Perubahan Fungsi Strategi Marketing

strategi marketingDengan lonjakan portal jejaring sosial, ponsel multifungsi, dan gadget, wajah marketing telah mengalami perubahan besar dalam dekade terakhir. Hal ini sebenarnya menjadi praktik penting bagi perusahaan untuk mengikuti tren pemasaran terbaru untuk tidak hanya mendapatkan pelanggan baru, tetapi juga untuk mempertahankan yang sudah ada. Kemajuan teknologi telah menjadi berkah bagi konsumen dan memberi mereka rasa pemberdayaan. Oleh karena itu, setiap perusahaan bercita-cita berusaha merangkul metamorfosis dari fungsi marketing. Bahkan, evolusi ini telah menjadi urusan global. Internet dan teknologi telah menguntungkan konsumen, dan juga telah menciptakan media baru untuk pemasaran di di dunia maya. Dalam dekade ini, konsep pemasaran non-tradisional telah muncul, seperti viral marketing, pemasaran sosial media, undercover marketing, dan pemasaran lain yang tak kalah menarik.

Strategi marketing abad 21

Pada awal abad ke-21, perusahaan dipersenjatai dengan sumber daya manusia untuk membangun hubungan pribadi dengan pelanggan mereka untuk meningkatkan penjualan melalui interaksi dalam lingkungan yang terkendali. Sekarang konsumen dapat memiliki hamparan informasi yang tersedia hanya dengan mengklik mouse. Mereka sekarang berharap lebih banyak fitur untuk harga yang lebih rendah. Menurut statistik dari American life Project pada 2010, pengguna internet hampir 80% melakukan penelitian latar belakang secara online pada produk sebelum membuat keputusan untuk membeli. Kustomisasi dan segmentasi telah muncul sebagai alat pemasaran baru yang sangat diperlukan. Sebuah strategi marketing yang brilian dan dapat meyakinkan calon pelanggan bahwa produk yang dijual akan memenuhi kebutuhan mereka dan membujuk mereka untuk mengabaikan kekurangan akan produk tersebut.

Era baru internet marketing

Anda dapat membeli secara online saat ini. Internet telah secara drastis mengubah wajah perdagangan dalam dekade terakhir. Sistem online yang besar dari konsumen mendorong revolusi dalam cara periklanan dan pemasaran. Banyak perusahaan telah membentangkan sayapnya ke alam dunia maya untuk mempengaruhi perilaku konsumen yang menguntungkan mereka. Mereka berusaha untuk membangun jaringan yang kuat yang memungkinkan mereka untuk lebih dekat dengan klien mereka. Sementara itu iklan online mulai dalam bentuk iklan banner di situs, dan kini telah mengambil bentuk video viral, blogging, promosi di situs-situs jejaring sosial, dan forum diskusi konsumen. Bahkan, internet telah terbukti menjadi sumber terpercaya untuk mengumpulkan data yang sama. Seorang marketer dapat melakukan penelitian pada target pasar melalui survei, jajak pendapat, dan interaksi dengan kelompok – terfokus melalui media online. Hal ini memungkinkan konsumen untuk berkontribusi dalam keputusan berkaitan dengan penawaran produk. Seluruh proses sekarang dapat dilakukan jauh lebih cepat daripada sebelumnya.

>>  Tips Memasarkan Produk

Pemasaran internet memfasilitasi penjualan instan melalui pilihan order belanja yang cepat dan informasi produk. Perusahaan telah difokuskan untuk mengumpulkan lalu lintas online ke situs mereka, blog, iklan, dan akun jejaring sosial melalui optimasi mesin pencari kata kunci, penerbitan konten yang luas, pembelian database pelanggan dari perusahaan lain, dan membangun konsumen-friendly interface untuk memecahkan pertanyaan. Ukuran skala operasional perusahaan tidak lagi menjadi faktor pertimbangan untuk merencanakan strategi marketing. Sepuluh tahun yang lalu, perusahaan mampu mengandalkan loyalitas konsumen untuk mempertahankan saham di pasar. Namun jika perusahaan tidak membuat keberadaan pasar yang memadai, posisinya akan cepat diambil alih oleh pesaingnya.

Ini hanyalah sebuah wawasan singkat tentang bagaimana pemasaran telah berubah selama 10 tahun terakhir. Tidak luput dari itu, krisis resesi global dan tingkat lapangan kerja yang tidak menguntungkan di sebagian besar perekonomian juga telah mendorong perusahaan-perusahaan, besar atau kecil, untuk merancang strategi marketing yang lebih memukau. Pemasaran adalah media penjualan dan salah satu fungsi yang paling penting dari manajemen perusahaan.

, ,

Comments are closed.