Cara Menemukan Diri Anda Kembali

mencari diri sendiriMencoba untuk menemukan diri sendiri dan melakukan apa yang dipercaya, dengan cara menghubungkan diri dengan batin seseorang, sering membuat banyak dari kita bertanya-tanya, apa artinya menemukan diri kita, dan jika kita benar-benar “hilang” apakah kita harus menemukan diri kita sendiri? Untuk menemukan jawaban atas pertanyaan tersebut, seperti halnya melihat diri sendiri di cermin. Dalam refleksi anda, apakah anda melihat orang yang anda ingini? Apakah ini cara anda selalu ingin tampak atau bertindak atau berpikir? Jika jawaban atas semua pertanyaan ini adalah dalam negatif, maka sudah saatnya anda mulai berpikir tentang pertumbuhan rohani anda dengan mencari jatidiri. Jika anda tidak tahu bagaimana melakukan hal itu, cobalah beberapa tips di bawah.

Menemukan Diri Anda Sendiri

Menyisihkan waktu
Beristirahatlah dari pekerjaan yaitu kehidupan pribadi dan semua hal-hal duniawi. Pergi ke pegunungan, pantai atau tempat yang memberi anda kedamaian. Renungkan, mengapa anda tampak hilang. Apakah karena pekerjaan lebih? Apakah karena anda tidak menjalani hidup yang inginkan? Atau, apakah karena anda tidak puas dengan orang atau hal-hal di sekitar anda? Cobalah untuk menemukan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan untuk menentukan penyebab di balik kegelisahan anda. Ini akan membantu anda mengidentifikasi pokok masalah dalam hidup anda.

Jadilah diri sendiri
Untuk sekali, bukannya dengan cara lain ingin anda menjadi siapa, tetapi menjadi diri sendiri. Pikirkan tentang hal-hal yang anda ingin lakukan, jika anda tidak memiliki kewajiban keluarga atau masalah uang. Pikirkan tentang jenis hubungan yang anda inginkan, tempat yang anda inginkan untuk tinggal, jenis gaya hidup yang anda inginkan. Setelah anda mendapat jawaban, mulailah membangun hidup anda pada jalur tersebut.

Fokus pada diri sendiri
Fokus pada kualitas anda, sifat-sifat positif serta beberapa yang negatif juga. Pikirkan kata-kata yang mendefinisikan anda atau kata-kata yang membuat anda ingin dikenal. Beberapa kata-kata yang dapat anda pikirkan adalah – jujur, petualang, penuh kasih, romantis, idealis, kuat, mandiri, dll. Tulis kata-kata pada secarik kertas dan kemudian, mulai sekarang, hidup anda sedemikian rupa sehingga menggabungkan semuanya itu. Dengan melakukan ini, anda perlahan-lahan akan menjadi orang yang selalu anda inginkan.

Jadilah mandiri
Jangan bergantung pada siapapun dan mencoba untuk memenuhi semua kebutuhan anda – emosional serta keuangan. Agar benar-benar bebas, seseorang harus kuat dan mandiri. Kecuali dan sampai anda puas dengan diri sendiri dan tidak perlu siapa pun, anda tidak akan tahu cinta sejati. Jadi untuk membawa “nyata” orang-orang dan cinta sejati dalam hidup anda, maka anda harus berdikari. Anda akan terkejut mengetahui bahwa banyak orang telah menemukan diri mereka melalui hubungan dekat mereka.

>>  Cara Membuat Karyawan Jadi Betah Bekerja

Renungkan masa lalu
Mengenang masa lalu, waktu atau situasi ketika anda merasa paling bahagia. Untuk mencerminkan dan menghubungkan dengan diri sendiri, menikmati latihan pikiran bawah sadar seperti hipnosis, meditasi, visualisasi. Pikirkan apa yang anda lakukan atau dengan siapa anda ketika anda merasa paling bahagia. Ini akan membantu anda untuk mengidentifikasi hal-hal yang ingin anda lakukan dalam hidup yang membuat anda bahagia dan juga orang-orang tertentu dalam hidup anda. Setelah itu, melakukan hal yang sama dalam hidup dan membawa orang-orang yang penting bagi anda, dekat dengan diri anda sendiri.

Buku harian
Mengetahui diri sendiri dan menentukan apa yang ingin anda lakukan dalam hidup anda, tidak akan datang kepada anda dalam satu atau dua hari. Menemukan diri merupakan proses yang berkelanjutan dan dapat menghabiskan waktu bulanan atau kadang-kadang bertahun-tahun. Jadi sangat penting jika anda membuat catatan harian tertulis, anda pikiran dan renungkan. Mulailah menulis buku harian setiap hari, dan di dalamnya merekam hal-hal kecil yang membuat anda bahagia hari itu. Tuangkan semua emosi dan perasaan anda tentang kehidupan di dalamnya dan siapa tahu mungkin suatu hari melalui itu, anda akan menemukan diri anda.

Bertindak
Setelah anda telah menemukan apa yang ingin anda lakukan dalam hidup anda, ambilah tindakan untuk perubahan dan perbaikan diri. Jika anda ingin perubahan karir, rencanakan dan mengambil langkah-langkah sehingga dapat berlangsung lancar. Jika anda terjebak dalam hubungan yang buruk dan tidak mampu untuk memperbaikinya, lepaskan diri anda. Awalnya, anda mungkin merasa sedikit tidak seimbang, tapi seiring dengan waktu semuanya akan baik-baik saja. Dan bahkan jika hal-hal tidak berubah seperti yang anda harapkan, berlatihlah berpikir positif dan yang paling penting, memiliki keberanian untuk mulai dari awal lagi.

Hal ini sangat penting bagi anda untuk benar-benar menemukan diri anda kembali sebelum terlambat. Jika anda tidak menemukan diri anda sekarang, maka anda akan menghabiskan hidup dengan seseorang yang tidak tahu akan dirinya – yaitu diri anda sendiri. Luangkanlah waktu untuk melihat ke dalam dan mencari jawaban. Sementara itu, mengambil langkah untuk menemukan diri anda dengan melakukan hal-hal yang menyenangkan.

Artikel di atas adalah jatidiri dalam sudut pandang mental bukan spiritual.

 
  Incoming Keywords: cara mencari jati diri, cara menjadi diri sendiri, menjadi diri sendiri

, , , ,

Comments are closed.