Kandungan Protein untuk Kesehatan dan Diet

Kandungan protein merupakan makromolekul yang kompleks, yang terdiri dari karbon, nitrogen, hidrogen, dan oksigen belerang. Semua ini terdiri dari rantai bercabang dari asam amino. Sumber protein yang khas terdiri dari sekitar 200-300 asam amino. Ini adalah komponen fundamental dari semua sel hidup. Protein diperlukan untuk memproduksi, memelihara dan memperbaiki komponen protein seluruh tubuh seperti tulang, rambut, kulit, otot dan organ-organ lainnya. Protein memainkan peran penting dalam produksi hormon, enzim dan bahkan gen. Protein juga menyediakan energi, tapi tidak banyak seperti pada kandungan karbohidrat. Kandungan protein bisa diperoleh dari berbagai makanan, termasuk produk susu, telur, daging, ikan, sayuran, dan kacang-kacangan.

Kandungan protein yang dibutuhkan oleh tubuh

Protein dianggap sebagai suatu bangunan dari tubuh. Protein sangat penting untuk fungsi normal dari bagian tubuh dan memainkan peran penting dalam pembentukan DNA dan hormon. Secara signifikan protein berkontribusi terhadap respon imun, sel sinyal, siklus sel dan sel adhesi. Protein diperlukan untuk membuat hemoglobin, yang merupakan bagian penting dari sel darah merah yang membawa oksigen ke setiap bagian tubuh. Setiap fungsi dalam tubuh tergantung pada protein. Protein kontraktil dibutuhkan untuk gerak dan penggerak sel dan organisme. Protein memainkan peran penting dalam transportasi bahan dalam cairan tubuh. Kebutuhan protein harian untuk anak-anak adalah sekitar 0,5 gram per 1 kg berat badan. Sedangkan sekitar 60 gram protein diperlukan untuk orang dewasa sehari-hari.

Sumber protein terbaik

Protein adalah nutrisi penting dan merupakan bagian integral dari diet sehat seimbang. Makanan adalah sumber utama untuk mendapatkan jumlah penting dari protein. Makan dalam jumlah yang tepat dari protein, diperlukan untuk otot yang lebih kuat dan energi yang lebih tinggi. Sebuah keseimbangan yang tepat dari protein dalam makanan sangat membantu untuk menurunkan berat badan. Berikut adalah beberapa informasi yang berguna tentang sumber makanan utama protein. Produk susu ikan dan makanan laut, daging, telur, kacang-kacangan dan biji-bijian, produk kedelai, sereal seperti beras, dan gandum adalah sumber utama protein.

Ada dua jenis protein seperti protein lengkap dan protein tidak lengkap. Protein lengkap terdiri dari semua asam amino esensial. Kebanyakan makanan hewani termasuk telur, unggas, daging ikan, susu dan keju menyediakan protein lengkap. Telur adalah sumber terkaya protein lengkap. Beberapa protein nabati seperti kedelai juga protein lengkap. Protein lengkap terdiri dari sejumlah kecil atau lebih asam amino esensial. Kebanyakan, makanan nabati seperti biji-bijian, kacang-kacangan, sayuran, dan biji-bijian adalah protein lengkap.

Beberapa sumber yang baik dari protein adalah sebagai berikut:

Ikan dan Seafood: Seafood merupakan salah satu sumber protein terbaik. Biasanya terdiri dari jumlah rendah lemak. Ikan seperti salmon mengandung kuantitas agak tinggi lemak. Tapi itu dikenal untuk menyediakan asam omega-3 lemak esensial, yang bermanfaat bagi jantung.
Produk Susu: Produk susu seperti krim yogurt dan keju adalah sumber yang kaya protein. Keduanya juga menyediakan kalsium dan vitamin esensial. Membantu menjaga gigi dan tulang yang kuat dan mencegah osteoporosis. Jika anda memilih produk susu skim atau susu rendah lemak, maka akan membantu untuk menurunkan berat badan juga.
Telur: Telur adalah sumber yang sangat baik dari protein, karena memberikan protein lengkap. Orang sehat dan normal disarankan untuk makan telur setiap hari.
Daging: Daging mengandung sejumlah besar protein. Daging putih dari unggas lebih disukai, karena menawarkan protein yang sangat baik.
Kacang: Kacang adalah sumber terbaik dari protein bagi vegetarian. ½ cangkir kacang terdiri dari protein setara dengan 3 ons daing. Kacang juga sarat dengan jumlah tinggi serat. Kedelai menyediakan protein lengkap dan 8 asam amino esensial.
Kacang-kacangan: Kacang-kacangan seperti kacang mete, almond, kacang lima, kacang merah dan tahu kaya akan protein

>>  Kebutuhan Protein Harian


Membuat diet anda seimbang dan lengkap dengan memasukkan sumber-sumber yang baik dari protein, yang membantu menjaga pertumbuhan normal dan fungsi tubuh, mengarah ke kehidupan yang sehat.

 
  Incoming Keywords: kandungan dalam protein

,

Comments are closed.