggrek merupakan bunga yang mewah. Sedangkan di negara Jepang pada dahulu kala memakai bunga anggrek sebagai lambang kekayaan.
  7. Pada era Jepang kuno, bunga anggrek dipakai oleh prajurit sebagai simbol keberanian.
  8. Suku Aztec membuat ramuan dari coklat dan ekstrak anggrek vanili sebagai minuman untuk meningkatkan kekuatan fisik.
  9. Berdasarkan teologi Kristen, spesies anggrek tertentu melambangkan darah Kristus. Bunga-bunga ini juga dipakai sebagai hiasan pada meja altar selama masa Paskah dan Natal.
  10. Masyarakat Tiongkok meyakini Cina bahwa anggrek merupakan lambang dari kesuburan, perhatian, dan sifat lugu pada anak. Selain itu bunga anggrek dipercaya membawa kemakmuran dan keberuntungan.
  11. Arti anggrek merah muda melambangkan rasa gembira dan perasaan tanpa dosa.
  12. Anggrek kuning melambangkan awal yang baru dan persahabatan.
  13. Anggrek warna lembayung dan warna putih merupakan simbol keanggunan dan keindahan.
  14. Anggrek ungu menjadi simbol rasa hormat.
  15. Anggrek biru yang langka menjadi simbol yang unik.
>>  Arti dari Warna Bunga

Banyak sekali varietas bunga anggrek dari berbagai negara, termasuk Indonesia dengan anggrek bulan. Anggrek mewakili unsur pria dan wanita, oleh karena itu melambangkan seksualitas. Bagi kaum adam, tato bunga anggrek mempunyai arti pesona, wibawa, dan kekuatan dan pesona. Sedangkan bagi kaum hawa, ini berarti adalah simbol dari feminitas dan kecantikan. Bunga anggrek mempunyai ribuan jenis spesies dan merupakan salah satu kado terbaik untuk orang yang anda sayangi.

 
  Incoming Keywords: arti bunga anggrek

No comments yet.

Leave a Reply