Membuat Baterai Laptop lebih Awet

Laptop telah makin banyak pengguna, bahkan anak sekolah juga membawa laptop ke sekolah. Komputer portabel ini dapat dengan mudah dibawa ke manapun kita pergi dan menjadi suatu kebutuhan bagi kita di era digital. Jika anda mempunyai laptop, maka anda juga perlu mengetahui beberapa macam persoalan yang mungkin saja timbul. Salah satu persolana yang sering timbul dan membuat pengguna khawatir biasanya adalah pada baterai laptop. Banyak pabrik laptop dari berbagai merek menyatakan bahwa produksi laptop mereka mempunyai kapasitas umur baterai yang awet dan tahan lama. Akan tetapi sering juga hal ini ternyata tidak sesuai dengan janji yang diberikan.

Perawatan laptop yang tepat dapat membuat umur baterai lebih bertahan lama. Jika anda menggunakan perangkat seperti webcam dan DVD drive, maka tentunya akan mengkonsumsi daya lebih cepat habis. Layar yang terlalu terang juga akan membutuhkan lebih banyak energi. Membuat baterai lebih tahan lama dapat bervariasi melalui berbagai cara. Tips di bawah ini merupakan beberapa langkah yang dapat membantu anda membuat umur baterai lebih awet.membuat umur baterai laptop panjang umur

Cara membuat baterai laptop tahan lama

Menghapus program yang tidak digunakan sama sekali
Pada laptop kepunyaan anda mungkin saja terdapat beberapa program yang berjalan di balik layar, yang berakibat tidak hanya memakan penggunaan memori komputer, tetapi juga daya tahan baterai laptop. Agar menjadi lebih efeisien, sangat dianjurkan bagi anda untuk berhenti menjalankan program tersebut. Untuk lebih sempurna, anda juga harus menghapus program yang jarang sekali dipakai. Cara ini bertujuan untuk meminimalkan penggunaan energi baterai laptop dari hal yang dirasa tidak perlu.

Mengatur kecerahan layar
Layar monitor yang terlalu terang membutuhkan daya yang tinggi juga, oleh sebab itu akan mengkomsumsi energi baterai sehingga cepat habis. Untuk menghemat penggunaan baterai, sebaiknya anda meredupkan layar laptop. Penggunaan mode power saver juga dapat menghemat baterai.

>>  Laptop Sesuai Untuk Guru

Mematikan Bluetooth dan WIFI
Internet dan bluetooth yang tidak anda gunakan, sebaiknya dimatikan saja. Kedua hal ini juga dapat menghabiskan sumber daya baterai, terlebih jika anda memang sedang tidak memerlukannya. Selain itu anda juga harus menonaktifkan perangkat eksternal lain yang tidak dipakai. Perangkat USB dan DVD drive akan mengkonsumsi baterai. Bahkan mouse USB yang mungkin anda pakai juga dapat menguras baterai lebih cepat habis.

Membersihkan baterai
Agar baterai laptop dapat lebih awet, tidak hanya pengaturan secara internal saja yang diperlukan. Anda juga dapat melakukannya dari luar yaitu dengan membersihkan baterai laptop. Bersihkan baterai laptop sesekali dengan memakai cairan pembersih yang mengandung alkohol.

Suhu mesin
Pada pemakaian laptop, anda juga harus memantau suhu sewaktu memakainya. Jangan gunakan laptop dalam tempat seperti di atas kasur, di bawah selimut, dan berbagai macam bahan lembut yang dapat menghalangi aliran udara. Laptop akan beroperasi dengan lebih efisien ketika berada pada suhu rendah.

RAM
Menambah RAM tidak hanya mempercepat proses kerja laptop akan tetapi juga mengurangi beban CPU, dengan demikian akan membantu untuk menghemat daya.

Masih banyak banyak hal lain yang akan membuat baterai laptop lebih awet agar dapat bertahan dalam jangka waktu yang lama. Jika anda sering bepergian dengan membawa laptop, akan lebih baik untuk membawa baterai cadangan. Selain itu anda juga dapat melakukan defragment secara berkala untuk membuat penggunaan energi baterai menjadi lebih rendah. Tips di atas benar-benar telah terbukti nyata dan mampu menghemat penggunaan baterai laptop.

Comments are closed.