Laptop untuk Anak Sesuai Kebutuhan dan Usia

Orang tua yang ingin anaknya mengenal komputer di usia muda ada kemungkinan mempertimbangkan untuk membelikan laptop baru. Bagaimana cara memilih laptop untuk anak dengan tepat? Meningkatnya perkembangan teknologi menjadi suatu kebutuhan untuk mengenalkan anak pada dunia komputer dan internet. Seorang anak yang lancar dalam memakai komputer mulai usia muda, biasanya akan berada pada posisi yang lebih bagus, baik itu di sekolah atau dunia kerja sewaktu tumbuh dewasa.

Banyak sekali laptop yang beredar namun sulit untuk dipilih yang paling cocok bagi anak. Anda tidak dapat memilih laptop untuk anak hanya dengan menyamakan kriteria pada laptop yang anda gunakan sendiri sesuai kebutuhan. Pada alinea di bawah, anda akan melihat beberapa hal utama yang dapat menjadi pertimbangan untuk membelikan anak anda laptop.

Tips memilih laptop untuk anak

Prosesor
Perangkat lunak dan permainan ringan terkait dengan pendidikan biasanya tidak membutuhkan spek yang tinggi. Oleh sebab itu tidak perlu memilih laptop dengan spesifikasi yang berlebihan. Intel core i3 atau AMD A8 sudah lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan. Jika anda ingin yang lebih murah, anda dapat mencari dari produk yang lebih lama seperti Intel Celeron dan Pentium atau AMD produk lama.

Mobilitas
Oleh karena anak-anak seringkali aktif dan selalu bergerak, maka akan lebih baik untuk memilih laptop dengan dengan ukuran yang kecil. Ini juga akan membuat anak akan lebih mudah untuk membawa laptop. Dengan ukuran laptop yang kecil akan mudah dibawa selain terasa lebih ringan. Laptop dengan ukuran 11,6 inci umumnya menjadi laptop yang cocok. Bagi para remaja, anda dapat mempertimbangkan ukuran yang lebih besar seperti 14 atau mungkin 15,6 inci, meski ukuran ini juga akan mempengaruhi portabilitas.

laptop untuk anak

RAM Storage
Kebutuhan RAM mulai 2 hingga 4 GB dirasa cukup baik untuk memastikan agar komputer berjalan lancar ketika menjalankan aplikasi. Hard drive standar 250 GB dapat menjadi ruang penyimpanan yang cukup bagi kebutuhan anak-anak.

Konektivitas
Wi-Fi, Ethernet, dan port USB menjadi semua kebutuhan. Anak-anak cenderung untuk memakainya.

Baterai
Baterai dengan daya tahan lama sangat diinginkan untuk setiap perangkat portabel. Baterai yang dapat bertahan hingga 4 jam dapat menjadi pilihan yang tepat.

Harga
Selain beberapa hal di atas, satu lagi yang perlu dipertimbangkan adalah harga. Anak kecil seringkali memperlakukan laptop dengan kasar terutama bagi anak kecil dengan usia di bawah 10 tahun. Menghabiskan banyak uang untuk membeli laptop bagi anak bukan tindakan baik. Anda dapat memilih laptop dengan harga kurang dari 5 juta.

>>  Perbedaan Mendasar Antara Laptop dan Notebook

Bagi anak-anak dengan usia muda, banyak sekali laptop edukatif yang tersedia dan memiliki spesifikasi yang jauh lebih rendah dengan harga yang lebih murah.

Laptop untuk anak

VTech
Anak kecil dengan usia di bawah usia 7 tahun, laptop dapat menjadi sesuatu yang berlebihan. Maka itu sebagai gantinya akan lebih baik untuk menggantinya dengan VTech Brilliant. Ini adalah laptop mainan yang cocok untuk anak kecil. Laptop ini mempunyai 120 aktivitas yang menyenangkan dan anak-anak dapat melakukan apa saja pada layar berwarna dengan ukuran 4,5 inci. laptop ini dirancang untuk membantu anak mempelajari seni, bahasa, ilmu pengetahuan, dan matematika dengan cara yang efektif dan menyenangkan.

Asus Transformer Book
ASUS menawarkan pilihan bagi anak dengan sangat baik. Ini adalah laptop tablet 2 in 1 dengan ukuran 10 inci. Laptop ini mempunyai kekuatan 1,33 GHz Intel Quad Core, ditambah dengan Intel HD graphic. Mesin ini berjalan menggunakan Windows 8.1 yang dirasa cukup memadai untuk bermain game dan sebagai pemenuhan kebutuhan pelajar.

Acer Aspire Switch
Laptop ini juga merupakan laptop 2 in 1. Aspire menjadi produsen sempurna yang menyediakan laptop untuk anak-anak. Dengan prosesor 1,33 GHz Intel Atom dan Intel HD graphic, mesin kecil ini mampu untuk menjalankan sejumlah aplikasi dan permainan menarik. Acer switch 2 in 1 mempunyai RAM 2 GB dan storage 32 GB yang dirasa cukup untuk memenuhi kebutuhan anak pra remaja. Layar 10 inci dapat dijadikan seperti tablet bersama dengan Windows 8.1 pre-install.

HP Chromebook 11
HP menawarkan perangkat yang ringan dan lebih murah. Chromebook 11 berjalan pada Samsung Exynos 5250 ARM dan akan menyediakan baterai dengan tahan lama hingga 6 jam.

Dell Inspiron
Inspiron menawarkan kinerja yang baik, terutama jika anak begitu intensif dalam kegiatan komputer seperti gaming, video editing, dan multimedia. Laptop ini hadir dengan Intel Pentium N3530 dan Intel HD graphic, RAM 4 GB, 500 GB hard drive, layar 11,6 inci, durasi baterai up to 7,5 jam.

Nah, bagaimana menurut anda, sudahkah memikirkan mana yang terbaik bagi anak anda sesuai usia dan kebutuhan? Jangan lupa pula untuk mempertimbangkan budget di saku anda.

,

Comments are closed.