Cara Membersihkan Keyboard Laptop Sekalian Tombol

Kebersihan laptop seringkali diabaikan oleh banyak orang. Merawat laptop agar tetap bersih akan membuat laptop terasa lebih efisien dan lebih nyaman untuk dipakai. Laptop sudah menjadi teman setia bagi banyak orang yang berkecimpung stiap hari dalam dunia komputasi. Jika anda setiap saat menggunakannya, maka harus merawat kebersihan juga. Layar monitor yang kotor mudah sekali untuk dibersihkan, namun bagaimana dengan keyboard, apa saja yang harus dilakukan untuk membersihkan keyboard laptop? Berikut adalah beberapa cara membersihkan keyboard laptop dengan lebih mudah.

Tips membersihkan keyboard lepi

Ada saatnya anda membersihkan keyboard dengan lap kain kecil atau dengan sikat. Akan tetapi bagaimana dengan celah dan sudut pada sisi tombol atau bagian bawah? Jika anda mengetahui caranya akan menjadi lebih mudah untuk membersihkan tombol keyboard.

membersihkan keyboard laptop

  • Cara paling mudah untuk membersihkan tombol pada keyboard laptop adalah dengan memberikan tekanan udara. Anda dapat juga menggunakan pipet yang biasanya dipakai untuk menyedot ingus waktu pilek.
  • Cara lain untuk membersihkan tombol keyboard adalah dengan menekan tombol beberapa kali agar debu dapat keluar. Meski begitu cara ini tidak dapat membersihkan secara menyeluruh.
  • Cara yang paling baik adalah dengan membuka penutup keyboard dan menggunakan pengering rambut.

Jika keyboard tidak pernah dibersihkan dalam jangka waktu yang lama maka lapisan debu dan kotoran akan terkumpul makin banyak. Satu-satunya cara untuk membersihkannya adalah dengan melepas tombol dan membersihkan bagian bawahnya.

  1. Pakai obeng kecil atau pisau untuk melepaskan klip.
  2. Pelan-pelan untuk melakukannya atau akan merusak kunci. Tombol akan muncul keluar dengan sendirinya dengan sedikit tekanan.
  3. Tempatkan tombol ke dalam air hangat yang telah dilarut dengan deterjen dan rendam.
  4. Setiap tombol mempunyai karet kecil yang melekat. Hati-hati dalam membersihkan sewaktu merendam. Akan lebih baik jika karet disimpan secara terpisah.
  5. Kembali pada keyboard untuk mengelap seluruh keyboard hingga bersih.
  6. Selanjutnya gunakan kapas dan celupkan ke dalam larutan alkohol dan ulangi lagi.
  7. Baru setelah itu pakai cairan untuk membersihkan keyboard secara menyeluruh.
  8. Bersihkan setiap celah dan sudut laptop.
  9. Cara ini bermanfaat sekali untuk membersihkan tumpahan minuman pada keyboard laptop.
  10. Kemudian kembali pada tombol keyboard yang direndam. Ambil sikat kecil untuk membersihkannya.
  11. Setelah tombol dibersihkan, taruh di atas lap kering.
  12. Karet yang direndam dalam tempat terpisah harus dicuci dan kemudian dikeringkan pada lap juga.
  13. Anda dapat memakai dry film lubricant sebagai pelumas tombol.
  14. Lakukan ini setelah tombol ditempatkan dengan terbalik dan lumasi pada tiap sisi.
  15. Jangan dicelup dengan pelumas karena akan merusak kunci, cukup disemprot dan biarkan kering.
  16. Gunakan cara ini pada bagian keyboard juga.
  17. Setelah mengering, rakit karet di belakang tombol dan pasang kembali ke keyboard.
>>  Laptop Sesuai Untuk Guru

Membersihkan laptop tidak sebatas hanya pada keyboard dan tombol. Beberapa bagian yang lain juga perlu untuk dibersihkan. Bagian sekitar drive dan port juga perlu dibersihkan dengan kompresi udara. Sedangkan untuk membersihkan permukaan dapat digunakan lap basah. Sebagai yang terakhir adalah membersihkan monitor. Untuk membersihkannya dapat dipakai larutan isopropil dan air destilasi dalam rasio yang sama. Gunakan kain katun dan celupkan ke dalam ramuan tersebut, kemudian peras hingga airnya berkurang banyak. Ambil kain katun yang telah diperas tadi untuk membersihkan monitor dengan gerakan melingkar dan lembut. Jangan menggunakan tisu untuk membersihkan monitor. Hindari memakai produk yang terdapat amonia dalam kandungan. Selain itu jangan pernah langsung menyemprotkan cairan ke arah monitor. Manjakan selalu laptop anda dengan melakukan pembersihan secara rutin.

,

No comments yet.

Leave a Reply