Manajemen Keuangan dengan Perbankan Online

online bankingSeiring kemajuan teknologi, perbankan online atau online banking dapat menjadi sebuah keharusan. Saat ini menjadi semakin sulit untuk menghindari perbankan online, yang berarti bahwa anda akhirnya harus terbiasa untuk melakukan beberapa pekerjaan keuangan secara online. Ada pilihan bagi perbankan anda namun sulit untuk memutuskan apa metode perbankan yang tepat untuk anda dan keluarga. Berikut ini panduan ringkas yang dirancang untuk membantu anda menguraikan diantara pilihan yang ada, dan mulai mengambil kendali virtual atas masa depan keuangan anda.

Keamanan dalam perbankan online

Banyak kekhawatiran tentang perbankan online dari masalah keamanan dengan perbankan online. Benar adanya bahwa orang bisa masuk ke dalam sistem komputer dan mencuri informasi. Jika seseorang mencuri dokumen yang anda diajukan pada bank, mereka akan memiliki akses ke semua jenis informasi. Pada kenyataannya, sebagian besar transaksi online dienkripsi sehingga informasi anda tidak dapat dicuri. Hal ini jauh lebih aman daripada memiliki salinan kertas laporan keuangan dalam lemari arsip. Jika anda masih tidak yakin tentang perbankan online, anda harus berbicara dengan seorang profesional di bank, yang dapat menjelaskan proses dan meredakan kekhawatiran anda. Cara terbaik adalah untuk mengambil langkah yang tepat untuk memastikan keamanan adalah seperti tidak menyimpan password di komputer anda atau secara online.

Pilihan dalam manajemen keuangan

Internet Banking
Internet banking mengacu pada menggunakan website bank untuk memproses informasi. Ini bisa berarti anda menggunakan fasilitas situs untuk mengelola pinjaman, pemeriksaan digital, tabungan dan giro, serta membayar tagihan dan transfer dana. Kebanyakan situs perbankan juga memungkinkan untuk mendownload laporan dalam format PDF ataupun CSV yang dapat menyimpan catatan anda. Namun jika anda tidak tertarik, anda dapat melihat laporan keuangan tersebut dan kemudian menghapusnya dari komputer anda. Dengan online banking, ada kemungkinan bagi anda untuk tidak butuh kertas arsip untuk dicetak.

>>  Pengambilan Keputusan Seorang Manajer dalam Manajemen

SMS Banking
SMS banking mirip dengan perbankan online karena anda dapat melakukan beberapa hal tanpa pergi ke bank. Namun, berbeda dalam penggunaaan terutama pesan teks dalam melakukan tindakan tertentu. Oleh karena itu, tindakan anda dapat melakukan sesuatu kadang-kadang terbatas. Tergantung pada bank anda, mungkin anda dapat menggunakan pesan SMS, untuk menerima saldo pada waktu yang ditetapkan dan mendapatkan pesan ketika akun anda di bawah keseimbangan tertentu atau ketika sejumlah besar uang ditarik dari rekening anda. Beberapa bank juga memungkinkan anda untuk mentransfer dana antar rekening terkait, menghentikan pembayaran atas cek, dan membayar beberapa tagihan melalui SMS.

Mobile Banking
Mobile banking sangat mirip dengan internet banking, kecuali anda menggunakan smartphone untuk bank daripada komputer. Banyak smartphone memiliki aplikasi yang menghubungkan anda langsung ke bank, dan memberikan informasi tentang rekening anda, memungkinkan untuk membayar tagihan atau transfer uang.

, ,

Comments are closed.