Tanda Komputer Terkena Serangan Virus

Berbagai macam gejala dan tanda komputer terserang virus akan muncul dalam bentuk yang berbeda dan berpotensi buruk bagi komputer. Setiap jenis virus akan mempengaruhi perangkat dalam komputer. Setelah komputer terserang oleh virus, maka akan membuat komputer semakin rentan terhadap serangan dari virus lainnya. Sebagai akibat, software antivirus juga akan mengabaikan kedatangan virus-virus lainnya yang menyerang. Memahami bermacam gejala komputer terkena virus akan membantu kita untuk dapat lebih mudah melawan virus komputer.

Virus komputer merupakan program yang berukuran kecil dengan kemampuan untuk menyebarkan penyakit daritanda komputer terinfeksi virus satu komputer ke komputer yang lain. Virus komputer akan mengganggu kinerja mesin komputer dengan menginfeksinya. Mengenali adanya kehadiran virus secepat mungkin akan mencegah kerusakan data komputer lebih lanjut. Selain itu terdapat bermacam aplikasi yang dapat meminimalkan resiko buruk virus komputer yang menjangkiti menjadi berkembang lebih jauh.

Ciri virus menyerang komputer secara umum

Komputer yang terserang virus mempunyai gejala dan karakteristik yang berbeda. Jika mesin komputer telah terinfeksi oleh salah satu virus, anda dapat melihat efeknya secara langsung. Kinerja komputer akan menjadi buruk karena fungsinya yang mengalami kerusakan. Sebelumnya anda  dapat melakukan apa saja dengan begitu mudah, tetapi setelah virus menginfeksi komputer, maka komputer tidak dapat digunakan begitu mudah. Berikut adalah berbagai ciri dari komputer yang terkena virus:

  1. Kinerja komputer berjalan lebih lama dibandingkan sebelum dijangkiti virus.
  2. Program dan aplikasi pada komputer tidak berjalan dengan lancar bahkan terkadang sama sekali tidak berfungsi.
  3. Komputer dapat restart dengan sendirinya setiap beberapa menit.
  4. Beberapa program dapat terhapus tanpa anda melakukannya.
  5. Komputer terasa seperti kondisi beku.
  6. File atau folder terhapus secara otomatis.
  7. Muncul ikon pada layar monitor setelah serangan.
  8. Software antivirus yang ada tidak berjalan dengan baik bahkan menjadi tidak aktif.
  9. Drive tidak dapat berjalan dengan tepat.
  10. Tidak dapat menginstal program antivirus pada komputer.
  11. Kesalahan akan terjadi sewaktu melakukan printout.

Komputer yang terserang virus membuat kesal karena komputer yang diserang virus tidak dapat dipakai bekerja dengan lancar. Virus yang menyerang dapat muncul kapan saja dan memberikan dampak buruk bagi setiap bagian pada komputer. Virus juga dapat membuat aplikasi menjadi tidak aktif, bahkan yang terparah dapat merusak hardware komputer anda. Oleh karena efek virus seperti ditulis di atas,  anda menjadi tidak mampu untuk mengerjakan berbagai tugas lewat komputer.

>>  Perbedaan Malware Spyware Adware

Virus komputer

Berbagai macam jenis virus komputer memberikan efek buruk yang berbeda pada komputer. Virus dapat berasal email pada lampiran yang menyertai. Anda tidak perlu membuka email dari sumber yang anda tidak ketahui hanya sebab subjek tersebut terkesan menarik. Meski begitu, email dari sumber lain juga kadang dapat menyebabkan gangguan pada komputer. Untuk itu berhati-hatilah sewaktu membuka email dengan lampiran. Virus juga dapat datang dari file yang anda download. File-file dari sumber yang tidak jelas biasanya mengandung virus. Oleh karena itu setiap anda selesai mendownload, biasakanlah melakukan scanning file hasil download dengan antivirus yang anda pakai. Flash disk yang sering dipakai dengan cara berganti-ganti komputer juga dapat membawa virus. Maka itu berhati-hatilah dalam memakai sebuah flash disk dengan komputer yang berbeda-beda.

Sewaktu anda telah mengetahui bahwa virus telah menginjeksi komputer, maka anda perlu melakukan langkah perbaikan secepat mungkin. Segera update anti virus anda dan jalankan. Agar lebih baik, gunakan antivirus model terbaru pada komputer anda. Sebagai langkah antisipasi, maka anda harus memakai firewall inbuilt yang aktif setiap saat. Ini karena anda juga tidak pernah tahu kapan virus akan menyerang komputer. Data dan informasi berharga yang telah anda simpan dapat rusak begitu saja akibat virus nakal. Berikan perlindungan pada komputer dan ambil langkah cepat jika terdapat gejala virus yang menyerang komputer.

,

No comments yet.

Leave a Reply