Memiliki Teman-teman dari Budaya Berbeda

Teman bermanfaat bagi kita dalam banyak hal, itu adalah fakta. Tetapi bagaimana sikap yang sebenarnya teman-teman dari budaya yang berbeda? Pentingkah memiliki teman dari budaya yang berbeda? Mengapa penting untuk berteman dengan orang yang berasal dari budaya yang berbeda, latar belakang dan etnis? Pada bagian berikut, faktor-faktor tertentu akan dibahas.

Teman-teman dari Budaya yang berbeda

Memiliki teman-teman sangat penting. Itu adalah fakta yang diterima. Tidak hanya dipandang dari perspektif atas kesenangan dan hiburan, tetapi juga karena dukungan dan pembelajaran emosional.

Multikulturalisme
Keuntungan utama dari memiliki teman dari berbagai latar belakang etnis dan budaya yang berbeda adalah bahwa hal itu mempromosikan aneka ragammultikulturalisme dalam diri seseorang. Multikulturalisme adalah penerimaan dan promosi perbedaan dalam ras, budaya dan latar belakang agama. Memiliki teman-teman yang mempunyai budaya berbeda dari anda memungkinkan anda untuk mengembangkan wawasan kehidupan mereka. Ini menunjukkan pada anda bagaimana praktek mereka atau keyakinan yang berbeda dengan anda. Tidak hanya itu, hal ini mengajarkan seseorang untuk menerima perbedaan dan untuk membangun pemahaman bahwa tidak ada agama atau budaya yang lebih baik daripada yang lain, tetapi masing-masing memiliki fitur unik. Kita harus belajar dari mereka dan menanamkan kebaikan di dalamnya jika memungkinkan. Multikulturalisme menjadi konsep penting untuk kita tanamkan dalam dunia globalisasi sekarang ini.

Pengembangan Kepribadian
Banyak orang tua mengatakan bahwa mendapatkan pengalaman dari sumber lain memiliki pengaruh yang sangat positif pada kepribadian seseorang. Ini mengajarkan seseorang untuk menangani dirinya dalam pengaturan yang berbeda serta membantu seseorang memperoleh keterampilan sosial. Kita harus setuju meskipun itu tidak selalu mungkin bagi setiap orang untuk melakukannya dan dengan demikian berinteraksi dengan orang-orang dan mendapatkan pengalaman seperti demikian. Ketika seseorang berinteraksi dan berteman dengan orang-orang dari budaya lain, maka secara otomatis akan belajar tentang nuansa praktek mereka, bahasa, kebiasaan tertentu dll. Tanpa menyadarinya, seseorang mulai mengumpulkan pengalaman yang beragam. Orang tidak tetap terbatas pada budayanya sendiri, tetapi memahami bahwa ada sistem kepercayaan lain juga. Semua ini mengarah pada pengembangan kepribadian yang efektif dan juga pertumbuhan sosial akan lebih membawa dirinya melalui situasi yang berbeda dalam hidup.

Pengetahuan dan Pengalaman
Salah satu keuntungan utama dengan memiliki teman-teman dari budaya yang berbeda adalah jumlah pengetahuan yang anda kumpulkan. Anda belajar tentang dunia mereka, lingkungan mereka, praktik dan sistem kepercayaan yang mereka ikuti dan banyak lagi. Tidak hanya akan mendapatkan pengetahuan, tetapi ketika anda mengambil bagian dalam praktik kehidupan mereka, anda akan mendapatkan berbagai pengalaman juga. Sebagai contoh, anda telah diundang ke pesta pernikahan seorang teman dari negara yang berbeda. Dapatkah anda bayangkan jumlah pengetahuan dan pengalaman yang akan anda kumpulkan dengan pergi ke sana? Dalam mempersiapkan untuk perjalanan, yang mungkin anda mempelajari adalah dasar-dasar bahasa baru, anda dapat membaca tentang praktek-praktek budaya yang berbeda dari situ. Jika anda tidak pernah bepergian secara internasional sebelumnya, anda akan mengumpulkan pengalaman di bidang itu juga. Karena kemungkinan tidak terbatas jika anda hanya berpikir tentang hal itu.

>>  Bertengkar dengan Pacar

Terbuka dan Menerima
Kita tumbuh dan belajar tentang budaya dan praktek-praktek yang khusus untuk suatu budaya. Dan ketika kita berteman dengan orang-orang dari latar belakang budaya  berbeda, mungkin ada beberapa hal dalam budaya mereka yang berbeda dari anda dan tidak selalu Рbahwa kita setuju dengan mereka, tapi kita belajar untuk menjadi lebih akomodatif, menerima dan lebih luas berpikiran akan perbedaan lain. Jadi hal itu membuat kita memperluas cakrawala kita dan menjauhi dari pola pikir tertentu.

Kesadaran tentang Budaya Kita Sendiri
Orang tidak biasanya berpikir dan merenungkan tentang budaya seseorang, tetapi ketika kita memiliki teman-teman dari beragam etnis dan kita belajar tentang budaya yang berbeda dan praktek yang berbeda, ada kecenderungan untuk membandingkannya dengan budaya kita sendiri. Hasil dari praktek ini adalah bahwa kita kembali ke akar kita. Karena dalam hal ini membuat kita tidak hanya menarik kesimpulan positif dan belajar untuk menghargai mereka lebih jauh, tapi kita juga berpikir tentang praktek-praktek negatif tertentu atau kelemahan dari budaya kita. Hal ini kemudian memungkinkan kita untuk mengubah sikap kita dan membawanya ke arah yang positif.

Untuk semua poin di atas benar-benar penting, bahwa anda mempunyai teman-teman dari budaya dan etnis yang beraneka ragam dan berbeda dengan anda. Kita menyoroti pentingnya memiliki teman yang berasal dari berbagai budaya dan latar belakang serta memberikan pengalaman belajar, dampak yang akan dirasakan tidak hanya oleh anda, tetapi orang lain di sekitar anda juga.

Comments are closed.