Laptop Kena Air Bisa Diperbaiki

Memakai laptop sambil minum seringkali dilakukan oleh orang. Adakalanya tetesan air dapat tumpah ke atas laptop. Secara alami, anda pasti akan panik jika minuman anda tumpah membasahi laptop. Mungkin saja anda juga dapat melakukan hal yang tidak perlu dilakukan karena terlalu panik. Akibatnya, laptop menjadi bertambah rusak. Langkah-langkah di bawah berikut ini akan membantu anda untuk menyelamatkan laptop dari minuman yang membasahi laptop.

Cara menyelamatkan laptop dari tumpahan air minuman

Hal pertama yang perlu anda lakukan yaitu mematikan laptop, anda dapat juga dapat secara langsung memencet tombol power. Setelah mati, segera lepaskan baterai laptop dan adaptor dari laptop. Seandainya anda juga mempunyai perangkat eksternal lain, lepas juga perangkat tersebut.

Laptop kemasukan air

Setelah laptop anda benar-benar telah mati, sekarang saatnya membalik laptop dan mengocoknya dengan lembut. Kebanyakan laptop didesain dengan keyboard spill-proof, ini akan membuat cairan dapat mengalir keluar dari dalam keyboard. Meski begitu, dengan adanya spill-proof bukan berarti cairan yang masuk tidak akan mencapai komponen internal, hal ini bukan jaminan 100%. Tergantung pada cairan yang masuk, laptop dapat saja mengalami kerusakan pada komponen internal.

Apabila cairan yang masuk adalah air biasa, laptop tidak akan terlalu mengalami banyak kerusakan. Letakkan laptop secara terbalik selama beberapa jam, setelah kemudian anda dapat memakai sesuatu yang dapat menyerap air untuk membersihkan keyboard laptop, dengan memakai lap.

Jika bukan air biasa yang tumpah melainkan minuman seperti softdrink atau mungkin kopi, dsb, hal ini dapat menimbulkan kerusakan yang lebih parah. Minuman manis membuat lengket yang akan menyebabkan korosi dan kerusakan komponen dari waktu ke waktu. Sedangkan minuman panas juga akan meresap ke dalam komponen laptop dan langsung merusaknya. Langkah pertama yang perlu anda lakukan haruslah secepatnya mematikan laptop.

>>  Mengatasi Touchpad Laptop Rusak

Bersihkan tombol di bagian dalam dengan bahan yang menyerap air dan tidak meninggalkan serat. Biarkan laptop mengering setidaknya 24 jam. Jangan pernah menyalakan laptop anda pada masa ini. Jika masih terdapat sisa air di dalam, hal ini dapat menyebabkan konsleting.

Tumpahan air soda atau kopi pada laptop memerlukan waktu yang lebih lama. Cairan dalam laptop harus benar-benar keluar dari dalam laptop. Anda harus segera membersihkannya sebelum cairan yang lengket ini mengering. Cara terbaik yang dapat anda lakukan adalah dengan memakai denaturasi alkohol. Alkohol akan memastikan semua cairan menjadi bersih.

Tips

Sewaktu mengeringkan laptop, jangan gunakan pengering rambut. Panas dari pengering rambut hanya akan menghancurkan laptop. Mengeringkan laptop dengan cara ini akan membuat komponen mudah rusak dan akan membuat cairan yang masuk menggali lebih dalam lagi. Sebagai akibat, laptop akan menjadi mudah korosi.

Cara mengeringkan laptop yang efektif adalah dengan meletakkannya di tempat yang agak jauh dari sumber panas. Tempat yang paling tepat adalah di dekat jendela tetapi jauh dari jangkauan sinar matahari langsung.

Sebagai yang terakhir, janganlah pernah meminum apa saja di sekitar laptop. Jika tips di atas tidak juga berhasil dan laptop menjadi rusak, ini saatnya bagi anda mengunjungi bengkel komputer.

No comments yet.

Leave a Reply