Penyebab, Gejala dan Pengobatan Alergi Kulit

Seringkali alergi kulit dapat menyebabkan komplikasi pada kulit. Alergi kulit jarang sekali menular. Timbulnya alergi kulit bervariasi tergantung pada sistem kekebalan tubuh seseorang, tidak mesti dua orang dengan jenis kulit yang sama dapat dipengaruhi oleh alergen yang sama. Pada umumnya, reaksi alergi pada kulit dapat terjadi beberapa hari sampai beberapa bulan dan dalam beberapa kemungkinan seumur hidup. Hal ini sebagian besar tergantung pada tingkat dan waktu paparan alergen yang menyebabkan alergi.

Penyebab alergi pada kulit

Ada banyak penyebab alergi kulit. Genetika adalah salah satu penyebab paling umum. Banyak keluarga memiliki nenek moyang yang menderita alergi kulit tertentu dan ini mungkin berlanjut selama beberapa generasi. Biasanya anak-anak muda yang rentan terhadap alergi kulit adalah karena faktor genetik mewarisi sistem kekebalan tubuh yang lemah. Gangguan kulit mulai dengan alergi kecil dan ruam di tangan, siku, wajah, leher atau beberapa bagian lain dari tubuh. Ruam dapat disebabkan oleh virus cacar air dan parasit seperti kutu. Konsumsi air minum yang tidak aman, partikel debu dan sinar ultra-violet dari matahari juga dapat menyebabkan kerusakan parah pada kulit. Parasit, bakteri, dan virus mudah berkembang dalam kondisi seperti ini dan karenanya lebih cepat menyebar. Kontak dengan perhiasan yang memiliki beberapa jumlah nikel atau logam reaktif lainnya,

alergi kulit

Alergi Kulit

dapat menyebabkan alergi kulit pada beberapa orang. Pewarna rambut, lotion, gel, krim dan kosmetik lainnya mungkin tidak sesuai dengan jenis kulit tertentu dan juga dapat menjadi masalah.

Gejala alergi pada kulit

Pada sebagian besar penyakit alergi kulit ruam kulit berkembang. Orang yang terkena terdorong untuk menggaruk bagian yang gatal, yang justru dapat menambah komplikasi. Dalam beberapa kejadian ekstrim, bagian tergores mengalami luka dalam dan pendarahan mungkin juga terjadi. Kulit sangat sensitif terhadap perubahan lingkungan, menjadi kering, dan mengeras dalam beberapa waktu. Kulit sering berubah menjadi merah dengan melepuh pada seluruh daerah yang terkena. Pada tingkat yang terparah mungkin juga serpihan dan cairan nanah akan keluar. Kulit bengkak, peradangan kulit, dan retensi nanah adalah tanda-tanda yang sangat umum lainnya dari alergi pada kulit. Alergi yang terjadi karena adanya kontak dengan zat kimia, termasuk kemerahan di mata, iritasi kulit, luka, dan kulit terbakar. Beberapa gejala alergi kulit akut dapat termasuk rambut rontok di daerah yang terkena, mual dan muntah, berkeringat dan gemetar. Keriput adalah efek langsung dari paparan sinar ultra-violet matahari yang berbahaya.

Mengobati alergi kulit

Telah ditemukan melalui penelitian bahwa hampir 80% dari anak-anak penderita eksim dapat menyebabkan asma atau demam. Non-steroid seperti Elidel dapat mencegah penyebaran penyakit kulit. Anak-anak yang menderita alergi kulit memiliki sistem kekebalan tubuh lemah, yang membuat mereka rentan terhadap virus dan infeksi bakteri. Obat-obatan antibiotik dan krim kulit dapat digunakan untuk menghindari infeksi. Menjaga lingkungan bersih adalah suatu keharusan untuk menghindari alergen, debu, dan jamur. Terapi juga efektif dalam perawatan alergi kulit. Antihistamin berguna sebagai obat untuk alergen. Selain ini, hanya sabun yang tepat, deterjen, shampo dan kosmetik lainnya harus digunakan (jika sama sekali diperlukan) dengan bimbingan seorang ahli kulit, meskipun dianjurkan untuk mengurangi penggunaannya terkait alergi kulit. Selain itu dapat mencoba perawatan kulit herbal atau alami yang sebagian besar sangat efektif dan tanpa efek samping.

>>  Manfaat Minyak Vitamin E untuk Kulit

Kulit adalah organ terbesar pada tubuh manusia yang memberi kita rasa sentuhan dan juga mengatur suhu tubuh. Tidak peduli kapanpun, lapisan di bawah kulit terus bekerja keras memberi kita daya kekuatan yang bertujuan untuk kesehatan. Kita dapat membuat lebih mudah dengan mengikuti gaya hidup alami, mengikuti kebiasaan hidup sehat, dan mendapatkan penanganan yang tepat waktu untuk setiap jenis alergi kulit ringan.

 
  Incoming Keywords: kukut alergi

,

Comments are closed.