Perencanaan Strategis untuk Usaha Kecil

Setiap pengusaha kecil pasti mempunyai impian, suatu hari nanti akan jadi orang besar. Untuk mewujudkan mimpi ini menjadi kenyataan, perencanaan strategis adalah sangat penting.

Bisnis adalah semua tentang perencanaan strategi, cerdas dan bijaksana dalam menerapkannya. Bahkan usaha kecil tidak terkecuali, karena tujuan akhir dari usaha kecil adalah untuk tumbuh menjadi bisnis besar. Namun, banyak orang keliru dan percaya bahwa perencanaan strategis hanya untuk pemain besar di pasar. Tetapi jika anda bercita-cita untuk bersaing dengan mereka suatu hari nanti, dan memiliki usaha kecil atau bisnis keluarga untuk dijalankan, maka anda perlu fokus pada perencanaan strategis untuk bisnis keluarga.

Perencanaan Strategis

Ini melibatkan perumusan kebijakan dan strategi pertumbuhan bisnis selama periode waktu tertentu. Periode waktu biasanya akan tergantung pada jenis bisnis anda. Usaha tertentu seperti teknologi selular harus berurusan dengan perubahan tren yang sangat sering, dan perumusan rencana lima tahun untuk bisnis tersebut bukanlah pilihan yang layak. Manajemen dapat menyiapkan rencana strategis untuk satu aspek bisnis atau dapat fokus pada bisnis secara keseluruhan.

Menulis rencana strategis tidak sama dengan menulis rencana bisnis. Rencana bisnis berkaitan dengan tantangan yang mungkin dihadapi saat memulai usaha, sedangkan perencanaan strategi meliputi peluang usaha kecil untuk mengembangkan bisnis dan metode untuk memanfaatkan kesempatan itu. Tanpa rencana strategis, bisnis tidak memiliki arah.

Dasar Perencanaan Strategis

Tidak ada yang pasti untuk strategi pertumbuhan usaha kecil. Setiap bisnis merumuskan model sendiri yang bekerja untuk bisnis tertentu. Tidak peduli dasar mana yang anda pilih, komponen penting dari rencana strategis tetap sama. Komponen ini termasuk:

Tujuan
Tujuan bisnis menjelaskan ide keseluruhan mengapa bisnis itu ada. Hal ini juga kadang-kadang disebut ‘misi bisnis’. Hal ini tidak perlu menjadi rumit dan hanya harus fokus pada tujuan akhir dari bisnis.

>>  Bekerja Sendiri Untuk Diri Anda

Organisasi
Tujuan organisasi adalah tujuan akhir di mana semua upaya organisasi yang ditargetkan. Ini adalah tujuan yang membantu anda untuk mencapai misi bisnis. Tetapkan tujuan praktis yang dapat dicapai dalam jangka waktu yang ditetapkan.

Strategi  
Strategi adalah pendekatan anda cenderung untuk untuk mencapai tujuan masing-masing. Ada kemungkinan bahwa strategi tertentu mungkin tidak bekerja untuk tujuan tertentu pada titik waktu tertentu, yang akan memungkinkan anda untuk memastikan apakah strategi tersebut berhasil atau tidak.

Rencana aksi
Ini adalah kegiatan aktual yang akan dilaksanakan sesuai rencana strategi. Sebuah rencana aksi adalah semua kegiatan yang pada akhirnya fokus pada pencapaian tujuan.

Pemantauan
Kebanyakan bisnis menyusun rencana strategi yang cerdas, tetapi gagal untuk memantau efektivitas. Seluruh tujuan dari perencanaan strategis akan kalah jika anda tidak dapat meluangkan waktu untuk memantau pelaksanaannya.

Meskipun perencanaan strategis bukanlah esensi bisnis, hal itu pasti merupakan bagian integral dan dapat anda bawa jauh dalam bisnis anda ketika digabungkan dengan taktik yang cerdas. Strategi tanpa taktik adalah jalan paling lambat menuju kemenangan.

 
  Incoming Keywords: contoh renstra usaha kecil, perencanaan bisnis kecil, Perencanaan Strategis yang cocok untuk ukm d indonesia, rencana strategi dalam berusaha, rencana strategi usaha

,

Comments are closed.