Koneksi Internet Tiba-tiba Jadi Lambat

Internet lambat menyebabkan dalam membuka halaman situs memakan waktu yang lama. Terlalu lama menunggu dapat menimbulkan stres, salah satunya adalah internet lemot. Hingga detik ini, setiap orang dapat mengakses internet dengan mudah, oleh karena itu sangat penting untuk mempunyai koneksi internet yang mampu berlari sekencang-kencangnya. Koneksi internet adakalanya dapat mengalami gangguan dan menjadi lambat. Artikel berikut akan memberikan penyebab mengapa internet mendadak menjadi lambat.

Paket data yang terkirim ke komputer berjalan melalui koneksi internet, dari server web hosting ke komputer. Kecepatan yang terkirim ke komputer tergantung pada banyak faktor, yang meliputi bandwidth internet, penggunaan bandwidth di area lokal, konfigurasi router dan modem, hardware komputer, dsb. Berikut di bawah ini beberapa penyebab koneksi internet menjadi lambat tiba-tiba.

Penyebab koneksi internet jadi lemot

Virus
Pada kebanyakan kasus, banyak orang kerap mengeluhkan koneksi internet lambat. Hal ini tak lain diprakarsai oleh virus pada komputer yang telah menyebar ke sistem dari sumber eksternal antara lain email, website, dan perangkat penyimpanan eksternal seperti flashdisk, microchip, eksternal HD, dsb.

Virus komputer dapat menurunkan kecepatan koneksi internet secara tiba-tiba. Penginfeksi komputer ini memakai juga bandwidth internet yang menyebabkan koneksi berjalan sangat lambat. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan memakai program antivirus untuk membersihkan seluruh sistem. Perlu dipastikan untuk mengaktifkan firewall pada komputer dan memperbarui antivirus secara teratur. Menjalankan full scanning dan membersihkan virus dapat berguna sebagai solusi untuk mengatasi internet lemot akibat virus.

Malware Adware
Program berbahaya yaitu adware dan malware dapat menyerang komputer dan memakai bandwidth internet anda. internet lemotHal ini akan membuat kecepatan koneksi menjadi lambat. Untuk mengatasi hal ini, anda akan membutuhkan software untuk menghilangkan malware dan perlindungan khusus dari adware untuk menjaga sistem tetap bersih.

Server website kelebihan beban
Adakalanya suatu situs tidak dapat dibuka. Tingginya tingkat lalu lintas data menyebabkan sebuah situs susah untuk diakses. Ini bukanlah disebabkan karena perangkat yang anda pakai melainkan dari sisi server situs tersebut. Web server yang kelebihan beban akan menurunkan kecepatan download dan otomatis jadi lambat. Pada masalah ini, anda tidak dapat berbuat apapun selain hanya menunggu web server kembali normal.

>>  Browsing Lebih Aman dengan Menyembunyikan Alamat IP

Aktivitas padat dalam sebuah jaringan
Penggunaan sambungan internet dalam suatu local area network secara bersamaan dengan pengguna internet lain akan membuat koneksi internet berjalan lebih lambat.

Gangguan pada hardware
Penyebab internet lambat juga dapat disebabkan karena terkait masalah hardware. Modem dengan kecepatan transfer data yang rendah dengan firmware usang akan membuat koneksi lebih lambat.

Penyebab internet lambat lainnya

  1. ISP yang anda pakai dapat mengalami kelebihan beban trafik dan membuat koneksi menjadi lambat. Hal ini seringkali terjadi pada saat jam-jam tertentu.
  2. Terlalu banyak addon yang dipasang pada browser akan membuat kinerja browser lebih lambat dan berat karena terbebani oleh begitu banyak program yang berjalan bersamaan.
  3. Bandwidth yang disediakan oleh ISP anda sangat sedikit.
  4. Terlalu banyak program yang berjalan pada komputer dengan bersamaan.
  5. Kabel router yang telah kendur akan menyebabkan sinyal menghilang.
  6. Operating system dan router tidak sesuai satu sama lain.
  7. Jenis koneksi berpengaruh pada kecepatan internet. Koneksi DSL lebih cepat daripada koneksi dial-up dan koneksi kabel lebih cepat dari DSL. Layanan fiber optik hingga saat ini menjadi yang tercepat diantara semua tipe koneksi internet.
  8. Terlalu banyak cookies dan cache internet yang tersimpan dalam browser dapat menurunkan kecepatan internet.
  9. Kecepatan internet juga sering ditentukan oleh jarak anda ke titik akses. Oleh sebab itu, semakin anda menjauh dari router nirkabel, maka kecepatan internet akan menjadi makin lambat.
  10. RAM yang kelebihan beban dapat membuat komputer jadi lambat dan koneksi internet ikut melambat.

Ada banyak alasan di balik kecepatan internet yang lambat. Penyebab tertentu juga dapat membahayakan komputer jika diagnosis tidak dilakukan dengan cepat. Jika gangguan masih terus berlangsung, segera hubungi layanan pelanggan dari ISP dan mendapatkan bantuan profesional. Jika cara ini tidak juga berhasil, kini saatnya bagi anda untuk beralih memakai provider lain.

Comments are closed.