Perawatan Kulit Wajah Berminyak

Minyak pada kulit disekresikan oleh kelenjar minyak dan memang sangat penting untuk kulit yang sehat. Namun, jika produksi minyak tersebut berlebihan maka akan timbul masalah yang dikenal dengan kulit berminyak, meski anda bukanlah juragan minyak. Kulit berminyak suka menarik banyak kotoran dan debu yang berakibat membuntui pori-pori kulit dan menimbulkan masalah seperti jerawat dan komedo. Pori-pori kulit yang besar akan mudah terlihat dan membuat kulit jadi terlihat gelap, kusam, bahkan terasa kasar. Sebagian orang memiliki kulit berminyak karena alasan genetik. Selain itu, ketidakseimbangan hormon tertentu selama dalam tahap remaja, penggunaan produk perawatan kulit yang salah atau make up, banyak makan makanan berlemak juga dapat membuat kulit berminyak.

Cara merawat kulit berminyak

Salah satu masalah utama pada kulit berminyak adalah bahwa hal ini rentan terserang wabah jerawat. Pengobatan jerawat yang tepat melibatkan penggunaan beberapa obat topikal dengan kandungan seperti benzoil peroksida, asam salisilat, asam retinoat, dll. Krim kulit atau lotion dengan benzoil peroksida membantu untuk menghancurkan bakteri yang penyebab jerawat. Hal ini juga menghilangkan sel-sel kulit mati yang pada gilirannya mengurangi kemungkinan menyumbat pori-pori kulit. Noda kulit pada kulit berminyak seringkali diobati dengan antibiotik lotion dengan eritromisin dan klindamisin sebagai komponen. Lotion yang mengandung AHA (Alpha Hydroxy Acids) bersifat melembutkan kulit kasar dengan baik. Dermatologi merekomendasikan lotion dengan kandungan vitamin seperti tretinoin dan isotretinoin untuk mereka yang memiliki kulit berminyak sensitif.

Perawatan alami untuk kulit berminyak

Perawatan kulit berminyak menggunakan obat-obatan tidak bisa menunjukkan hasil instan dan harus merawat kulit berminyakdilanjutkan selama beberapa bulan. Penggunaan jangka panjang obat-obatan tersebut dapat memberikan beberapa efek samping yang tidak diinginkan dalam jangka panjang. Untuk alasan ini, banyak orang merasa bahwa pengobatan terbaik untuk kulit berminyak adalah mereka yang melibatkan penggunaan bahan-bahan alami. Berikut adalah beberapa obat alami untuk merawat kulit berminyak:

  • Air dingin: Untuk mengecilkan pori-pori kulit yang membesar pada wajah berminyak, Anda dapat menggunakan air dingin. Percikkan air dingin pada wajah anda tiga sampai empat kali dalam sehari. Hal ini akan mengencangkan pori-pori dan membuatnya kurang terlihat.
  • Oatmeal: oatmeal mentah dapat mengontrol minyak pada kulit wajah dengan efektif. Tambahkan 1 sendok teh madu dan setengah sendok teh jus lemon ke dalam oatmeal dan lumurkan di wajah. Tunggu selama 15 menit dan kemudian bilas dengan air hangat.
  • Pepaya: Manfaat pepaya bagi kulit berminyak memiliki efek yang luar biasa. Taruh beberapa iris pepaya mentah pada muka untuk mendapatkan kulit yang halus. Ini tidak hanya akan membersihkan kotoran dari kulit, tetapi juga menghilangkan sel-sel kulit mati. Dengan demikian anda bisa mendapatkan kulit lembut dan kenyal.
  • Aloe Vera: Ketika gel lidah buaya diterapkan pada kulit berminyak, maka akan menyerap kelebihan minyak dari situ. Oleskan hanya pada wajah anda yang berminyak dan biarkan kering. Anda dapat menerapkannya 2-3 kali dalam sehari. Untuk efek yang lebih menyegarkan, anda dapat menyimpan gel di lemari es.
  • Minyak aromaterapi: Minyak cedarwood dan minyak cendana terbukti baik untuk kulit berminyak. Campurkan beberapa tetes dari kedua minyak dan pijat secara menyeluruh pada kulit berminyak. Ini memberi anda rasa yang menenangkan. Dengan pemakaian teratur, dapat membawa peningkatan yang nyata dalam kondisi kulit.
  • Masker liat: Bahan-bahan yang diperlukan untuk masker ini adalah: 2 sendok makan lempung hijau, 1 sendok makan yogurt, 1 sendok makan madu, beberapa jus lemon dan beberapa tetes minyak esensial lavender. Campur semua bahan dan lulurkan di seluruh wajah. Biarkan mengering dan kemudian bilas dengan air hangat. Ketika anda mengeringkan wajah anda, masker liat akan mengeluarkan kelebihan minyak dari wajah. Masker ini harus digunakan sekali dalam seminggu untuk tujuan pembersihan yang lebih mendalam.
  • Masker wajah: Anda dapat menyiapkan masker wajah buatan sendiri menggunakan putih telur, jus lemon dan madu. Kocok putih telur dalam mangkuk kecil secara menyeluruh dan tambahkan satu sendok teh jus lemon dan setengah sendok teh madu ke dalamnya. Kemudian tambahkan bubuk ragi agar nantinya menjadi pasta. Oleskan pada kulit dan tetap selama 20 menit. Kemudian bilas masker wajah dengan air biasa.

 

Kotoran dan debu menempel pada kulit berminyak dengan lebih mudah. Oleh sebab itu bersihkanlah kulit anda 2-3 kali dalam sehari dengan mencuci wajah sebagai perawatan kulit berminyak. Selama siang hari, kulit anda harus dilindungi dengan gel tabir surya. Perawatan kulit berminyak harus disertai dengan diet yang tepat dengan buah-buahan segar dan sayuran. Makanan berlemak, makanan manis, dan kafein harus dihindari karena makanan tersebut membuat kulit lebih berminyak.

, ,

Comments are closed.