Keterampilan Anak-anak dalam Mengelola Keuangan

mengelola keuanganOrangtua ingin memberdayakan anak-anak mereka sehingga pada akhirnya dapat menjadi mandiri. Memberikan mereka pengetahuan dan keterampilan untuk menghadapi situasi yang menantang adalah bagian penting dari setiap proses pendidikan. Sebagian besar sekolah dan kelompok kegiatan tidak mengajarkan anak anda keterampilan manajemen, karena minat mereka pada anak anda tidak pernah bisa cocok dengan anda. Belajar tentang pentingnya uang dan memiliki kemampuan untuk mengelolanya, adalah keterampilan yang layak diperoleh pada usia yang sangat muda. Mengajari anak bagaimana untuk mengelola keuangan dalam batas kemampuan dapat membantu anak anda pada tahun-tahun mendatang.

Tips Mengelola Keuangan untuk Anak

Tunjangan
Masa remaja dimulai dari usia 10 hingga 13 tahun. Tentunya dunia juga memberikan tuntutan pada anak-anak juga. Dengan tuntutan seperti barang-barang yang mewah dan bagaimana mereka bisa mendapatkannya adalah cara terbaik untuk membuat mereka mengerti akan nilai uang. Memberikan anak anda tunjangan tetap setiap bulan dan memberikan uang insentif untuk melakukan sedikit pekerjaan rumah tangga akan membantu mereka memahami bahwa sumber daya selalu terbatas. Ajarkan mereka untuk menyimpan uang dan membeli apa yang mereka butuhkan.

Anggaran Bulanan
Pembelian stasioner adalah biaya terbesar yang diliki oleh anak-anak sepanjang tahun akademik mereka. Duduklah dengan anak anda dan membuat anggaran untuk hal-hal yang dia akan butuhkan. Buku, game dan barang-barang lain-lain, yang biasanya pada daftar belanja anak harus dikelola dalam anggaran. Membuat anggaran tersebut akan mengajarkan anak bagaimana untuk memprioritaskan tuntutan juga. Alokasi sumber daya dan pemahaman situasi keuangan anda sendiri juga harus sesuai dengan pembuatan anggaran.

Buku atau Catatan Keuangan
Memperhatikan catatan keuangan merupakan salah satu keterampilan yang paling penting dalam mengelola uang untuk anak-anak. Hal ini sangat penting bahwa anda mengajari anak bagaimana memperhatikan catatan keuangan selain bagaimana membelanjakannya. Sebuah catatan pengeluaran akan memberikan anak pedoman ke mana dan bagaimana uang dibelanjakan. Mengetahui berapa banyak yang anda miliki dan berapa banyak yang dihabiskan, membantu anda menghargai keterbatasan dana yang lebih baik. Tentu saja akan ada saat ketika anak akan membutuhkan uang dan meminta kepada anda untuk tambahan lebih banyak uang.

>>  Manfaat Internet Dalam Dunia Pendidikan

Singkatnya, keterampilan mengelola uang untuk anak-anak adalah membuat pilihan yang tepat, dalam rangka untuk menghadapi tuntutan dengan sumber daya atau kemampuan yang terbatas. Selain pengelolaan uang, tips ini akan membantu anak anda untuk menjadi lebih mandiri, memahami pentingnya memprioritaskan, kontrol diri, dan menjadi praktis.

, ,

Comments are closed.