Cara Membaca dengan Cepat

Dengan belajar membaca cepat, seseorang dapat menguasai seni mengurangi jumlah waktu yang dibutuhkan untuk membaca halaman. Ada banyak keuntungan untuk bisa membaca halaman lebih cepat. Namun, banyak orang merasa bahwa jika seseorang dapat mempercepat membaca maka ia tidak bisa benar-benar memahami apa yang tertulis. Hal ini mungkin jauh dari kebenaran, karena kecepatan membaca bekerja hanya ketika ada pemahaman penuh.

Anda tidak perlu menjadi seperti autis untuk dapat menerapkan teknik membaca cepat ini, karena siapa pun bisa belajar bagaimana melakukannya. Tetapi pada akhirnya nanti, anda harus menyadari bahwa tidak semua orang dapat mengatur untuk membaca halaman 3-4 per menit. Beberapa orang harus membaca lebih lambat, dan hal ini seharusnya tidak mencegah mereka dengan cara apapun. Intinya adalah berusaha untuk meningkatkan kecepatan seseorang membaca tanpa kehilangan jejak apapun dari apa yang kita baca.

Metode Belajar Membaca Lebih Cepat

Menggunakan tangan
Berikut adalah salah satu cara yang dapat memungkinkan anda untuk membaca lebih cepat. Gunakan tangan dominan anda untuk memindai melalui berbagai lini pada halaman, dan tangan anda bergerak di seluruh halaman sambil mengikutinya dengan mata anda. Jaga gerakan tangan anda lambat dan stabil dan tidak terburu-buru. Lompat dari baris ke baris dengan segera, anda akan menemukan cara untuk menyempurnakan teknik ini. Anda juga akan segera dapat mengembangkan metode di mana anda tidak perlu membaca setiap kata, tetapi anda tidak dapat memulai melewatkan kata-kata dari awal usaha anda untuk memperoleh keterampilan ini. Teknik-teknik yang terbaik adalah yang memungkinkan anda untuk benar-benar mengantisipasi kata-kata berikutnya, dan dapat menggunakan jari-jari anda untuk menjalankannya.

Menggunakan kartu
Ini adalah metode belajar membaca yang tidak biasa bagi banyak orang, tetapi jika itu cocok untuk anda, maka dapat menjadi alat yang sangat efektif. Gunakan kartu atau sepotong kertas terlipat untuk teknik ini. Idenya adalah untuk membaca baris dan kemudian menutupinya dengan menggunakan kartu atau secarik kertas yang terlipat. Ini adalah salah satu metode terbaik yang digunakan oleh orang-orang yang terkenal untuk membaca sangat cepat. Ketika anda membaca baris, anda mungkin memperhatikan bahwa anda membaca kembali baris yang sama lebih dari sekali. Menutupi baris, setelah anda membacanya, mencegah hal ini terjadi dan juga membuat anda membaca baris lebih cepat dan lebih memperhatikan pertama kalinya bahwa anda membacanya. Jalankan kartu atau kertas di bawah garis kalimat dengan kecepatan lebih cepat dari yang anda pikir, dan dari waktu ke waktu akan membuat anda membaca lebih cepat. Jangan terlalu memaksa juga, karena metode ini kadang-kadang dapat menghambat kemampuan seseorang membaca.

>>  Manfaat Internet Dalam Dunia Pendidikan

Melompat atau zigzag
Ini adalah metode yang dapat digunakan yang tidak memerlukan membaca bahan yang berat, atau pemahaman bacaan dari setiap kata. Caranya adalah dengan menggerakkan tangan anda secara diagonal dan mendapatkan ide dasar dari kata-kata utama yang digunakan dan apa yang disiratkan. Misalnya, anda mulai membaca sebuah baris dan dan anda melompat ke akhir baris 3 atau 4.

Metode di atas dimaksudkan untuk meningkatkan kecepatan membaca individu dan meningkatkan pemahaman mereka tentang kata-kata yang mereka baca, dan jika orang merasa bahwa metode ini menghambat pemahaman mereka tentang kata-kata, maka mereka tidak harus terus menggunakan teknik ini.

Setiap individu memiliki kecepatan mereka sendiri dan kebutuhan mereka sendiri, tetapi selalu ada cara untuk memperbaiki. Ada banyak teknik membaca dengan mudah untuk anak-anak juga, dan jika ini diterapkan pada usia muda, anak bisa tumbuh dengan memiliki kecepatan membaca yang cepat. Dalam jangka panjang, tentu membantu seorang individu untuk memiliki kecepatan membaca lebih cepat daripada orang lain.

,

Comments are closed.