Perbedaan Malware Spyware Adware

Komputer dapat terjangkit adware, malware, spyware, yang dapat membahayakan komputer. Ketiga parasit ini sangat berbahaya bagi sistem komputer. Parasit yang aktif dapat merusak komputer.  Komputer akan memerlukan software yang baik untuk menjaganya dari pengaruh buruk parasit ini. Dan yang perlu diketahui, ketiganya juga mempunyai perbedaan. Berikut pada alinea di bawah akan diulas tentang perbedaan malware, spyware, dan adware yang merugikan pengguna komputer.

Letak perbedaan malware, spyware, dan adware

Malware
Malware adalah software berbahaya yang diciptakan maksud untuk merusak sistem komputer. Malwarebeda malware spyware adware mengganggu sistem kerja komputer dan memasuki sistem komputer melalui jalur dari online. Malware membahayakan komputer dan dapat menyebabkan hilangnya data karena mempunyai kemampuan untuk menghancurkan file yang tersimpan dalam hard disk. Beberapa jenis malware juga dapat mengambil alih kendali komputer dan membuat komputer terlibat dalam pengiriman email spam. Selain itu, malware juga menangkap password, informasi pribadi, data perbankan, yang dapat menyebabkan penipuan online dan pencurian. Semua bentuk malware dianggap sebagai kode berbahaya yang meliputi worm, virus, trojan, dsb. Worm dan Virus adalah dua jenis yang perangkat yang paling sering dijumpai. Virus dapat menyebar dengan cepat melalui software yang terinfeksi, sementara worm dapat memperbanyak dirinya secara aktif dan dapat menyebar lewat jaringan.

Spyware
Spyware menyerang privasi dengan melacak halaman penjelajahan dan menampilkan iklan yang tidak diinginkan, dengan tujuan mengarahkan anda ke situs lain. Spyware juga termasuk langkah pemasaran untuk mendapatkan penghasilan. Perangkat ini tidak menyebar seperti virus dan terdapat dalam paket software yang terlihat bersahabat. Spyware secara otomatis aktif pada komputer sewaktu menginstal sebuah software.

Spyware secara diam-diam masuk pada sistem komputer untuk mengumpulkan informasi komputer tanpa sepengetahuan pengguna. Beberapa bentuk spyware dapat mengganggu komputer dengan menginstal software baru lainnya sendiri dengan otomatis. Perangkat ini dapat mengarahkan halaman hasil pencarian pada mesin pencari. Selain itu, perangkat ini juga dapat membawa perubahan dalam pengaturan komputer dan membuat lambat kecepatan internet. Lain halnya seperti worm dan virus, perangkat ini mengambil alih komputer untuk keuntungan komersial. Banyak sekali pengguna komputer mengunduh software yang mengandung spyware tanpa disadari karena software ini seringkali tidak terdeteksi sebagai ancaman yang sangat berbahaya. Namun, spyware juga menyebabkan komputer membuka celah sehingga lebih mudah untuk terkena serangan.

>>  Cara Nonton TV di Komputer Tanpa Internet

Adware
Adware adalah software yang memunculkan iklan yang tidak diinginkan, disertai dengan pop-up yang tampil sesekali dan sangat mengganggu pengguna. Beberapa adware juga termasuk jenis spyware, yang dapat melaporkan hasil kunjungan pada suatu website dan mengumpulkan data yang sering digunakan untuk menayangkan iklan sesuai target visitor. Meski tujuan software ini bukan untuk merusak, namun seringkali menampilkan pop-up yang mengganggu pemakai komputer. Banyak sekali perusahaan yang menghasilkan uang melalui iklan-iklan tersebut. Adware mengetahui minat pengguna komputer dengan mencatat histori, kemudian akan menampilkan iklan tertentu sesuai dengan minat. Cara untuk mengatasi malware adalah dengan tidak mengklik iklan pop-up, dan memasang software untuk memblokir pada komputer.

Spyware menghasilkan iklan agar lebih tertarget. Adware menjadi cara terbaik untuk menawarkan aplikasi gratis dengan biaya rendah. Malware mengirimkan email spam secara otomatis dan mengarahkan pengguna ke situs yang tidak diinginkan. Cara efektif untuk menghilangkan ketiganya adalah dengan menginstal program anti virus dan malware pada komputer. Dengan memasangnya akan mencegah dan mengatasi parasit yang merugikan bahkan merusak komputer.

Comments are closed.