Mengatasi Speaker Laptop Tidak Bunyi

Speaker laptop tidak bunyi sama juga halnya laptop bisu yang tidak memberikan rasa nyaman. Masalah pada speakor laptop seringkali karena alasan pengaturan software. Berikut adalah cara mengatasi speaker laptop tidak berbunyi.

Kerusakan pada speaker laptop menjadi keluhan yang paling umum dialami oleh pengguna. Masalah dapat bermulaSpeaker laptop tidak bunyi sewaktu speaker laptop berbunyi tidak cukup keras dan kemudian semakin parah. Ketika berencana untuk mendengarkan musik atau menonton film, speaker laptop sering tidak berbunyi. Speaker yang disfungsional juga membuat ketidaknyamanan saat chatting online. Lawan chatting dapat mendengarkan suara kita namun karena speaker yang tidak berfungsi maka kita tidak dapat mendengar suara orang lain.

Speaker yang ditempatkan pada mesin seringkali hanya mengeluarkan bunyi dalam tingkat volume rata-rata. Hal ini membuat banyak orang untuk menambah speaker eksternal pada laptop. Meski begitu, hal ini juga dapat menyebabkan sejumlah besar masalah secara tidak sengaja.

Cara mengatasi speaker laptop rusak



Semua masalah pada laptop dapat diperbaiki setelah mengetahui penyebab yang mendasarinya. Pada umumnya, masalah terletak pada software atau hardware. Setiap perangkat yang terpasang pada laptop mempunyai sambungan ke hardware dan software dalam bentuk driver. Speaker laptop yang rusak juga dapat muncul dari software maupun hardware yang mengalami kerusakan. Aline di bawah merupakan beberapa tips sederhana yang dapat dilakukan untuk memperbaiki speaker laptop tidak mengeluarkan suara karena masalah software, dimulai dari asal penyebab.

Pengaturan volume
Speaker laptop tidak mengeluarkan suara dapat dimungkinan karena akibat mematikan output suara dengan tidak disengaja. Cek pada pengaturan volume untuk memastikan anda tidak mengaktifkan ‘mute speakers’.

Sound driver
Driver audio yang terpasang di laptop adakalanya mengalami gangguan. Untuk mengatasi masalah ini, anda harus menghapus driver lama dan menginstal ulang driver. Untuk menghapus driver lama, anda dapat masuk ke device manager > Sound and Video Game Controllers. Hapus perangkat yang terdapat di sana dan jalankan CD driver untuk memulihkan suara. Jika anda tidak mempunyai driver, maka anda dapat mencarinya secara online, sesuai pada merek laptop dan serinya.

>>  Menggunakan Laptop Sepanjang Hari Sambil Charging

Hardware
Kerusakan hardware pada sound card ataupun colokan headphone dapat menjadi penyebab laptop
tidak berbunyi. Salah satu cara untuk memastikan penyebab masalah adalah dengan memasang earphone dan memeriksa kualitas output audio. Jika masih tidak berbunyi, maka masalah terdapat pada sound card, sebaliknya jika suara keluar maka penyebabnya pada speaker internal. Jika setelah menginstal ulang sound driver tidak juga berhasil, maka anda perlu mengunjungi bengkel komputer untuk memperbaikinya. Ini akan memakan waktu dan biaya untuk memperbaiki, meski akan menjadi solusi yang efektif.

Virus
Instalasi program tertentu dan serangan virus dapat membuat software audio kacau. Untuk mengatasi masalah ini anda dapat melakukan ‘System Restore‘ untuk mengatur ulang seperti sebelumnya. Start > All Programs > Accessories > System Tools > System Restore.

Jika tips di atas tidak berhasil, maka kemungkinan besar ada pada hardware yang rusak. Bengkel komputer akan siap menerima masalah anda. Selain itu anda juga harus mengganti speaker atau perangkat hardware terkait. Merawat laptop gampang-gampang susah karena banyak sekali komponen listrik yang terdapat dalam satu wadah. Setiap mesin portabel, laptop termasuk rentan terhadap kerusakan dari waktu ke waktu. Laptop menjadi sahabat bagi orang yang melakukan pekerjaan tidak hanya pada satu tempat dan teman sejati bagi orang-orang yang gemar menonton film dan mendengarkan musik di tempat manapun.

 
  Incoming Keywords: penyebab speaker laptop tidak berbunyi, cara memperbaiki speaker laptop tidak bersuara, cara memperbaiki speaker laptop yang tidak bersuara, cara mengatasi sound speaker laptop yang tidak bunyi, jika laptop tidak berbunyi, penyebab speaker laptop tidak bersuara, penyebab suara laptop tidak bunyi, speaker laptop tidak bunyi, suara film laptop tidak bunyi dispeaker

No comments yet.

Leave a Reply