Efek Samping Suplemen Vitamin B Berlebihan

Vitamin B adalah vitamin yang larut dalam air yang sangat penting bagi tubuh untuk melakukan fungsi yang tepat dan untuk metabolisme sel sehat. Awalnya, vitamin B dianggap sebagai vitamin tunggal. Kemudian, studi penelitian menunjukkan bahwa berbagai vitamin B sebenarnya adalah sekelompok 8 vitamin yang berbeda yang secara kimiawi berbeda satu sama lain dan memiliki signifikansi mereka sendiri pada tubuh manusia. Vitamin ini adalah: Thiamine (B1), Riboflavin (B2), Niasin (B3), Asam pantotenat (B5), pyridoxine (B6), biotin (B7) dan asam folat (B9) dan Cyanocobalamin atau vitamin B12.

Efek Samping Suplemen B Kompleks

Efek samping vitamin B kompleks tidak terlalu banyak dan jarang diamati jika suplemen yang diambil dalam jumlah yang ditentukan. Penggunaan berlebihan menyebabkan efek samping. Efek samping umum (jika ada) dari overdosis vitamin B kompleks meliputi: tinja berwarna hitam, sakit perut, sembelit, mual, muntah, pusing, perubahan warna urin, sering buang air kecil, diare, kemerahan pada kulit, dan gatal-gatal. Dalam kasus yang sangat jarang terjadi, seseorang mungkin mengalami efek yang sangat parah yang meliputi reaksi alergi, gatal dan ruam, dan pengembangan batu ginjal. Ini bukan daftar yang luas dan mungkin ada efek samping tidak dilaporkan juga.

Sedangkan efek samping tersebut adalah dari kelompok vitamin B kompleks, di bawah ini adalah efek samping yang mungkin timbul dari masing-masing komponen dari suplemen B kompleks. Mungkin ada efek samping lainnya yang mungkin dapat terjadi.

B Kompleks – Komponen dan Efek Samping

Thiamine (Vitamin B1)
Tiamin, dalam kasus yang sangat jarang terjadi, dapat menyebabkan reaksi alergi. Hal ini dapat mengakibatkan ruam dan gatal-gatal. Dalam kasus yang serius, seseorang mungkin mengalami pusing, pembengkakan wajah atau lidah, kesulitan bernapas, sesak di dada, dan perubahan warna kulit. Retensi cairan, mual, gelisah, berkeringat.

Riboflavin (Vitamin B2)
Efek samping yang umum dan tidak berbahaya mengkonsumsi riboflavin adalah bahwa ternyata urin menjadi berwarna kuning oranye. Dalam dosis tinggi, riboflavin dapat meningkatkan frekuensi buang air kecil dan diare, dan dapat menyebabkan efek samping lainnya. Dalam kasus yang sangat serius, seseorang dapat terkena suatu reaksi alergi yang dapat menyebabkan gatal-gatal, kesulitan bernafas, dan pembengkakan wajah, bibir, lidah, dan tenggorokan.

Niacin (vitamin B3)
Niasin menyebabkan efek samping yang umum, yaitu pembilasan yang berlangsung selama beberapa jam. Seiring dengan pembilasan kulit, kita juga mungkin mengalami kemerahan, kesemutan, terbakar, berkeringat, atau kedinginan.
Efek samping lain termasuk pusing, diare, sakit perut, mual dan muntah, dan mulas.
Dalam kasus yang sangat serius, mungkin mengalami detak jantung tidak teratur, sakit kepala terus-menerus, nyeri sendi, pembengkakan lengan atau kaki, dan penglihatan kabur.
Efek samping lain yang serius namun jarang terjadi termasuk tinja berdarah atau hitam, nyeri perut hebat, mual dan muntah terus-menerus, otot dan nyeri sendi, dan menguning dari mata.
Dalam reaksi alergi, seseorang dapat terkena gatal-gatal, dan pembengkakan wajah, bibir, lidah, atau tenggorokan.

>>  Makanan Kaya Vitamin B12 dan Zat Besi

Pantothenic Acid (Vitamin B5)
Asam pantotenat aman bila dikonsumsi dalam jumlah yang ditentukan.
Dalam kasus overdosis, seseorang dapat mengalami diare.
Dalam kasus yang jarang terjadi yang dapat membuat reaksi alergi yang dapat menyebabkan gatal-gatal, pembengkakan wajah, bibir, lidah, atau tenggorokan, kesulitan bernapas, dan sesak di dada.

Pyridoxine (Vitamin B6)
Pada kebanyakan orang, vitamin ini tidak akan menimbulkan efek samping. Di lain, dapat menyebabkan sakit perut, kesemutan, mengantuk, sakit kepala, mual, muntah, dan kehilangan nafsu makan.
Asupan terus menerus dari vitamin ini dalam dosis besar diketahui meningkatkan risiko mengembangkan masalah otak dan saraf.
Dalam kasus yang jarang terjadi, seseorang mungkin merasa bingung sehingga koordinasi yang buruk, dan mungkin mengalami mati rasa pada bagian tubuh yang berbeda, terutama kaki dan tangan yang dapat menambah koordinasi yang buruk. Kelelahan ekstrim juga efek samping yang serius dari overdosis vitamin ini.

Asam folat (Vitamin B9)
Dalam dosis yang dianjurkan, asam folat tidak menimbulkan efek samping.
Penelitian menunjukkan bahwa overdosis vitamin ini dapat meningkatkan risiko serangan jantung pada mereka yang sudah memiliki gangguan jantung. Dalam penelitian lain, telah ditemukan bahwa risiko terkena kanker paru-paru atau kanker prostat juga dapat meningkat.
Dalam kasus yang parah, seseorang dapat terkena reaksi alergi yang mengakibatkan ruam, gatal-gatal, pembengkakan wajah, bibir atau lidah, pusing, dan sesak di dada.

Sianokobalamin (vitamin B12)
Sementara itu aman bagi kebanyakan orang, tapi dalam beberapa kasus vitamin ini dapat menyebabkan efek samping dalam bentuk diare dan gatal-gatal.
Reaksi alergi yang parah dapat menyebabkan gatal-gatal, kesulitan bernapas, kram otot, demam dan menggigil, pembengkakan tubuh, pembengkakan wajah, bibir atau lidah, nyeri dada, dan pendarahan atau memar.

Sebelum Mengkonsumsi Vitamin B Kompleks

Disarankan untuk berkonsultasi dengan penyedia layanan kesehatan dan melihat kombinasi yang cocok untuk anda dan kombinasi vitamin B yang kurang dalam tubuh anda. Anda tidak harus mengkonsumsi suplemen tanpa berkonsultasi dalam kondisi berikut:

  • Jika anda sedang hamil atau menyusui
  • Jika anda memiliki sakit ulkus lambung, diabetes, masalah hati atau gout
  • Jika anda memiliki sejarah terkena reaksi alergi terhadap obat-obatan.

Cobalah untuk mengikuti diet sehat dengan jumlah yang tepat sumber-sumber alami vitamin B daripada mengkonsumsi suplemen vitamin dan mengalami efek samping dari suplemen vitamin B.

 
  Incoming Keywords: vitamin b kompleks ipi, vitamin b kompleks yang bagus, suplemen vitamin b, vitamin b complex ipi, vitamin b complex yang bagus, aturan minum vitamin b kompleks, efek samping vitamin b complex, merk vitamin b complex yang bagus, bisakah mengkonsumsi b complex, manfaat vitamin B complex ipi

, , , ,

Comments are closed.