Manfaat Minyak Bunga Matahari bagi Kesehatan

Manfaat minyak bunga matahari bagi kesehatan lama diketahui banyak orang sejak zaman dulu. Minyak ini juga mempunyai khasiat melebihi minyak goreng lainnya. Memakai minyak bunga matahari setiap hari artinya juga akan menuai manfaat kesehatan. Minyak bunga matahari mengandung nutrisi tinggi yang menyehatkan.

Minyak bunga matahari lain dari yang lain dan jauh lebih bermanfaat dari minyak nabati lainnya. Apa sebabnya? Minyak bunga matahari dibuat dari biji bunga matahari yang terkenal kaya manfaat. Minyak bunga matahari oleat mempunyai lemak tak jenuh tunggal dan lebih menyehatkan daripada minyak bunga matahari biasa (linoleat). Selain itu, kandungan lemak tak jenuh ganda yang rendah membuatnya lebih tahan lama karena tanpa terhidrogenasi. Minyak bunga matahari oleat ini juga tidak mengganggu rasa masakan karena rasanya netral.Selain dipakai untuk makanan, minyak bunga matahari oleat juga digunakan dalam produk kecantikan.

Nutrisi

Banyak mineral terkandung dalam minyak bunga matahari antara lain mangan, kalsium, fosfor, tembaga, dan seng.manfaat minyak bunga matahari Kalium dan besi juga sangat banyak terdapat dalam minyak ini. Minyak bunga matahari juga memiliki asam stearat, asam palmitat, dan lesitin. Dalam minyak bunga matahari terdapat sejumlah asam lemak tak jenuh ganda yang dibutuhkan oleh tubuh dalam produksi prostaglandin. Asam folat dalam minyak bunga matahari membantu pertumbuhan sel-sel dengan rutin. Selenium yang berguna untuk mencegah kanker juga terdapat pada minyak ini. Minyak ini juga mempunyai vitamin E yang tinggi sebagai antioksidan untuk mencegah penyakit kanker. Dalam satu sendok makan minyak bunga matahari terdapat sekitar 120 kalori.

Manfaat minyak bunga matahari



  1. Minyak bunga matahari oleat mempunyai 80% lebih lemak tak jenuh tunggal dan lemak tak jenuh ganda kurang dari 20%. Oleh kaena itu mengkonsumsi minyak ini akan menurunkan kadar LDL dan membantu meningkatkan HDL dalam tubuh.
  2. Minyak bunga matahari oleat mengandung vitamin E sangat banyak daripada minyak nabati yang lain. Vitamin E mempunyai berbagai sifat penyembuhan. Selain mampu untuk memperbaiki tekstur kulit, vitamin E juga dapat merangsang regenerasi sel sehingga membantu meremajakan kulit. Manfaat minyak bunga matahari untuk kulit dapat diperoleh dengan menambahkannya ke dalam sabun, krim kulit atau lotion, yang akan mudah diserap oleh kulit.
  3. Minyak bunga matahari memang terasa hambar, akan tetapi karena minyak ini mempunyai manfaat yang menyehatkan, maka dipakai dalam industri makanan. Hal ini juga berguna untuk menghindari konsumsi lemak yang tidak sehat dan menyebabkan berat badan naik.
  4. Minyak bunga matahari juga membawa manfaat bagi bayi prematur yang memiliki berat badan rendah. Manfaat minyak bunga matahari bagi kesehatan bayi adalah mengurangi risiko infeksi. Pada bayi prematur, resiko infeksi kerap muncul karena sistem kekebalan tubuh yang belum berkembang. Minyak bunga matahari bertindak sebagai pelindung jika diterapkan pada kulit.
  5. Vitamin E dalam minyak ini berfungsi sebagai pelembab kulit. Banyak produk kosmetika telah memasukkannya sebagai komponen.
  6. Manfaat minyak bunga matahari yang kaya vitamin E berguna untuk mencegah rheumatoid arthritis, sakit asma, dan bahkan kanker usus besar.
  7. Magnesium dalam minyak ini akan membantu untuk mencegah kram otot. Sedangkan tryptophan akan membuat otak lebih rileks dan membuat tidur lebih nyenyak.
>>  Khasiat Memakai Minyak Bunga Matahari untuk Kulit Rambut

Minyak bunga matahari dengan oleat tinggi dikenal kaya akan asam lemak tak jenuh tunggal. Masukkan minyak ini ke dalam menu makan harian, oleh sebab minyak bunga matahari kaya akan nutrisi. Ini adalah salah satu langkah untuk mengubah gaya hidup menjadi lebih menyehatkan daripada anda harus memakai minyak goreng lain yang tidak menyehatkan.

,

No comments yet.

Leave a Reply