Kelebihan dan Kekurangan Dial-up

Dial-up merupakan metode panggilan untuk terhubung ke internet. Dial-up menjadi salah satu bentuk akses internet yang paling lama dan juga terbesar. Artikel berikut akan mengulas mengenai kelebihan dan kekurangan akses internet dengan dial-up.

Koneksi internet dial-up banyak digunakan di daerah terpencil, dimana konektivitas broadband lemah. Koneksi internet broadband yang masih belum menembus daerah pedesaan membuat orang-orang¬† menggunakan koneksi ini, karena saluran telepon menjadi satu-satunya harapan. Koneksi internet dial-up juga dikenal sebagai ‘transient connection’. Hal ini karena sambungan dapat diakhiri oleh sebuah ISP atau pengguna sendiri. ISP memonitor koneksi dan mengontrol bandwidth yang ditawarkan.

Koneksi dial-up memerlukan sambungan telepon yang dapat digunakan untuk terhubung ke server. Ini menjadi alasan mengapa disebut dengan ‘dial up’. Perangkat modulasi atau demodulasi yang disebut modem akan dibutuhkan dan bertugas untuk mengkonversi data menjadi gelombang elektromagnetik, yang akan ditransfer lewat telepon. Setelah mencapai tujuan, maka gelombang ini akan diubah lagi menjadi bit dan byte sebelum akhirnya tampil pada monitor komputer.

Kelebihan koneksi internet dial-up

Biaya murah
Metode dial-up akan selalu dan menjadi bentuk yang paling murah untuk dapat terhubung ke internet. Semua jenis penggunaan dibebankan sesuai dengan tarif telepon. Tidak ada biaya tambahan yang dikenakan karena sedang digunakan dalam transfer data. Terkadang, harga akan naik juga karena kebutuhan pengguna untuk kecepatan dan kinerja.

Keamanan
Sebuah koneksi dial-up jauh lebih aman daripada teknologi lain karena rotasi dari alamat IP, dikhususkan untuk pengguna. Alamat IP adalah serangkaian angka yang diberikan kepada pengguna untuk terhubung ke internet. Menggunakan koneksi dial-up setiap kali seseorang log in ke akun, maka tidak menggunakan alamat IP yang baru. Hal ini membuat peretasan akun menjadi mustahil dilakukan. Pencurian alamat IP memiliki beberapa konsekuensi serius, seperti seseorang dapat login menggunakan alamat IP yang anda pakai dan melakukan hal-hal yang berbahaya yang dapat mengarah kembali pada anda.

Layanan
Ini menjadi fitur terbaik dari akses internet dial-up yang menyediakan kenyamanan. Jika anda sedang bepergian ke tempat lain dan kebetulan penyedia layanan tersedia di lokasi tersebut, maka anda dapat masuk dengan akun anda dan mengakses internet. Hal ini sebagian besar tidak terdapat pada koneksi broadband.

>>  Tips Membeli Domain Name & Transfer

Kekurangan dial-up

Kecepatan
Kecepatan adalah salah satu kelemahan terbesar pada koneksi dial-up. Kecepatan maksimum koneksi dial-up yang dapat dicapai adalah 56 kilo byte per detik, yang terlalu lambat jika dibandingkan dengan semua teknologi lain yang tersedia saat ini. Kecepatan loading halaman situs menjaid sangat lambat. Proses surfing internet pada koneksi dial-up melewati berbagai tingkat konversi, modulasi dan handshaking sebelum akhirnya mulai bekerja.

Koneksi dial-up tidak stabil
Menonton streaming video memerlukan data dengan jumlah besar yang memerlukan koneksi yang stabil. Selain itu, jika anda telah mengaktifkan panggilan tunggu, maka akan memecah koneksi internet. Download yang terjadi pada waktu yang sama akan terpotong karena koneksi internet akan terputus.

Tergantung pada jalur telepon
Sebuah koneksi dial-up membutuhkan saluran telepon tetap, yang dapat dipanggil untuk terhubung ke internet. Jadi anda tidak dapat selalu membawa internet bersama dengan anda, seperti dengan beberapa teknologi lainnya. Anda memang dapat berselancar dari beberapa tempat lain tapi hanya jika terdapat saluran telepon yang ada dengan penyedia layanan yang sama di tempat itu. Namun jika sedang dalam perjalanan, anda akan susah untuk dapat menggunakan koneksi dial-up.

Router selalu telepon sibuk
Route sibuk berarti layanan telepon sedang digunakan untuk transfer data dan karenanya tidak ada lagi yang bisa dilakukan pada saat itu. Pengguna yang menggunakan jalur untuk tujuan internet, maka sambungan telepon akan terdengar sibuk untuk orang lain.

Akses internet dial-up memiliki kelebihan dan kekurangan, seperti halnya teknologi lainnya di dunia. Semakin berkembangnya akses internet di dunia maka popularitas dial-up makin sedikit. Banyak orang menginginkan kenyamanan dan siap untuk membayar berapapun untuk dapat terhubung ke internet dengan cepat. Dial-up lama kelamaan menjadi punah, meski orang-orang yang memerlukan keamanan lebih, akan merasa kehilangan.

No comments yet.

Leave a Reply