Keuntungan Dengan Memakai Intranet

Intranet adalah jaringan komputer privat berdasarkan pada internet, yang dapat diakses oleh pekerja dari sebuah perusahaan atau organisasi. Intranet sering disebut juga sebagai ‘private edition‘ dari internet yang dipakai pada bermacam perusahaan. Intranet menawarkan akses mudah pada file internal dan dokumen bagi karyawan perusahaan melalui meja kerja. Melalui intranet, berbagi data antar karyawan tidak hanya membantu untuk menghemat waktu, tetapi juga memungkinkan pekerja dari berbagai divisi untuk dapat mengakses data. Cara ini juga menjadi salah satu kegunaan efektif untuk bekerja di kantor tanpa kertas.

Manfaat intranet

Pelaku bisnis sekarang ini mengadopsi teknologi intranet dalam bisnis modern karena mempunyai keunggulan kompetitif untuk mengurusi hal-hal atau informasi penting perusahaan. Beberapa manfaat yang ditawarkan dengan penggunaan intranet adalah sebagai berikut ini.
manfaat intranet
Komunikasi cepat
Manfaat intranet adalah sangat penting bagi komunikasi dan kolaborasi antar pegawai dari setiap perusahaan. Intranet menghadirkan bentuk meliputi kelompok diskusi dan buletin. Intranet juga akan membantu untuk menyampaikan informasi yang dibutuhkan dan dokumen antar pekerja dalam suatu perusahaan. Cara ini akan membuat komunikasi menjadi lebih mudah untuk menghubungkan vokal antara karyawan dengan manajemen di atasnya. Pada saat ini, banyak sekali pengguna alat intranet dalam bentuk diskusi, chatting, bullletin, email, dsb yang membantu dalam berkomunikasi antara divisi yang berbeda dari suatu lembaga.

Menghemat waktu
Segala bisnis mengerti akan pentingnya waktu. Teknologi intranet memberikan kemungkinan untuk menyebarkan informasi penting antar karyawan dengan cara yang efisien. Intranet bermanfaat untuk menghemat waktu sesuai dengan interaktivitas. Para pekerja dapat mengakses informasi pada waktu yang dapat disesuaikan dengan mereka.

Produktivitas
Intranet menyediakan informasi pada pegawai secara cepat dan membantu untuk melakukan bermacam tugas. Seorang pegawai dapat mengakses data dari database perusahaan tanpa memboroskan waktu. Pegawai yang bekerja pada proyek akan dapat berkolaborasi lebih mudah dan membuahkan hasil yang lebih baik.

Memotong anggaran
Selain bermanfaat untuk menghemat waktu, manfaat penting lain dari intranet adalah dapat menghemat biaya. Hal ini dapat dihubungkan dengan penggunaan kertas yang lebih sedikit.  Intranet yang support penerbitan online akan membuat biaya pencetakan dan distribusi jadi lebih hemat. Setiap dokumen perusahaan dapat disebarkan melalui intranet menggunakan halaman situs, daripada harus mengeluarkan uang untuk mencetak dokumen. Karyawan dapat mengakses dari workstation masing-masing sehingga dapat memotong biaya operasional dan kebutuhan administrasi.

>>  Skype dan Cara Kerja Skype

Fitur keamanan
Oleh karena intranet merupakan private network, maka informasi akan dibagikan melalui firewall. Intranet menyediakan keamanan internal lebih baik.

Kaya akan konten
Intranet memungkinkan pekerja untuk dapat melihat dokumen melalui bermacam format aplikasi yang dapat menghadirkan video dan audio. Program multimedia juga dapat dijalankan bersama intranet.

Pelatihan
Adanya intranet sangat layak untuk menawarkan berbagai jenis konten e-learning dalam bermacam bentuk pada karyawan.

Distribusi aktif
Intranet mendukung distribusi informasi dengan aktif, yang disimpan lewat jenis sistem operasi dan jenis komputer yang bervariasi. Distribusi dari apa yang dihasilkan intranet akan menggunakan biaya lebih murah karena adanya fitur arsitektur website intranet.

Menambah kolaborasi
Intranet yang memberikan kesempatan bagi karyawan untuk mudah mengakses data akan membangun aktivitas kerja tim dalam perusahaan. Kandungan tertentu intranet seperti bagian deklarasi, FAQ, help desk, akan membantu antar pegawai dalam berkolaborasi lebih jauh.

Pada intinya, manfaat intranet adalah membantu untuk tetap dapat berkomunikasi secara baik antar beda divisi dan memberikan fasilitas yang terbaru. Intranet juga menyediakan software telekonferensi untuk kebutuhan komunikasi yang lebih interaktif dalam perusahaan. Menjalankan intranet dalam lembaga usaha dapat membantu untuk menghemat uang dan waktu pada jangka panjang.

No comments yet.

Leave a Reply