Gejala dan Pengobatan Pneumonia Berjalan

Pneumonia berjalan, juga dikenal sebagai infeksi Mycoplasma atau pneumonia atipikal, adalah infeksi yang disebabkan oleh bakteri Mycoplasma pneumoniae. Pada dasarnya itu tidak seserius pneumonia yang disebabkan oleh bakteri yang khas, dan oleh karena itu disebut sebagai ‘pneumonia atipikal’. Seorang pasien yang menderita kondisi ini tidak harus terbaring di tempat tidur atau dirawat di rumah sakit. Tidak seperti pneumonia normal, pasien dipengaruhi oleh jenis pneumonia dan dapat bergerak bahkan ketika ia menderita penyakit ini.

Tanda dan Gejala Pneumonia Berjalan

Pneumonia ini dianggap tipe paling serius dari pneumonia, seperti anda mungkin tidak menyadari bahwa anda menderitanya dan melanjutkan rutinitas anda seolah-olah sedang menderita flu biasa. Meskipun tidak menunjukkan gejala nyata dalam tahap awal, dengan berjalannya waktu pasien dapat mengalami gejala berikut:

  • Lesu atau kelelahan – penurunan dalam tingkat energi.
  • Rasa dingin – ini membedakan pneumonia berjalan dari flu biasa
  • Mendadak menggigil
  • Sakit kepala disertai dengan demam dan masalah tenggorokan, seperti ruam di tenggorokan.
  • Pilek
  • Nyeri di daerah perut, telinga, mata, otot dan dada.
  • Batuk dengan lendir yang sangat sedikit atau tidak ada.
  • Sakit tenggorokan.
  • Pernapasan yang pendek dan cepat.
  • Kelemahan – yang akan tinggal selama beberapa hari bahkan setelah semua gejala lainnya telah menghilang.

Gejala menonjol adalah minggu ke 1-3. Periode ini dikenal sebagai masa inkubasi, dan dimulai dengan hilangnya energi sebagai akibat dari mana pasien merasa kelelahan. Sebelum masa inkubasi, infeksi jarang menunjukkan gejala yang jelas sebagai akibat dari hal ini.

Bagaimana Pneumonia Diobati?

Meskipun sebagian besar dapat sembuh dengan sendirinya, anda harus segera berkonsultasi dengan dokter jika ada gejala yang disebutkan di atas yang dialami untuk jangka waktu yang cukup lama. Pneumonia berjalan tidak membuat anda terbaring di tempat tidur, karena itu bisa sangat mengganggu, dan karenanya memilih untuk cepat mengobati adalah langkah yang terbaik. Hal ini terutama dengan bantuan antibiotik. Berdasarkan pada kondisi fisik pasien, dokter akan menentukan pengobatan yang harus diikuti. Jika pasien kondisinya belum memburuk, maka dokter kemungkinan akan meresepkan antibiotik dalam bentuk pil. Jika kondisi pasien memburuk lebih lanjut, maka dokter dapat memilih untuk langkah seperti penggunaan antibiotik intravena untuk pengobatan.

Apakah Pneumonia berjalan menular?
Ya, itu menular, yakni menyebar dari pasien ke orang sehat jika keduanya tetap dalam kontak dengan pasien untuk waktu yang lama. Tetesan cairan dari hidung dan mulut (juga dikenal sebagai sekresi pernapasan) sebagai operator untuk bakteri penyebab pneumonia Mycoplasma pneumoniae. Dengan cara ini, penyakit ini dapat menyebar dari satu orang ke orang lain ketika orang yang terkena batuk, bersin, tertawa atau berbicara.

>>  Apa Itu Pneumonia?

Beberapa tips penting
Selain prosedur perawatan yang direkomendasikan oleh dokter, anda juga dapat melakukan sedikit cara untuk mengatasi infeksi paru-paru ini. Meskipun sederhana, tips yang diberikan di sini adalah cukup efektif agar cepat sembuh dari pneumonia berjalan.

  • Segera setelah anda melihat salah satu gejala yang disebutkan di atas, anda harus berkonsultasi dengan dokter anda untuk bantuan lebih lanjut. Meskipun gejala infeksi ini mirip flu, obat yang dimaksudkan untuk pengobatan flu tidak akan efektif untuk pengobatan.
  • Jika anda didiagnosis menderita pneumonia, ikutilah langkah pengobatan yang diresepkan oleh dokter. Meskipun ini bentuk ringan dari pneumonia atau tidak membuat pasien terbaring di tempat tidur, namun yang namanya penyakit pasti mengganggu.
  • Hal ini dapat sangat efektif dalam mengendalikan wabah penyakit jika seorang pasien didiagnosis pneumonia berjalan menggunakan masker mulutnya dan hidungnya selama beberapa hari (terutama ketika dia berbicara dengan orang yang sehat) – idealnya sampai saat dia pulih sepenuhnya.
  • Anda jangan menutup mata terhadap saran dokter, terutama dalam konteks dengan kebiasaan makan. Anda benar-benar harus menghindari makan makanan berminyak atau hal-hal yang dokter telah meminta anda untuk menghindarinya.

Hal ini dapat menyerang setiap saat sepanjang tahun, tetapi paling sering terjadi pada akhir musim kemarau panas, maka haruslah sedikit berhati-hati saat musim ini. Seseorang yang menderita juga harus mengambil beberapa tindakan pencegahan untuk memastikan bahwa dia tidak menyebarkan infeksi.

Langkah-langkah pencegahan yang sederhana, seperti berolahraga secara teratur dan menjaga kebersihan yang tepat, dapat membantu anda menjaga diri dari infeksi paru-paru. Dan terakhir, selalu menjadi yang terbaik untuk berkonsultasi dengan dokter jika terjadi gejala, karena setiap infeksi jika diabaikan memiliki potensi untuk menyebabkan sakit pneumonia yang lebih parah.

 
  Incoming Keywords: lama penyembuhan pneumonia

, ,

Comments are closed.