Menghilangkan Bercak Noda Pada Kulit

Sedikit dari kita yang diberkati dengan kulit sempurna dan cerah yang bebas dari bercak noda di kulit. Karena kulit kita tetap terkena polutan, patogen atau zat penyebab alergi, maka ada keharusan untuk melindunginya dari zat penyebab penyakit dan memeliharanya dengan baik terutama ketika kondisi cuaca ekstrim. Kondisi kulit inflamasi, infeksi patogen dan penyakit kulit yang disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon, faktor lingkungan atau genetik juga bisa mempengaruhi tekstur dan penampilan kulit seseorang. Selain faktor penyebab yang bersifat medis, perawatan kulit yang tidak memadai juga bisa membuat kondisi rentan terhadap kulit jerawat. Bercak kulit yang tak nyaman dipandang tentu dapat merampok kecantikan alami anda sehingga mempengaruhi harga diri. Oleh karena itu penting untuk memastikan penyebab dan mengobatinya sesegera mungkin. Mengetahui tentang apa yang menyebabkan bercak noda atau bercak pada kulit akan terbukti sangat membantu dalam mencegah wabah selanjutnya.

Penyebab bercak putih pada kulit

Perubahan warna kulit atau warna kulit tidak merata dapat disebabkan oleh berbagai faktor. Pada manusia, warna kulit dibawa oleh pigmen yang disebut melanin. Sel-sel yang memproduksi melanin disebut sebagai melanosit. Ini adalah pigmen yang melindungi kulit kita dari sinar ultraviolet dari matahari. Jika produksi melanin menurun, salah satu yang paling mungkin adalah timbul bercak pada kulit. Bercak putih pada kulit yang paling mungkin muncul jika seseorang menderita gangguan yang melibatkan penghancuran melanosit. Vitiligo adalah salah satu gangguan tersebut dimana perusakan sel yang memproduksi melanin menyebabkan perkembangan bintik-bintik putih pada kulit. Ahli medis memberikan berbagai teori untuk menjelaskan vitiligo. Menurut beberapa pakar, vitiligo terjadi karena jenis cacat genetik dan dapat berjalan dalam keluarga. Beberapa percaya bahwa vitiligo disebabkan oleh gangguan autoimun di mana sistem kekebalan tubuh tidak dapat membedakan antara penyakit yang datang dan jaringan tubuh sendiri sehingga menghancurkan melonocytes. Hal ini diyakini bahwa terkena sinar matahari yang berlebihan dapat memicu vitiligo, bagaimanapun, masih harus didukung dengan fakta-fakta ilmiah. Siapapun dapat mengalami bercak putih, terlepas dari jenis kelamin dan usia. Hal ini terlihat bahwa orang-orang pada umumnya berkembang sebelum usia 40. Orang dengan kulit gelap berada terkena risiko lebih besar menderita penyakit kulit ini. Perawatan bervariasi dari aplikasi topikal untuk obat internal dan bahkan terapi radiasi. Daerah pada kulit terjadinya bercak putih seperti bibir, wajah, kaki, lengan dan tangan. Ada dapat bagian lain dari tubuh yang dapat terkena bercak putih juga seperti mata, pusar, selangkangan, daerah kelamin, hidung, ketiak, daerah dubur dan mulut.

Penyebab bercak merah pada kulit

Perkembangan bercak-bercak merah pada kulit adalah masalah kulit yang umum yang dapat mempengaruhi anak-anak maupun orang dewasa. Perkembangan ruam merah gatal atau bercak merah pada kulit dapat dikaitkan dengan kondisi peradangan kulit seperti jerawat, eksim atau rosacea. Eksim adalah istilah yang digunakan untuk merujuk pada kondisi kulit inflamasi. Dermatitis adalah kondisi dimana seseorang dapat terkena bercak kulit. Bahan kimia yang ada di dalam sabun, deterjen, parfum, logam, perhiasan atau produk perawatan kulit adalah faktorvitiligo penyebab yang umum. Rosacea adalah kondisi kulit yang ditandai oleh perkembangan bercak-bercak kulit merah di wajah. Pada dasarnya ini adalah pelebaran pembuluh darah di wajah yang menghasilkan penampilan memerah. Psoriasis adalah kondisi lain yang dapat menyebabkan plak bersisik dan bercak-bercak merah di kulit kepala. Kulit jerawat juga dapat dikaitkan dengan ketidakseimbangan hormon atau penggunaan obat-obatan tertentu. Jerawat adalah suatu kondisi kulit yang sangat umum yang ditandai dengan perkembangan jerawat atau bisul. Hal ini sering dipicu oleh gangguan hormonal. Penggunaan pil KB juga dapat meningkatkan risiko bercak-bercak merah pada wanita. Sinar matahari yang berlebihan juga dapat memicu timbulnya bintik-bintik merah pada kulit. Jika anda terkena bintik-bintik merah di wajah anda atau di tempat lain setelah menghabiskan berjam-jam di bawah sinar matahari, hindarilah atau mengurangi terkena sinar matahari secara langsung.

>>  Penyebab Lingkaran Hitam Bawah Mata

Pengobatan untuk menghilangkan bercak pada kulit

Nah, banyak dokter-dokter mengatakan bahwa tidak ada perawatan medis yang tersedia untuk kondisi seperti vitiligo, tetapi penggunaan kortikosteroid bisa membantu dalam pengobatan bercak putih pada kulit. Tetapi akan lebih baik untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum mencoba obat tersebut. Kemungkinan re-pigmentasi selalu lebih tinggi jika ada yang sehat. Dengan demikian, kita harus membuat pilihan gaya hidup yang tepat sehingga mempercepat proses penyembuhan.

Pada bercak-bercak kulit merah yang bersangkutan, pengobatan mungkin terdiri atas krim topikal dan obat lotion. Setelah faktor-faktor penyebab bisa diobati, bercak merah pada kulit dapat menghilang dengan sendirinya. Anda dapat mencoba beberapa solusi untuk menghilangkan bercak kulit merah, disebutkan di bawah ini;

  • Minum madu secara rutin.
  • Hindari faktor pemicu seperti sinar matahari berkepanjangan. Jika anda keluar dan berpanas ria pakailah tabir surya.
  • Gunakan pelembab kulit dan pastikan bahwa anda menggunakan produk pelembab kulit dengan kualitas perawatan yang baik.
  • Jika sering tumbuh bisul berwarna merah gatal pada kulit, anda bisa mencoba obat-obatan alami. Anda bisa menerapkan gel lidah buaya untuk mengobati gatal.
  • Anda juga dapat menerapkan madu pada kulit yang teriritasi. Madu tentu akan membantu dalam menyembuhkan kulit yang meradang.
  • Campur satu sendok teh bubuk kunyit dalam segelas susu hangat. Minum sekali sehari.

Jika anda ingin kulit terlihat sempurna dan bercahaya, pastikan bahwa anda melindunginya dari alergi dan iritasi lingkungan. Memiliki kulit mulus tidak akan lagi menjadi mimpi di siang bolong jika anda mengikuti langkah perawatan kulit yang tepat. Jika kondisi kulit berjalan dalam keluarga dan anda merasa bahwa menurut genetik cenderung untuk masalah kulit tertentu, ambil tindakan pencegahan untuk mencegah wabah. Anda dapat mengikuti langkah-langkah perawatan diri atau mencoba pengobatan rumah untuk meningkatkan tekstur dan penampilan kulit anda. Sebuah diagnosis dan pengobatan pasti akan terbukti bermanfaat dalam membuat bercak pada kulit menghilang.

 
  Incoming Keywords: alergi tangan merah bintik putih, gejala bintik merah di bagian dada perempuan dan dilengannya, cara menghilangkan bintik merah dan putih, cara alami menyebuh kan bintik bintik putih dilengan, bintik/merah dengan/warna/kulit putih di sekitarnya, bintik merah pada hidung, bercak putih kemerahan di kepala, bercak merah bintik putih, wajh memerah ada putihe, bercak /bintik bintik merah pada kulit wajah

Comments are closed.