Mana yang Lebih Bagus Laptop Gaming atau Laptop Biasa

Laptop pada umumnya terdiri dari banyak kategori antara lain laptop normal, gaming, bisnis, laptop HD, laptop 3D, dsb. Semuanya mempunyai perbedaan dan keistimewaan tersendiri sesuai dengan penggunaannya. Setiap pendatang baru dalam dunia komputer tentu mempunyai pertanyaan mendasar, apakah laptop gaming hanya untuk bermain, atau laptop biasa/ normal yang untuk mengolah data, dsb. Laptop memang diklasifikasikan sesuai dengan keperluan pengguna dengan spesifikasi tertentu. Sebuah laptop dapat saja mempunyai spesifikasi tertentu yang lebih tinggi, sedangkan laptop yang lain dapat mempunyai spesifikasi yang berbeda.

Beda laptop gaming dan laptop biasa

Laptop gaming biasanya mempunyai hampir semua fitur yang lebih lengkap dibandingkan dengan laptop biasa, dan tentu laptop gaming mempunyai fitur kinerja yang tinggi. Kartu grafis biasanya terdapat pada laptop biasa, berbeda dengan laptop gaming yang memerlukan kartu grafis khusus. Laptop untuk game membutuhkan prosesor dengan kecepatan tinggi, ini menjadi suatu keharusan pada laptop gaming. Sedangkan pada laptop biasa, prosesor seperti quad-core bukanlah suatu keharusan yang wajib dimiliki. Pada laptop gaming ukuran RAM yang tinggi juga diperlukan. Keawetan baterai laptop seringkali diperhitungkan pada latop biasa, lain halnya pada laptop gaming, fitur ini tidak begitu diperhitungkan. Berikut adalah beberapa fitur yang harus diperhitungkan antara laptop untuk gaming dan laptop biasa, jika anda ingin membeli laptop sesuai kebutuhan.

laptop gaming laptop normal

Laptop gaming

Laptop yang dipakai untuk bermain mempunyai spesifikasi khusus dengan kartu grafis untuk visualisasi yang lebih baik. Jika anda mencari laptop gaming, maka terdapat beberapa fitur yang harus anda perhatikan. Vendor yang terkenal memproduksi laptop jenis ini adalah Alienware, Asus, MSI, Sager, Toshiba.

Processor
Ini adalah aspek yang terpenting dan harus dimiliki oleh laptop game. Kecepatan prosesor menjadi hal yang perlu dipertimbangkan.

RAM
RAM menentukan berapa program yang dapat dijalankan secara paralel pada laptop tanpa mempengaruhi kecepatan komputasi. RAM lebih tinggi akan memberikan pengalaman gaming yang lebih bagus. Selain dengan RAM, VRAM (video random access memory) juga menjadi bagian penting. VRAM adalah RAM untuk video dan grafis, ini menjadi fitur penting laptop 3D.

Graphic
Laptop gaming mempunyai grafis terbaik dari semua jenis laptop yang beredar. Kartu grafis umumnya dapat di-upgrade lebih baru. Untuk GPU, yang terbaik saat ini adalah NVIDIA dan ATI.

3D
Teknologi terkini dalam arena game adalah teknologi 3D. Hingga saat ini, banyak sekali game 3D. Jika anda membeli laptop gaming, sangat disarankan untuk membeli laptop 3D.

Ukuran layar dan tampilan
Fitur ini tidak begitu penting sebelumya, namun sekarang ini mendapatkan perhatian lebih. Kemunculan teknologi baru HD dan 3D membuat ukuran layar menjadi salah satu fitur yang perlu diperhatikan. Selain itu terdapat beberapa aspek penting antara lain adalah aspect ratio, display lag, dan viewing angle.

>>  Penyebab Monitor Laptop Blank Screen Saat Dinyalakan

Laptop biasa

Laptop normal seringkali dipakai oleh kebanyakan orang. Laptop ini tidak lain merupakan versi mini dari komputer desktop. Beberapa fitur penting perlu dimiliki oleh laptop jenis ini, meski beberapa fitur penting pada laptop gaming juga sama pentingnya pada laptop biasa. Vendor yang terkenal dalam memproduksi laptop jenis ini adalah Acer, Dell, HP, Lenovo, Sony.

Daya tahan baterai
Ini menjadi fitur yang terpenting saat membeli laptop normal. Baterai tahan lama seringkali menjadi perhatian utama. Laptop dengan ukuran yang lebih kecil umumnya tidak mudah dalam mengganti baterai. Oleh karena itu anda harus lebih bijaksana untuk memilihnya.

Konektivitas
Laptop secara normal juga akan digunakan untuk browsing. Konektivitas nirkabel pada laptop menjadi suatu keharusan. Laptop harus dapat terhubung ke internet dan bluetooth.

Optical drive
Optical drive atau tidak sebenarnya adalah pilihan pribadi, akan tetapi jika memilikinya dapat memberikan media penyimpanan tambahan. CD menjadi salah satu media penyimpanan yang digunakan sebelum USB drive. Meski begitu, dengan pertumbuhan cloud storage sekarang ini seperti halnya dropbox, maka penggunaan CD telah berkurang. Jika anda ingin memakai DVD player untuk menonton film, maka DVD drive menjadi pilihan yang sangat diperlukan.

Port
Jenis dan jumlah port di laptop perlu mendapatkan perhatian. USB port merupakan fitur standar yang tersedia pada semua laptop. Berikutnya adalah HDMI untuk menghubungkan laptop ke televisi. SD card dan ethernet akan dibutuhkan untuk keperluan internet dan multimedia.

Ukuran dan berat
Sebagai desktop portabel tidak berarti laptop juga terbilang berat. Ultrabook merupakan model laptop dengan berat yang ringan dengan baterai yang awet. Laptop yang berat seringkali tidak mudah untuk dibawa dan memberikan beban.

Hingga detik ini banyak sekali laptop 3D yang dijual. Jika anda suka bermain game, maka laptop 3d akan mencukupi kebutuhan anda. Anda perlu menyesuaikan dengan yang anda butuhkan sebelum menentukan untuk membeli laptop.

 
  Incoming Keywords: beda laptop gaming dan laptop biasa

,

One Response to Mana yang Lebih Bagus Laptop Gaming atau Laptop Biasa

  1. bejo bejo #

    laptop game

Leave a Reply