Perbedaan Mendasar Antara Laptop dan Notebook

Semakin banyak orang yang memegang laptop maupun notebook, akan tetapi tidak mengetahui bahwa sebenarnya terdapat perbedaan antara notebook dan laptop. Pada akhirnya orang seringkali memakai kedua istilah tersebut dengan bergantian. Notebook dan laptop bukanlah suatu hal yang sama, ini membuat banyak orang seringkali membeli barang yang tidak sesuai harapan. Sementara itu di pihak produsen pun juga memakai kedua istilah tersebut dengan bergantian, yang akhirnya membuat orang bingung, di manakah letak perbedaannya.

Kosakata laptop pada umumnya dipakai sebagai sebutan untuk komputer portabel, yang mempunyai kinerja hampir sama baik dengan PC, dengan memakai perangkat baterai. Dengan bentuknya yang lebih kecil dari PC dan mudah dibawa, anda dapat meletakkannya di atas pangkuan anda dan membawanya pergi ke manapun.

MSI GT80S 6QD Titan SLI (Dual GTX970M 6GB GDDR5)

MSI GT80S 6QD Titan SLI (Dual GTX970M 6GB GDDR5)

Di lain sisi, notebook merujuk pada komputer portabel yang mempunyai ukuran lebih kecil dari laptop, akan tetapi mempunyai baterai dengan daya tahan yang lebih awet. Istilah ini berawal dari sejarah awal dari PC notebook dengan ukuran A4. Selain itu para produsen juga telah memasarkan komputer portabel seperti notebook ultraportabel yang ringan dan tipis untuk menggantikan laptop tradisional yang lebih berat dan besar.

Beda laptop dan notebook

Sejarah dimulai sewaktu Gavilan Computer Corp pada tahun 1983 mengeluarkan komputer portabel besutannya yang bernama Gavilan SC, dengan menggunakan MS-DOS dan 5 MHz Intel 8088 CPU. Ini menjadi awal dari komputer portabel yang dipasarkan. Sedangkan istilah notebook baru diperkenalkan pada akhir 80-an dengan hadirnya komputer portabel yang lebih kecil sebagai contoh adalah NEC UltraLite. Mesin-mesin komputer ini relatif lebih kecil dan memakai monitor dengan ukuran kertas A4, sangat berbeda dengan pendahulunya. Meski saat ini, notebook tidak hanya terbatas hanya pada ukuran A4 seperti tempo dulu.

Notebook mempunyai ukuran lebih tipis karena memang lebih kecil dari laptop. Sedangkan saat ini perbedaan tersebut tidak nampak begitu jelas. Pada umumnya, komputer portabel dengan monitor berukuran lebih dari 15 inci memenuhi syarat sebagai laptop, sementara monitor dengan ukuran 14 inci atau dibawahnya dianggap sebagai notebook. Keduanya adalah sama-sama komputer portabel yang dapat dibawa bepergian. Akan tetapi untuk masalah kenyamanan, notebook menjadi lebih unggul karena aspek mobilitas yang bekerja lebih baik. Sedangkan untuk kinerja, fitur mendasar seperti kelengkapan keyboard, disk drive, unit pengolahan grafis, dsb seringkali tidak terdapat pada notebook masa kini. Bahkan sistem pendingin pada laptop juga relatif lebih baik. Hal ini membuat laptop lebih powerful daripada notebook. Sistem pendingin yang dipakai pada laptop lebih sempurna daripada yang diusung oleh notebook. Terlebih, antara sistem pendingin yang dipakai pada desktop dan laptop hanya terdapat perbedaan tipis.

>>  Mengatasi Touchpad Laptop Rusak

Laptop lebih cocok diakomodasikan pada perubahan hardware dan add-on jika dibanding notebook. Berbagai macam drive diintegrasikan pada laptop, sementara itu pada notebook sangat jarang sekali. Untuk memakai drive pada notebook harus diaplikasikan secara eksternal, dan ini merupakan cara yang tidak nyaman dibandingkan dengan sistem yang telah terintegrasi.

Notebook yang kecil mempunyai komponen yang tidak lebih lengkap dari laptop, oleh sebab itu notebook hanya membutuhkan energi lebih kecil untuk bekerja daripada mesin laptop. Jika baterai laptop dapat bertahan hingga 3 jam, maka baterai notebook dapat bertahan hingga 6 jam, tergantung pada penggunaan. Ini membuat notebook jauh lebih disukai karena mempunyai baterai yang tahan lama. Meski begitu, fitur yang lebih sedikit juga akan memberikan kinerja yang kurang memuaskan.

Semakin lama berselang, notebook dengan model terbaru mulai dikeluarkan dengan CPU yang lebih kuat beserta tambahan fitur yang belum ada sebelumnya. Alhasil, notebook tetap mempunyai ukuran kecil tapi dengan rasa laptop.

Ukuran notebook menjadi keuntungan akan tetapi juga mempunyai kekurangan. Menjadi kecil berarti akan dengan mudah untuk dibawa ke mana saja, jauh lebih ringan dari membawa laptop. Meski begitu anda juga harus menerima segala kekurangan fitur, seperti yang terdapat pada laptop dan PC. Berdasarkan kebutuhan, anda juga harus memperhitungkan, sekiranya fitur apa yang anda perlukan, jika anda harus memilih untuk membeli laptop atau notebook. Seandainya mobilitas menjadi hal yang anda prioritaskan, maka memilih notebook menjadi cocok bagi anda. Akan tetapi bila anda menginginkan kinerja komputer yang baik dan lebih cepat, maka laptop menjadi pilihan yang sangat tepat.

Comments are closed.