Kelebihan dan Kekurangan Mobile Broadband

Mobile broadband mempunyai nilai jual yang tinggi karena faktor portabilitas yang secara layak dikomobile broadbandnsumsi saat sedang bepergian kemana saja. Mobile broadband atau mobile internet memberikan layanan yang membuat pengguna internet menjadi lebih mudah untuk terhubung kapan saja dan di manapun. Netizen dapat online kapanpun di saat mereka tidak sedang berada di rumah. Fleksibilitas mobile broadband sangat membantu pengguna. Meski sangat menguntungkan, teknologi mobile broadband juga mempunyai kelemahan.  Paragraf di bawah berikut akan menguraikan lebih lanjut mengenai kelebihan dan kekurangan mobile broadband yang harus diperhitungkan sebelum dipakai.

Kelebihan mobile broadband

  1. Fitur teknologi plug and play akan menghemat sumber daya listrik dan membuat akses internet menjadi bebas hambatan.
  2. Banyak orang merasakan kepuasan dengan adanya mobile internet, ini karena tidak mengeluarkan biaya lebih jika dipakai hanya untuk sekedarnya, dan ada kemungkinan juga tidak pernah digunakan untuk menerima panggilan.
  3. Layanan internet ini sangat menguntungkan bagi orang-orang yang senantiasa bergerak.
  4. Mobile broadband menyediakan pilihan paket yang dapat dipilih sesuai kebutuhan dan selera. Hal ini sangat menguntungkan mereka yang memiliki aktivitas internet yang terbatas hanya untuk bekerja membuka surat elektronik atau berselancar untuk mencari informasi.
  5. Meskipun banyak sekali koneksi broadband standar yang umumnya tersedia, beberapa daerah tertentu mungkin saja tidak terjangkau fasilitas semacam ini. Untuk daerah seperti ini, maka mobile internet menjadi sangat dibutuhkan.
  6. Layanan mobile broadband umumnya tidak terikat pada kontrak panjang, pengguna dapat memakai kapanpun mereka ingin dan berpindah memakai penyedia layanan lain, yang mungkin saja memberikan harga lebih murah atau fasilitas yang lebih baik.



Kekurangan mobile brodband

  1. Biaya akses internet seluler umumnya lebih mahal daripada koneksi broadband standar. Hal ini disebabkan transfer data dengan memakai kabel memakan biaya lebih rendah dibandingkan jika dilakukan melalui sinyal.
  2. Salah satu kelemahan paling utama dari mobile broadband adalah kestabilan dan kecepatan yang lebih rendah dibandingkan dengan broadband standar yang biasanya memberikan kecepatan lebih. Selain itu, kecepatan koneksi internet juga akan tergantung pada lokasi pengguna dan jumlah pengguna dalam lokasi yang berdekatan.
  3. Pada umumnya layanan ini tidak menawarkan fitur download tanpa batas, karena hal ini ada kemungkinan dapat membanjiri sistem yang dapat memperlambat layanan di seluruh jaringan seluler.
  4. Pada umumnya layanan ini memberikan ketentuan fair usage, yang artinya melakukan pembatasan download. Jika pengguna telah melebihi batas ini, mungkin saja pengguna harus mengeluarkan biaya tambahan atau kecepatan menjadi berkurang.
  5. Jika dibandingkan dengan harga paket broadband standar, biaya mobile internet jauh lebih tinggi. Bagi mereka yang sering menonton video streaming atau bermain online, memakai layanan ini terasa menjadi lebih boros.
  6. Pada kasus tertentu, mobile broadband tidak begitu cocok untuk dipakai dalam beberapa game online. Hal ini dikarenakan mobile broadband memiliki latency yang relatif lebih tinggi.
  7. Sewaktu beberapa user mencoba untuk mengakses internet di daerah tertentu secara bersamaan, maka kecepatan dapat berkurang secara drastis.
    >>  Macam Jenis Internet Broadband

Beberapa poin di atas memberi kesimpulan mengenai kelebihan dan kekurangan dengan memakai mobile broadband. Meski demikian, mobile broadband merupakan layanan berharga bagi siapa saja yang memerlukan akses internet di manapun mereka berada. Di sisi yang berbeda, bagi mereka di rumah yang terhubung ke internet atau biasa terlibat dalam aktivitas penggunaan bandwidth yang intensif, kemungkinan tidak mendapatkan banyak keuntungan dengan menggunakan layanan ini. Selain itu, jika dibandingkan dengan koneksi broadband standar, maka nilai kehandalan mobile broadband adalah di bawah koneksi broadband standar.

,

Comments are closed.