Antara Jerawat, Stres, dan Wajah Anda

jerawat bikin stresKetika anda bangun tidur, anda akan disambut oleh jerawat besar di dahi, pipi, dagu, atau bagian lain dari muka, tidak peduli apakah anda berusia 13 atau bahkan 36 tahun, jerawat dapat menyerang siapa saja dan kapan saja. Wajarlah jika memiliki jerawat selama masa remaja, namun seorang pun tak ingin mempunyai jerawat di masa dewasa. Menariknya, setidaknya 90% orang yang berada di bawah tekanan atau stres seringkali terkait dengan masalah jerawat. Akan tetapi apakah stres dan jerawat benar-benar memiliki hubungan? Selama bertahun-tahun, ahli dermatologi di seluruh dunia telah memperdebatkan kemungkinan hubungan antara stres dan jerawat. Namun, penelitian telah menegaskan bahwa stres dapat memperburuk tingkat keparahan jerawat.

Antara wajah anda, stres, dan jerawat

Penyebab timbulnya jerawat
Setiap perubahan lingkungan yang menciptakan ketidakseimbangan hormon dalam tubuh bisa menyebabkan jerawat. Ketika sel-sel kulit mati, ada kemungkinan sel kulit mati tersebut menempel pada permukaan kulit karena minyak dan bakteri. Hal ini menyebabkan timbulnya jerawat pada kulit. Jerawat merupakan jenis peradangan kulit yang dapat menyebar ke daerah kulit yang lebih luas jika tidak ditangani.

Apa yang stres lakukan pada tubuh saya?
Stres akan meningkatkan pasokan adrenalin dalam darah. Hal ini menyebabkan peningkatan kadar ‘kortisol‘ yang dilepaskan dalam tubuh anda, yang berakibat mengganggu keseimbangan hormon. Adrenalin yang berlebihan mengurangi kapasitas nutrisi dan menyerapnya, kemudian menyerang organ terbesar, yaitu kulit.

Apakah arti stres bagi jerawat?
Penelitian membuktikan bahwa stres dapat menyebabkan variasi dalam produksi hormon. Stres menjadi salah satu alasan yang bisa membuat jerawat lebih kerasan tinggal di kulit, khususnya wajah anda.

  • Efek Psikologis: Ketika anda sedang mengalami stres, sistem kekebalan tubuh untuk melawan benda asing akan mengalami penurunan secara signifikan. Hal ini mengurangi kemampuan tubuh untuk sembuh dengan cepat. Waktu yang dibutuhkan atau membersihkan jerawat melambat secara dramatis, meningkatkan munculnya jerawat yang lain, dan mengakibatkan noda pada kulit yang tak sedap dipandang.

  • Efek Fisik: Selama masa stres, sistem saraf merangsang produksi kelenjar minyak (sebum) dengan berlebihan, mengandung hormon corticotropin, yang merupakan penyebab utama untuk rambut rontok, pori-pori tersumbat, dan kulit berminyak.

Stres memiliki efek ganda dalam memperburuk kesehatan kulit.

Apakah orang dewasa pada risiko stres berhubungan dengan jerawat juga?
Ya. Karena orang dewasa mempunyai resiko yang lebih tinggi untuk mengalami stres, mereka juga lebih mungkin akan terpengaruh oleh stres yang berhubungan dengan jerawat.

>>  Vitamin untuk Mengatasi Jerawat

Bagaimana saya harus mengatasi masalah jerawat?
Cuci kulit anda dengan pembersih anti-bakteri, sebaiknya mengandung benzoil peroksida. Minum cukup air untuk mengusir racun dalam darah. Jangan mencoba untuk menekan jerawat lain karena itu dapat menyebabkan jaringan kulit rusak permanen. Gunakan lap (tissue, kapas) pembersih untuk menyeka kulit dan tidak menggunakan kembali. Anda juga bisa berkonsultasi dengan dokter kulit untuk solusi yang cepat karena ia memahami kulit anda lebih baik. Hindari stres dalam jangka panjang karena dapat mempengaruhi tubuh anda lebih dari sekedar menyebabkan berbagai jenis jerawat.

Dapatkah saya menghindari jerawat yang disebabkan oleh stres?
Tetap memeriksa tingkat stres anda dengan berlatih yoga, meditasi, latihan pernafasan, dan mengkonsumsi makanan yang sehat. Kegiatan ini memberikan relaksasi mental dan memperkuat tubuh. Pastikan tidur  7-8 jam setiap hari. Menikmati kegiatan favorit anda. Anda harus mencoba untuk tetap bebas stres karena juga akan menyebabkan penuaan dini.

 
  Incoming Keywords: jerawat disebabkan stres, jerawat karena stress, cara menghindari stres akibat wajah rusak, cara mengatasi jerawat karena stress, banyak pikiran menyebabkan jerawat, apakah stresdapat menimbulkan jerawat, apakah stres dapat menyebabkan timbulnya jerawat ?, apakah stres bsa membuat jrawat brtmbh bnyak, wajah rusak karena stres, apa maksud stres dalam jerawat

,

Comments are closed.