Cara Menghilangkan Minyak dari Wajah

Kulit muka berminyak menampilkan cahaya serba kusam di wajah dan hal ini sering sekali terkait dengan pori-pori yang membesar dan kelenjar sebaceous yang terlalu aktif. Tingginya kadar minyak pada wajah anda akan menyebabkan debu dan kotoran menempel dengan mudah pada wajah. Sebagai hasilnya adalah jerawat yang tak sedap dipandang mata, komedo, dan bekas luka. Kulit dengan kondisi demikian penuh dengan noda dan cenderung terlihat kotor serta kusam. Beberapa penyebab kulit berminyak yang umum adalah ketidakseimbangan hormon, penyebab turun-temurun atau riwayat keluarga, pil KB, stres dan kondisi cuaca lembab. Masalah kulit berminyak dapat menjadi lebih parah karena perawatan kulit yang tidak tepat. Berikut adalah beberapa solusi yang akan dapat membantu untuk menghilangkan kulit berminyak dan mengembalikan cahaya kemilau ke wajah anda.

Perawatan kulit wajah berminyak

Menjaga kulit tetap bersih
Ini adalah bagian paling penting dari proses menghilangkan kulit berminyak. Kelenjar minyak berlebih di kulit muka cenderung membuat muka berminyak dan kusam. Mencuci wajah tiga kali sehari dengan pembersih yang baik diformulasikan untuk jenis kulit tertentu akan membantu untuk menangkal bakteri yang menjadi penyebab jerawat. menghilangkan minyak di wajahAnda dapat menggunakan pembersih bebas minyak khusus untuk kulit berminyak yang mempunyai kandungan amino yang tidak menyebabkan iritasi kulit. Anda dapat menggunakan sikat lembut untuk membersihkan pori-pori yang tersumbat.

Mengencangkan kulit
Anda dapat membersihkan kulit berminyak dengan menggunakan toner pada kapas dan menyeka kulit muka anda sampai bersih. Hal ini akan membantu mengurangi minyak pada kulit wajah dan memperbaiki warna kulit juga. Untuk perawatan wajah sehari-hari, anda dapat menggunakan kertas minyak blotting dan memakai tisu alkohol.

>>  Penyebab, Gejala dan Pengobatan Alergi Kulit

Produk obat untuk kulit berminyak
Lotion yang mengandung AHA (Alpha Hydroxy Acids), krim antibiotik, dan lotion seperti eritromisin atau juga klindamisin serta produk yang mengandung benzoil peroksida menjadi obat yang efektif untuk menghilangkan kulit muka berminyak. Derivatif vitamin seperti tretinoin dan isotretinoin bila diterapkan pada kulit topikal dapat membantu mengurangi masalah kulit berminyak.

Cara mengobati kulit berminyak

Selain rutinitas perawatan kulit sehari-hari untuk kulit berminyak, anda dapat mencoba pengobatan sederhana untuk mengurangi kadar minyak pada kulit wajah.

  1. Lidah buaya, anda dapat memperoleh lidah buaya segar dengan mengirisnya dan menggunakannya sebagai aplikasi pada wajah anda.
  2. Susu adalah pembersih wajah yang sangat baik untuk kulit berminyak. Mencuci wajah anda dengan susu dapat membantu untuk mempertahankan kelembaban kulit saat mengeringkan kadar minyak yang berlebih. Campur dengan dua atau tiga tetes minyak lavender dan oleskan pada wajah.
  3. Sebuah tomat segar atau pepaya mentah akan membantu untuk mengeringkan minyak yang berlebihan pada kulit.

Seiring dengan pengobatan yang sederhana pada kulit wajah berminyak, anda perlu untuk membangun diet yang baik pula. Untuk mengurangi kulit berminyak secara internal, masukkanlah protein, sayuran, dan buah-buahan dalam resep diet anda dan menghindari makanan manis.

, ,

Comments are closed.