Jenis Kebutaan dalam Tingkatannya

orang buta berjalan dituntun anjingSetiap kali kita mendengar kebutaan, atau melihat orang buta, reaksi yang paling sering dari kita adalah rasa simpati sepenuh hati. Tapi hanya sebentar, bagaimana jika kita sendiri mengalaminya seperti orang buta itu? Bagaimana kita akan melihat hal-hal di sekitar kita? Sebagai permulaan, orang buta tidak pernah menilai siapa pun atas dasar penampilan mereka atau cara mereka berpakaian.  Jutaan orang di seluruh dunia menderita berbagai tingkat kebutaan yang disebabkan oleh alasan yang sama atau juga berbeda. Kebutaan mempengaruhi orang-orang dari segala usia di seluruh dunia, dan diklasifikasikan ke dalam jenis yang berbeda.

Kebutaan total

Kebutaan total mengacu pada penglihatan keseluruhan. Ini berarti bahwa orang tersebut diperkirakan memiliki ketajaman visual maksimal 6/60. Jadi ketika seseorang dengan penglihatan normal dapat melihat objek dari jarak 60 meter, orang dengan kebutaan total dapat melihatnya tidak lebih dari 6 meter. Kebutaan total dapat disebabkan oleh beberapa faktor yang mempengaruhi orang-orang dari segala usia karena berbagai alasan, sbb;

Retinopati diabetik: Diabetes jenis ini dapat menyebabkan kebutaan dan mengancam orang dewasa serta anak-anak. Pembuluh darah yang ada di bagian belakang mata pecah akibat komplikasi diabetes. Hal ini menyebabkan gangguan penglihatan dan cukup umum di antara orang-orang yang telah menderita diabetes selama lebih dari 10 tahun.

Degenerasi makula: Penyakit ini sebagian besar berkaitan dengan usia dan umumnya dialami oleh orang dewasa. Kerusakan retina menyebabkan kehilangan penglihatan. Orang tersebut tidak dapat membaca atau mengidentifikasi wajah dengan tepat.

Glaukoma: Glaukoma berkembang karena penumpukan tekanan cairan di mata atau intraokular yang menyebabkan kerusakan pada saraf optik, yang mengganggu transmisi gambar ke otak. Jika anda memiliki genetik dari keluarga diabetes atau glaukoma maka anda akan berisiko. Disarankan bahwa orang tersebut harus berkonsultasi dengan dokter setelah usia 40 untuk mencegah kehilangan penglihatan.

>>  Penyakit Buta Warna

Katarak: Katarak mengacu pada penurunan kekuatan yang berkembang pada lensa kristal yang menyebabkan penglihatan menjadi kabur. Katarak muncul seiring dengan bertambahnya usia dan dapat menyebabkan kebutaan total jika tidak menjalani pengobatan.

Rabun senja atau myctalopia

Rabun senja adalah gangguan penglihatan yang terjadi dalam kegelapan. Penderita rabun senja tidak mampu menyesuaikan visual mereka pada saat gelap. Rabun senja mungkin timbul dalam beberapa dari saat mereka lahir. Di sisi yang lain, mungkin akibat dari retinol atau kekurangan vitamin A atau bahkan cedera mata.

Penyebab lain mungkin juga retinitis pigmentosa, kondisi genetik di mana sel-sel dalam retina secara bertahap menjadi tidak responsif terhadap cahaya. Kondisi ini sebagian besar terjadi pada anak-anak dan mereka secara bertahap menjadi benar-benar buta pada saat mereka berusia 40 tahun.

Buta warna

Buta warna tidak memiliki kemampuan untuk membedakan warna-warna tertentu. Sebagian besar terjadi atas kondisi genetik. Namun tidak hanya itu, kadang-kadang sinar ultraviolet dapat menyebabkan kerusakan retina sehingga membuat buta warna.  Buta warna lebih banyak diderita oleh pria dibandingkan dengan wanita karena asal-usul genetik.

 
  Incoming Keywords: buta total

,

Comments are closed.