Manfaat dan Fungsi Vitamin A + Keracunan Vitamin A

Vitamin A adalah vitamin yang penting untuk transkripsi gen dan mempertahankan kesehatan kulit dan pengelihatan. Vitamin A ini dapat ditemukan dalam dua bentuk utama, retinol dan karoten. Retinol adalah vitamin A preformed yang dapat ditemukan dalam sumber makanan hewani. Tubuh kita dapat mengkonversi karotenoid tanaman tertentu seperti karoten alpha, beta karoten dan gamma karoten yang dapat ditemukan dalam buah-buahan dan sayuran yang menjadi vitamin A. Jadi, karotenoid disebut provitamin A. Telur, susu, wortel, brokoli, labu, hati sapi, ubi jalar dan bayam adalah beberapa sumber yang baik dari vitamin A. Vitamin ini disimpan dalam jaringan lemak dan hati dalam tubuh. Vitamin A berfungsi untuk beberapa tujuan dalam tubuh manusia.

Fungsi vitamin A

Vitamin A adalah salah satu vitamin yang paling penting untuk menjaga kesehatan kulit dan selaput lendir. Vitamin Vitamin aini merupakan salah satu faktor yang signifikan untuk pertumbuhan rambut sehat. Bahkan untuk kulit, vitamin ini memiliki banyak manfaat, untuk yang termasuk dalam produk perawatan kulit. Hal ini dapat sangat bermanfaat untuk kulit rentan jerawat dan kering. Ini membantu kulit untuk mempertahankan kelembaban, dan dengan demikian membuat lembut dan lentur. Hal ini juga dapat melawan tanda-tanda penuaan seperti keriput dan garis-garis halus.

Vitamin A mengambil bagian dalam transkripsi gen, pertumbuhan sel, perkembangan embrio dan reproduksi. Ini juga merupakan antioksidan kuat yang membantu menetralkan efek merusak dari radikal bebas pada sel dan jaringan. Selain itu membantu sistem kekebalan tubuh dalam melawan patogen menular. Karena sifat antioksidan, dapat menurunkan risiko beberapa penyakit termasuk kanker dan penyakit jantung. Bahkan orang-orang yang memiliki tingkat tinggi kolesterol darah mendapatkan manfaat dari vitamin A. Selain itu, vitamin ini membuat lembab selaput lendir, dan membantu pertumbuhan yang sehat dari gigi dan tulang. Anak-anak dengan masalah pernapasan juga bisa mendapatkan keuntungan dari vitamin ini.

>>  Akibat Overdosis Vitamin D

Keracunan vitamin A

Asupan yang berlebihan dari vitamin A perlu dihindari, karena overdosis vitamin ini dapat menyebabkan beberapa efek samping. Pada dasarnya, vitamin ini disimpan dalam jaringan lemak dan hati, sampai digunakan oleh tubuh. Jadi, terlalu banyak vitamin A bisa terakumulasi pada hati, yang pada gilirannya, dapat menimbulkan sejumlah komplikasi kesehatan. Biasanya, kehadiran vitamin A dalam tubuh yang berlebihan dapat menyebabkan mual, muntah, lekas marah, kulit kering dan kuku, kelelahan, rambut rontok, nyeri otot, penurunan berat badan, sakit kepala, masalah haid, kelelahan, gusi berdarah, sakit kuning, nyeri perut, kabur visi dan patah tulang. Dalam kasus ekstrim, dapat menyebabkan pembesaran hati dan limpa.

Hal ini dapat disimpulkan bahwa jika dikonsumsi dengan takaran yang tepat dan dengan perawatan yang tepat, vitamin ini dapat benar-benar efektif untuk meningkatkan kesehatan secara umum. Karena merupakan vitamin yang larut dalam lemak, kelebihan jumlah tidak bisa diekskresikan melalui urin. Berlebihan vitamin A ini cenderung menumpuk di hati dan jaringan lemak, dan dengan demikian menghasilkan efek samping yang disebutkan di atas atau gejala keracunan. Jadi, sangat penting untuk mengonsumsi vitamin A hanya dalam jumlah yang diperlukan. Orang yang memakai suplemen harus berhati-hati untuk tidak mengonsumsi vitamin A yang lebih tinggi dari dosis yang dianjurkan. Toksisitas vitamin A terjadi terutama dengan preformed vitamin A, dan bukan bentuk karotenoid. Namun,  kelebihan karotenoid dapat menyebabkan carotenodermia, suatu kondisi yang ditandai dengan perubahan warna kuning atau kuning-oranye dari kulit.

,

Comments are closed.