Charger Laptop Rusak Apa Saja Sebabnya

Charger laptop mempunyai masalah yang umum terjadi yaitu tidak berfungsi dengan baik. Solusi paling cepat dan termudah untuk mengatasi masalah ini adalah dengan membeli charger yang baru. Sedangkan harga charger laptop relatif tidak murah. Sebelum memutuskan untuk membeli charger yang baru atau tidak, maka sebaiknya perlu dicari terlebih dulu penyebab yang membuat charger laptop rusak.

Chargecara memperbaiki charger laptop yang mati totalr laptop yang tidak berjalan dengan semestinya akan membuat anda tidak dapat mengisi baterai laptop. Oleh sebab itu harus diambil tindakan secepatnya karena tidak dapat mengisi ulang. Baterai laptop yang dibiarkan terlalu lama dan tidak dialiri listrik juga akan membuat baterai menjadi drop. Untuk beberapa orang, mengeluarkan uang ratusan ribu mungkin akan menjadi beban, maka itu seringkali dicari cara sebagai pemecahan masalah. Sebuah kenyataan yang pahit adalah bahwa sekali charger rusak, maka tidak banyak hal yang dapat dilakukan. Charger baterai laptop merupakan salah satu alat penting untuk membuat laptop dapat menyala.

Penyebab charger laptop rusak

Bagi anda yang ingin mengetahui penyebab kerusakan charger, berikut di bawah ini adalah beberapa penyebab charger rusak. Dengan mengetahui penyebabnya, maka di lain hari anda dapat melakukan tindakan pencegahan agar charger laptop tidak mudah untuk rusak lagi.

» Salah satu penyebab charger rusak adalah memakai charger yang tidak sesuai untuk laptop yang berbeda model. Singkat kata, memakai 1 charger pada beberapa laptop yang berbeda dengan bergantian. Jika hal ini dilakukan terlalu sering, maka selain akan mempengaruhi baterai laptop, hal ini juga akan berpengaruh buruk pada charger laptop anda.
» Baterai pada laptop telah usang akibat penggunaan yang berlebihan. Oleh sebab itu pengisian baterai menjadi lambat, bahkan tidak dapat mengisi sama sekali. Pada kasus ini, masalah tidak terjadi pada charger melainkan pada baterai laptop yang telah saatnya untuk diganti.
» Kabel charger yang rusak dapat memperburuk kinerja charger dalam mengisi baterai. Hal ini akan membatasi arus listrik untuk masuk lebih lancar. Anda perlu memperhatikan letak dan kondisi kabel agar tetap baik karena ini dapat merusak charger dalam singkat waktu.
» Yang terakhir nampak terdengar jarang namun ada juga orang yang mengalami. Masalah yang terjadi dikarenakan pemasangan steker yang tidak pas atau memasang socket pada laptop dengan kendur. Jika anda mempunyai pengalaman dengan laptop, mungkin saja anda pernah mengalami hal ini. Anda akan terlihat bingung dan setelah mengetahuinya merasa geli, karena cara memasang yang tidak tepat.

>>  Laptop untuk Anak Sesuai Kebutuhan dan Usia

Tips

Bagi anda yang eksis dalam dunia teknisi komputer, mungkin anda akan berusaha untuk memperbaikinya sendiri. Akan tetapi kebanyakan orang awam tidak mampu melakukannya, dan sebab itu akan mengunjungi dokter komputer untuk memeriksakan kesehatan. Anda dapat menentukan pilihan sesuai dengan dana di kantong.

  1. Mencari charger laptop baru akan memecahkan masalah untuk mengisi ulang baterai laptop.
  2. Charger yang relatif mahal dapat membuat anda ragu untuk membelinya. Oleh karena itu anda dapat membeli charger bekas yang masih bagus.
  3. Jika laptop masih mempunyai garansi, maka anda dapat dengan mudah memperoleh ganti charger laptop.

Charger laptop rusak akan mengganggu segala macam pekerjaan. Seperti yang dibahas sebelumnya, membiarkan laptop mati terlalu lama juga tidak baik karena akan menurunkan kualitas baterai laptop. Jika anda mendapati charger laptop rusak, maka lakukan tindakan segera agar dapat kembali berjalan normal.

Comments are closed.