Tips Menemukan Alamat IP Komputer

Alamat IP adalah nomor unik dari perangkat elektronik yang dipakai untuk mengenali dan berkomunikasi satu sama lain pada suatu jaringan komputer. Alamat tersebut ditentukan dengan memakai standar IP. Dalam bahasa yang lebih sederhana, alamat IP adalah alamat komputer anda di internet. Oleh sebab itu, alamat IP menjadi unik untuk setiap perangkat.

Terlepas dari komputer, beberapa perangkat yang dapat memiliki alamat IP unik meliputi printer, router, infrastruktur server, mesin fax Internet, dan telepon. Alamat IP dikelola oleh IANA – Internet Assigned Numbers Authority. IANA mengalokasikan blok bagi salah satu dari beberapa internet registri regional yang kemudian menetapkan blok yang lebih kecil bagi perusahaan ISP.

Sebuah alamat IP khas terdiri dari 32 bit atau 4 byte dan umumnya diwakili oleh 4 angka, setiap angka dimulai dari angka 0 sampai 255, yang dipisahkan oleh titik. Sebagai contoh, alamat IP akan nampak seperti 192.188.34.209′. Setiap kisaran angka antara 0 sampai 255 umumnya dapat dipresentasikan oleh 8 bit, itu dikenal sebagai octet.

Namun demikian, oleh keterbatasan versi ini, maka jumlah alamat IP terbatas sampai 4294967296. Skema tak berkelas baru dari penentuan alamat IP disebut CIDR mengganti metode ini. Metode ini juga terikat ke versi berikutnya yaitu IPv6. Versi baru akan mencakup alamat 128 bit atau 16 byte, sehingga memungkinkan alamat untuk menjadi lebih banyak tersedia untuk komputer di internet.

Jenis alamat IP

Alamat IP terdiri dalam 2 jenis, yaitu statis dan dinamis. Sewaktu alamat IP komputer tetap sama setiap kali terhubung ke network, maka hal ini disebut sebagai statis. Sedangkan jika alamat IP terus berubah setiap kali komputer terhubung ke network, maka ini disebut dengan dinamis.

Cara mencari alamat IP komputer yang dipakai



Untuk mengetahui alamat IP sendiri tidaklah sulit sama sekali. Meski begitu, terdapat metode yang berbeda, tergantung pada kondisi. Berikut di bawah adalah beberapa metode taktis untuk menemukan alamat IP dari komputer sendiri sewaktu terhubung ke internet dan cara mendeteksi alamat IP dari e-mail yang masuk ke inbox.

>>  Keuntungan Dengan Memakai Intranet

Banyak sekali bermacam situs yang dapat melacak alamat IP dari komputer saat terhubung ke internet. Bagaimanapun, jika anda sedang berada pada LAN atau home network, biasanya situs-situs tersebut hanya akan mendeteksi alamat IP network router.

Windows
Bagi anda yang memakai mesin Windows, anda dapat melakukan cara-cara berikut ini:

  1. Klik ‘Start’ pada tombol menu pada taskbar Windows.
  2. Klik ‘Run’.
  3. Pada kotak ketik ‘cmd’ untuk membuka menu command prompt.
  4. Pada menu ini ketik ‘ipconfig / all’.

Linux
Linux adalah sistem operasi yang tidak sama dengan Windows. Oleh sebab itu, untuk mengetahui alamat IP pada komputer Linux juga berbeda. Untuk menemukan alamat IP di Linux, yang harus anda lakukan adalah login ke shell dan ketik perintah ‘ifconfig’. Perintah tersebut akan memberitahukan kepada anda alamat IP komputer.

Macintoch
Sedangkan jika anda memakai Mac, alamat IP dapat diketahui dengan melihat pada panel kontrol TCP/ IP. Klik pada ‘menu’ kemudian klik ‘system preferences’. Setelah itu klik ‘network’, anda dapat menemukan alamat IP dengan mengklik ‘status’.

Melacak IP pengirim email

Untuk melacak alamat IP komputer yang telah mengirimkan email kepada anda, maka anda dapat menemukannya pada bagian header email. Informasi ini biasanya dinonaktifkan secara default. Jika anda mengklik header saat sedang membaca email di internet, anda akan dapat melihat alamat IP komputer, dari manakah email tersebut dikirimkan.

Pengetahuan tentang alamat IP juga bermanfaat untuk mendeteksi dan menumpas kejahatan cyber seperti penipuan berbasis internet atau juga phishing. Hal ini akan berguna untuk melacak spam yang terkirim melalui email dan ancaman lewat email berbentuk virus.

Comments are closed.