Strategi Target Pemasaran

Target pemasaran akan mempersempit pasar massal menjadi segmen-segmen. Pemasaran adalah menyebarkan berita dengan berbagai cara tentang suatu produk atau jasa yang ditawarkan kepada konsumen yang akan membelinya.

target pemasaranTujuan utama dari setiap fungsi bisnis adalah untuk memberikan keuntungan. Untuk mencapai manfaat maksimum, pebisnis dan manajemen menghabiskan puluhan jam dalam mencoba untuk membidik pada strategi yang sempurna dengan hasil yang maksimal.
Marketing adalah fungsi penting yang memainkan peran dominan dalam menjalankan bisnis. Jika produk tidak dipasarkan dengan cara yang benar maka akan gagal untuk mencapai konsumen, usaha anda akan sia-sia belaka. Inilah sebabnya, strategi marketing memainkan peran penting. Sementara dalam pemasaran produk, perusahaan telah memutuskan target pasar. Target pasar adalah kepada siapa produk yang dibuat itu dimaksudkan. Target pasar terbagi menjadi 4 segmen yang lebih kecil yaitu; produk, harga, tempat, dan promosi – di segmen ini secara efektif untuk mencapai penjualan maksimal dan meraih keuntungan. Sasaran dalam strategi pemasaran membantu menekan subset dari populasi pelanggan yang paling mungkin untuk membeli dan menggunakan produk.

Cara Mengidentifikasi Target Pasar

Target pasar, seperti pemasaran massal tidak membagikan satu produk untuk seluruh pasar. Sebagai seorang marketing kita perlu mengidentifikasi target pasar dengan benar dan menekan pengeluaran yang besar tetapi mendapat keuntungan sebanyak mungkin. Untuk mengidentifikasi target pasar anda harus melihat produk yang diproduksi dan dijual. Beberapa pertanyaan mungkin akan timbul untuk mencapai target pasar seperti; Apakah dan untuk apakah produk ini? Siapa yang membantu?

Mari kita mempertimbangkan contoh sederhana dari pemasaran celana jins. Produk ini melayani busana dengan selera generasi muda. Dengan demikian, target pasar akan didasarkan pada usia berkisar 14-25 tahun. Kemudian lagi jika kita mempertimbangkan produk khusus untuk pria, seperti krim cukur, target pasar akan dibagi berdasarkan jenis kelamin. Faktor-faktor lain yang mempengaruhi pemilihan target pasar adalah pendapatan, pekerjaan, lokasi geografis, dll. Jika perusahaan anda adalah menjual mesin AC, itu jelas bahwa target pasar untuk daerah yang sangat panas dan bukan daerah dingin. Selain itu, jika anda menjual produk mewah di tempat atau lingkungan dengan ekonomi miskin, itu cukup jelas bahwa produk tidak akan terjual. Dengan demikian, berdasarkan pada produk yang dipasarkan, target pasar dapat diidentifikasi dan bekerja. Mari kita lihat bagaimana anda dapat membagi pasar menjadi segmen-segmen kecil untuk target pasar.

Segmentasi demografis: Segmen ini melibatkan kategorisasi pelanggan berdasarkan faktor-faktor seperti usia, pendapatan, ukuran keluarga, jenis kelamin, pendidikan, kebangsaan, ras, dll.

Segmentasi geografis: Seperti yang sudah kita baca di atas, segmentasi berdasarkan wilayah ini penting saat berhadapan dengan produk-produk tertentu seperti mesin AC, mantel bulu, selimut, jas hujan, dll kondisi iklim akan menentukan target wilayah seseorang.

>>  Konsep Bisnis Outsourcing

Segmentasi perilaku: Bentuk faktor segmentasi seperti loyalitas merek dan nilai kualitas. Sebagai contoh, beberapa perusahaan memasarkan produk mereka secara khusus kepada pelanggan yang loyal atas produk mereka. Kemudian lagi, perusahaan menargetkan produk tertentu dengan harga berskala tinggi, pelanggan yang loyal siap mengeluarkan uang ekstra untuk membelinya.

Segmentasi psikografis: Jenis kategorisasi melibatkan kepentingan masyarakat, gaya hidup dan kepribadian.

Jenis Strategi Target Pemasaran

Sangat penting untuk memanfaatkan segmen yang paling menarik untuk keuntungan maksimum. Untuk membantu anda mencapai hal ini, berikut adalah beberapa segmen strategi dalam target pemasaran.

Strategi tunggal: Strategi ini melibatkan penggunaan hanya satu pemasaran untuk satu segmen pasar. Perusahaan skala kecil biasanya dengan anggaran terbatas dan sumber daya minim, memilih ini sebagai bentuk strategi target pemasaran.

Strategi spesialisasi selektif: Dalam strategi ini, beberapa campuran pemasaran diimplementasikan dalam segmen yang berbeda. Produk yang sama dipasarkan di segmen yang berbeda, yang mengapa strategi target pemasaran ini juga dikenal sebagai strategi diferensiasi.

Produk spesialisasi: Produk diproduksi, disesuaikan dan kemudian dipasarkan, untuk memenuhi segmen pasar yang berbeda.

Strategi pasar spesialisasi: Dalam bentuk target pemasaran, perusahaan pertama kali menganalisa segmen pasar yang mereka inginkan, lalu memproduksi berbagai produk khusus untuk segmen ini.

Strategi cakupan penuh: Perusahaan menggunakan strategi ini ketika ingin melayani pasar massal. Ini berarti kombinasi pemasaran tunggal dan campuran dapat digunakan untuk memenuhi segmen yang dibuat di seluruh pasar.

Tergantung pada tujuan seseorang, produk, anggaran, dll seseorang dapat memilih satu strategi dari strategi target pemasaran yang paling cocok. Ini adalah fakta sederhana bahwa kehidupan tidak peduli seberapa keras kita berusaha, kita tidak bisa menyenangkan semua orang. Tidak ada produk di pasar yang benar-benar telah berhasil atau  pernah akan berhasil memuaskan setiap pelanggan satu demi satu. Dengan demikian, hal paling bijaksana yang harus dilakukan adalah fokus pada segmen tertentu atau target pasar, investasi semua upaya dan uang untuk meraih pelanggan potensial. Setelah anda menggunakan strategi target pasar yang paling sesuai, penjualan produk akan mulai naik dengan cepat.

 
  Incoming Keywords: macam2 strategi target pasar, pengertian target marketing, sasaran dan strategi pemasaran, target dlm pamasaran?, target pasar konsumen, target pasar pemasaran, target pemasaran suatu usaha, tujuan target atau segmen pasar, yabg dimaksud target pemasaran

, ,

Comments are closed.