Mengatasi Keyboard Laptop Tidak Berfungsi

Keyboard laptop yang tidak berfungsi membuat kesusahan dalam mengetik. Beragam masalah dapat menjadi penyebab keyboard laptop rusak. Selain disebabkan karena kerusakan software, keyboard laptop rusak dapat terjadi karena memang fisik keyboard telah rusak.

Beberapa alasan menyebabkan keyboard laptop tidak berjalan sebagaimana mestinya, yang dapat membuat anda tidak dapat bekerja di depan laptop. Mencari bengkel laptop sekiranya dapat menjadi jalan terbaik, akan tetapi sebaiknya anda juga mengetahuinya terlebih dulu, siapa tahu anda dapat memperbaikinya sendiri. Berikut bermacam penyebab utama keyboard laptop tidak berfungsi dan beberapa cara untuk mengatasi keyboard laptop rusak.Keyboard, Laptop

Memperbaiki keyboard laptop rusak

Kerusakan tombol
Tombol keyboard yang tidak berfungsi dengan baik, sewaktu digunakan untuk mengetikkan huruf, tidak ada output pada layar, dan terkadang harus ditekan lebih keras. Penyebab masalah ini antara lain adalah adanya tumpahan cairan pada keyboard, banyak debu di balik tombol, karet tombol yang telah aus, dan kurang adanya pelumasan.

Tips mengatasi

  1. Bongkar keyboard dan ambil karet di bawah setiap tombol dan taruh di tempat lain. Bersihkan keyboard dari dalam. Gunakan kapas cotton bud untuk menyeka setelah sebelumnya dicelupkan ke dalam air. Hati-hati dalam membersihkan, kelembabab air yang tinggi akan merusak keyboard.
  2. Bersihkan tombol menggunakan busa untuk membersihkan setiap tombol. Cara ini akan membantu untuk menghilangkan substansi lengket yang menempel pada tombol. Gunakan cairan pembersih dan biarkan mengering selama 15 menit. Setelah itu, cuci semua tombol dengan menggunakan air panas dan biarkan sampai kering.
  3. Pakai pembersih semprot untuk mebersihkan karet dan bilas dengan air hangat. Rendam potongan karet pada serbet agar mengering cepat.
  4. Pada tempat yang datar, taruh tombol dengan terbalik dan gunakan pelumas ringan setelah itu keringkan. Setelah anda membersihkan dan melumasi semua bagian, pasang kembali keyboard dengan hati-hati. Mulailah dengan menempatkan semua komponen karet pada keyboard, gunakan jari untuk menekan semua tombol satu per satu hingga terpadang baik.

Cara ini membutuhkan waktu beberap jam. Membersihkan keyboard dan memberikan pelumas pada keyboard bermanfaat untuk mencegah kerusakan permanen. Keyboard laptop yang sensitif tidak akan baik untuk dipakai bermain game dalam waktu sangat lama. Sebagai langkah untuk mencegah kerusakan tersebut, anda dapat memakai keyboard eksternal untuk bermain game.

Ouput karakter beda dengan input
Sewaktu anda mengetikkan sesuatu, terkadang muncul masalah pada hasil yang keluar pada layar. Karakter yang anda ketik di keyboard tidak sesuai dengan hasil yang keluar. Pada umumnya masalah ini dikarenakan software terkait.

>>  Mana yang Lebih Bagus Laptop Gaming atau Laptop Biasa

Tips mengatasi

  1. Control Panel → Regional and Language Options → Keyboards and Languages → Change Keyboards → Advanced Key Settings.
  2. Pilih option Between Input Languages dan klik Change Key Sequence.
  3. Pilih Not Assigned untuk Switch Input Language dan Switch Keyboard Layout.
  4. Klik OK

Output berupa angka bukan huruf
Sewaktu anda mengetikkan huruf akan muncul angka dan bukan huruf. Kasus ini dialami karena masalah pada software.

Tips mengatasi

Klik Fn + Num Lock atau Fn +Shift + Num Lock.

Jika masalah belum menghilang, maka perlu dicoba juga langkah berikut:

Start → Search → Device Manager → Enter

Sebagai alternatif, anda juga dapat membuka device manager. device manager akan mendeteksi hardware pada laptop. Jika anda melihat tanda seru kuning pada ikon keyboard, instal lagi kemudian restart laptop.

Jika langkah seperti yang disebutkan di atas tidak juga mengatasi masalah, maka alternatif berikut dapat dipakai:

Cabut laptop dari adaptor dan lepas semua perangkat eksternal yang terhubung. Setelah itu matikan laptop dan lepas baterai, tunggu sampai 5 menit kemudian pasang lagi dan hidupkan. Hal ini dapat terjadi karena adanya file yang rusak sehingga mengganggu kinerja keyboard.

Penyebab lainnya yang membuat keyboard berfungsi tidak normal adalah adanya hardware yang tidak sesuai untuk laptop. Anda juga dapat memeriksa apakah hal ini juga berjalan pada safe mode. Jika keyboard berfungsi pada Safe Mode, maka masalah disebabkan karena software. Jika masalah kian berlanjut, akan lebih baik untuk mengunjungi bengkel komputer untuk mendapatkan penanganan lebih intensif.

 
  Incoming Keywords: penyebab keyboard laptop rusak, keyboard laptop tidak berfungsi, penyebab keyboard laptop ga berfungsi, keyboard laptop rusak, key board laptop tidak berfungsi, cara mengatasi keyboard tdk berfungsi, tombol laptop tidak berfungsi semua, memperbaiki keyboard laptop, mengatasi keyboard laptop tidak berfungsi, Mengatasi keyboard yang tidak dapat digunakan atau rusak

,

No comments yet.

Leave a Reply