Tips Menghemat Data Internet Smartphone

Smartphone tak lepas dari koneksi internet saat ini. Meski begitu, dengan smartphone yang terkoneksi ke internet, maka godaan untuk selalu tetap online juga makin tinggi. Bahkan sewaktu anda tidak sedang onlinepun, data internet yang anda miliki juga tetap dapat berkurang. Tips berikut ini akan membantu anda untuk menghemat pemakaian data internet dari smartphone.

Cara menghemat data di smartphone

Mungkin saja anda tidak akan menyadari bagaimana data paket internet yang anda pakai cepat sekali habis. Aplikasi yang berjalan di latar belakang akan memakan data internet secara diam-diam. Hal yang perlu anda lakukan adalah memeriksa manajer aplikasi dan membatasi aplikasi yang memakai data di latar belakang untuk selalu memperbarui. Selain itu, anda juga perlu menutup alikasi dengan tidak sekedar hanya meminimalkannya, Tips Menghemat Data Internet Smartphonetetapi pastikan aplikasi tersebut tidak berjalan terus-menerus.

Selalu periksa penggunaan data anda dan berapa banyak waktu yang anda habiskan. Anda harus selalu memeriksa penggunaan data internet dalam interval waktu tertentu. Cara ini akan memastikan untuk tidak menghabiskan banyak data sebelum masa paket berakhir. Kurangi juga penggunaan data yang tidak benar-benar diperlukan.

Perpaduan antara smartphone bersama dengan operator ISP yang menawarkan paket internet biasanya menjadi pilihan terbaik (bundling). Di lain sisi, jika anda tidak memakainya, maka anda harus dapat memilih paket internet yang sesuai dengan penggunaan anda.

Menentukan batas konsumsi data menjadi salah satu cara paling efektif untuk menghemat penggunaan data internet smartphone. Hal yang sering terjadi daripada tidak, kita cenderung melebihi penggunaan data internet tanpa disadari. Sebagian besar sistem operasi smartphone akan memberikan pilihan untuk mengatur mengenai batas penggunaan data internet yang dipakai yang kemudian akan memberikan peringatan kepada pengguna jika telah melebihi batas.

Tak perlu membuang-buang data disaat terdapat Wi-Fi gratis yang dapat anda pakai. Jika anda mempunyai akses hotspot di sekitar lingkungan anda, cobalah untuk memakainya dan matikan mobile data. Wi-Fi umumnya tidak hanya lebih cepat dan mengkonsumsi data yang lebih rendah, selain itu juga akan menghemat umur baterai.

>>  Kelebihan dan Kekurangan Android

Disaat masa paket internet akan berakhir dan kebetulan data anda masih tersisa banyak, maka akan lebih baik anda gunakan untuk mengupdate aplikasi daripada menonton video yang tidak bermutu. Ini adalah cara mengoptimalkan sisa data internet dan cara berhemat yang terbaik.

Pada smartphone sekarang banyak sekali yang memakai teknologi 4G, ini artinya kecepatan data juga lebih cepat, akan tetapi penggunaan paket data juga lebih tinggi dan sangat konsumtif. Jika anda mempunyai akses ke layanan yang lebih cepat, biasanya akan menghabiskan data lebih banyak untuk mengakses konten lainnya. Oleh sebab itu, cobalah untuk membatasi penggunaan dengan memilih data 3G, bahkan jika bisa pilihlah di bawah itu. Oleh karena kecepatan yang lebih lambat, maka anda akan lebih mungkin untuk mengurangi penggunaan data dan tidak memakainya.

Video streaming dengan HD akan memakan paket data seluler makin banyak. Segera simpan video yang akan anda tonton dan aktifkan saat memasuki area Wi-Fi atau anda dapat memilih video dengan ‘standard definition’ meski tampilan gambar akan nampak buruk karena kualitas yang rendah. Meski gambar terlihat tidak begitu baik, pemakaian data akan lebih efektif untuk berhemat.

Push notifikasi dapat memberikan beban tambahan dan memakan data sewaktu muncul begitu banyak. Matikan segala bentuk notifikasi yang tidak perlu untuk menghemat data internet dan ketahanan baterai.

Ini adalah beberapa cara untuk menghemat data internet melalui smartphone. Dengan memanfaatkan tips di atas akan membantu juga untuk membuat smartphone berumur panjang dan tetap awet.

,

Comments are closed.