Manfaat Buah Belimbing dan Efek Samping

Buah belimbing berasal dari kawasan Asia tepatnya di negara Indonesia, Thailand, Sri Lanka, dan India. Belimbing kaya akan manfaat kesehatan tetai juga mempunyai efek samping. Buah dengan berbentuk bintang ini segi 5 ini ternyata sangat populer di Amerika. Rasa buah belimbing merupakan perpaduan dari rasa buah-buahan meliputi nanas, plum, bahkan lemon. Dengan dibungkus kulit berwarna hijau saat mentah belimbing menjadi buah yang digemari oleh banyak orang, selain menawarkan manfaat kesehatan bagi tubuh.

Seluruh bagian dari buah belimbing dapat dimakan, termasuk kulitnya. Belimbing muncul berbagai varietas. Curah hujan yang hadir sepanjang tahun ikut menjadikan pertumbuhan pohon belimbing sehat. Curah hujan tahunan sangat cocok bagi pohon belimbing. Tanaman belimbing dapat tumbuh pada semua jenis tanah, meski begitu akan lebih cocok jika tumbuh pada tanah gembur dan sedikit asam agar berproduksi lebih baik. Anda juga dapat membuat bermacam resep masakan dari belimbing seperti salad. Belimbing kaya akan vitamin C, antioksidan dan flavonoid yang sangat baik untuk kesehatan.

Nutrisi belimbing

Belimbing merupakan buah yang kaya akan serat, vitamin C, asam pantotenat, tembaga, dan kalium. Selain itu belimbing juga menjadi buah yang memiliki lemak jenuh, kolesterol, dan sodium yang rendah. Berikut adalah bagan nilai gizi pada belimbing setiap 125 g.

  • Besi 2%
  • Gula 7 g
  • Kalori 40manfaat belimbing
  • Kalsium 0%
  • Karbohidrat 10 g
  • Kolesterol 0 mg
  • Lemak 0 g
  • Lemak jenuh 0 g
  • Serat 3 g
  • Sodium 0 mg
  • Protein 1 g
  • Vitamin C 45%
  • Vitamin A 15%

Manfaat buah belimbing

Setelah melihat daftar nutrisi di atas, dapat diketahui bahwa belimbing kaya akan vitamin A dan vitamin C. Vitamin C meningkatkan kekebalan tubuh dan melawan radikal bebas yang terbentuk. Radikal bebas akan merusak membran sel, dan oleh sebab itu vitamin C dengan antioksidan akan menanggulangi radikal bebas. Pada ibu menyusui, belimbing berguna untuk meningkatkan produksi susu. Kalium dalam buah belimbing bermanfaat dalam mencegah kram otot, sedangkan kalsium akan memperkuat tulang dan gigi.

>>  Fakta tentang Buah Durian

Manfaat belimbing lainnya

  1. Belimbing memiliki antioksidan polifenol yang dikenal untuk membantu dalam pencegahan kanker.
  2. Buah belimbing berkhasiat untuk menurunkan kolesterol.
  3. Belimbing mampu mengatasi sembelit.
  4. Mencegah gejala penyakit kuning.
  5. Air ekstrak dari daun belimbing akan membantu untuk mengobati sakit kepala, cacar, dan kadas.
  6. Belimbing juga berguna untuk mengobati sakit mata.
  7. Buah belimbing dapat memperlambat penuaan dini sehingga menjadi obat awet muda.
  8. Belimbing membantu dalam program diet penurunan berat badan.

Efek samping belimbing

Meski menawarkan banyak sekali manfaat kesehatan, belimbing juga mempunyai efek samping tertentu yang tidak diinginkan pada orang-orang tertentu. Pada umumnya, buah belimbing dapat menimbulkan masalah bagi penderita penyakit ginjal kronis atau orang-orang yang masih dalam perawatan dialisis ginjal. Belimbing mempunyai asam oksalat tinggi yang dapat menimbulkan kerugian. Beberapa efek samping belimbing meliputi cegukan, susah tidur, agitasi, kelemahan otot.

Di atas mencakup semua mengenai fakta akan manfaat buah belimbing yang mengupas nilai gizi dan manfaat kesehatan serta beberapa efek sampingnya. Menanam pohon belimbing di halaman rumah akan menjadi bermanfaat sewaktu anda memanen dan memakan buahnya.

,

Comments are closed.