Browsing Lebih Aman dengan Menyembunyikan Alamat IP

Website biasanya menyimpan log dari alamat IP pengunjung yang dapat dianalisis untuk mengetahui mengenai aktivitas online. Alamat IP komputer yang anda pakai dapat membuka informasi tentang anda jauh lebih banyak dibandingkan dari sisi yang anda mengerti. Setiap orang dapat saja merasa khawatir mengenai privasi mereka baik sewaktu online maupun offline. Anda mungkin dapat melakukan apapun yang anda ingin, akan tetapi untuk menjaga privasi aktivitas online tidak mudah. Begitu banyak orang menginginkan informasi rahasia. Mereka dapat memakai data yang diketahui untuk memeras anda dan menjualnya kepada orang yang bersedia membayar tinggi. Untuk dapat lebih mengamankan privasi, anda dapat menyembunyikan alamat IP ketika berselancar.

Internet atau sebut saja world wide web merupakan jaringan komputer di dunia yang terbesar. Setiap komputer yang terkoneksi ke internet dapat berkomunikasi dengan komputer lain lewat cara internet. Seandainya komputer yang anda gunakan tidak memasang software keamanan dan bahkan tidak mempunyai firewall, maka siapapun saja dapat dengan mudah mengetahui alamat IP yang anda gunakan untuk online. Seseorang yang berniat jahat dapat mencuri data pribadi dengan memakai program berbahaya termasuk spyware.menyembunyikan IP address

Agar tetap aman sewaktu online dapat dilakukan dengan cara yang mudah. Hal yang diperlukan adalah memakai kombinasi software yang tepat guna. Software keamanan akan melindungi komputer dari peretas dan serangan berbahaya, sehingga anda dapat menghindarinya.

Tetap aman ketika online

Beberapa langkah dapat ditempuh untuk membuat privasi lebih aman sewaktu online. Berikut adalah beberapa cara yang dapat anda ikuti untuk tetap aman saat berselancar:

  1. Jangan pernah mengirimkan data pribadi seperti akun rekening bank dan kartu kredit, alamat rumah, nomor telepon ke situs yang anda sendiri tidak begitu mengenal.
  2. Jangan mengklik hyperlink pada email, jejaring sosial, dan instant messenger seperti BBM, WhatsApp, Hangouts, dsb.
  3. Pakai software sandbox untuk menyaring situs-situs yang anda kunjungi
  4. Perbarui selalu firewall dan software keamanan.



Cara menyembunyikan alamat IP

Beberapa langkah yang tertulis di atas akan membantu anda tetap lebih aman dari ancaman. Namun, cara ini belum banyak menjaga privasi anda. Para ahli seperti peretas masih akan dapat dengan mudah untuk melacak aktivitas online meski anda juga berselancar lewat private browsing, ini karena anda terlacak melalui alamat IP. Singkat kata, saat anda berselancar, alamat IP tidak dapat anda hilangkan, karena alamat IP harus tetap anda. Oleh karena itu, solusi terbaik adalah dengan mengganti alamat IP asli dengan alamat IP yang lain. Dalam istilahnya, hal ini disebut dengan IP Masking. Ini adalah cara efektif untuk menutupi alamat IP asli. Bermacam cara untuk menyembunyikan alamat IP dapat dilakukan melalui langkah berikut ini:

Pemakaian proxy server
Proxy server bertindak sebagai medium untuk melayani permintaan dari web server dan klien. Sewaktu anda mengatur komputer untuk memakai proxy server untuk berselancar, anda akan meminta proxy server untuk mengunduh sumber daya dari server asli. Melalui cara ini, server asli akan mencatat alamat IP dari proxy server.

>>  Tips Membeli Domain Name & Transfer

Web proxy adalah yang paling mudah untuk dipakai dan tidak perlu disetel. Anda cukup hanya dengan memasukkan alamat situs yang anda ingin buka melalui situs web proxy. Namun, tingkat keamanan dan keandalan yang disediakan oleh situs tersebut tidak mudah untuk ditentukan. Sebaiknya jika anda memerlukan tingkat keamanan lebih dan fitur yang lebih luas, maka anda harus mengoprek komputer untuk dapat memakai proxy server pribadi.

Penggunaan proxy chaining
Proxy chaining dapat diartikan menggunakan proxy setelah proxy. Cara ini seperti halnya membuka situs web proxy dengan memakai situs web proxy yang lain. Dengan memakai cara ini juga dapat membuat peretas semakin kesulitan untuk melacak keberadaan anda.

Memakai Virtual Private Network
VPN mengambil sumber daya dari web server asli dan menutupi alamat IP anda dengan alamat IP server tersebut. VPN juga mengenkripsi trafik situs dan menggunakan protokol tunneling. Siapa saja tidak akan bisa mudah mendapatkan informasi apapun. Badan-badan intelijen dan mata-mata internet hanya akan mengetahui bahwa anda terhubung ke VPN dan tidak lebih dari itu. Mereka juga tidak dapat menuntut anda karena telah memakai VPN.

Perlu diketahui, harga VPN biasanya juga akan mempengaruhi kualitas dan jangan membeli VPN yang menyimpan log aktivitas pengguna. Biasanya, penyedia layanan VPN akan menyatakan bahwa mereka tidak akan membagikan log kepada siapapun. Akan tetapi, apapun dapat saja terjadi karena anda telah memakai fasilitas mereka. Oleh sebab itu, jangan memilih untuk memakai VPN tersebut.

Beberapa solusi yang ditulis di atas sebagai cara untuk menyembunyikan dan menutupi alamat IP akan memberikan tingkat keamanan privasi yang lebih baik, dengan membuat setiap penyerang atau agen rahasia yang memata-matai anda menjadi kesulitan. Sebagai yang terakhir, jangan pernah mencoba untuk menyalahgunakan fasilitas tersebut sebagai cara dalam melakukan kejahatan cyber dan upaya negatif lain.

No comments yet.

Leave a Reply