Pentingnya Vitamin C untuk Kesehatan

Manfaat vitamin c – Sewaktu di sekolah, kita telah belajar pentingnya makanan sehat dan bergizi yang mengandung vitamin dan mineral. Dari semua spesies yang ada seperti manusia, primata (seperti monyet dan kera), mamalia (seperti babi guinea dan kelelawar), beberapa jenis burung, dan beberapa ikan tidak dapat memproduksi vitamin C secara internal.

Apa itu vitamin c?

Vitamin c juga dikenal sebagai L-asam askorbat, merupakan nutrisi amina yang sangat penting. Vitamin c ini memainkan peran utama dalam produksi kolagen, protein, struktur berserat, yang memperkuat pembuluh darah dan membantu terutama dalam pengembangan jaringan.

Manfaat vitamin c

Asupan yang tepat dari vitamin c dapat mengurangi kemungkinan terserang penyakit karena defisiensi vitamin c. Selain itu, ada banyak manfaat vitamin c lainnya yang sangat berguna untuk dikonsumsi.

  • Karena vitamin c adalah antioksidan yang sangat baik, mencegah katarak dan meminimalkan kemungkinan serangan jantung dan stroke dengan mencegah oksidasi kolesterol dalam darah.
  • Vitamin c dikatakan sangat bermanfaat bagi pasien tekanan darah tinggi.
  • Hal ini dapat mengatur tingkat gula darah, sehingga vitamin c harus diberikan kepada pasien diabetes.
  • Manfaat vitamin c untuk wanita selama pengobatan infertilitas dan meningkatkan jumlah sperma pada pria, serta perokok berantai.
  • Vitamin c juga digunakan untuk mengobati penyakit Parkinson.
  • Meminimalkan kemungkinan kanker dan juga digunakan dalam pengobatan kanker.
  • Manfaat vitamin c dapat digunakan dalam mencegah kulit dari keriput dan menyembuhkan luka lebih cepat. Vitamin c sangat penting untuk kulit yang sehat.
  • Dosis tinggi vitamin c terbukti efektif dalam pengobatan pilek alergi dan perawatan.
  • Asupan vitamin c secara tepat sangat dianjurkan selama kehamilan untuk tulang ibu dan juga untuk mencegah cacat pada anak.



Defisiensi vitamin c

Penyakit yang terkenal disebabkan karena kekurangan vitamin c adalah scurvy. Hal itu sangat umum di kalangan pelaut dan pertama kali diamati dan dicatat oleh Hippocrates pada abad ke-13. Scurvy akut menyebabkan mudah tanggalnya gigi. Hal ini juga dapat menyebabkan infeksi pada luka. Seseorang mungkin mati karena kehabisan darah akibat kekurangan vitamin c, selain itu vitamin c sangat penting untuk produksi kolagen yang menyembuhkan luka-luka. Efek lain dari kekurangan vitamin c dalam tubuh dapat menyebabkan rambut kering, sering mimisan, anemia, obesitas karena metabolisme menurun, arthritis, melemahnya enamel gigi dan pertumbuhan tulang terganggu. Singkatnya, kekurangan vitamin c dapat menyebabkan melemahnya sistem kekebalan tubuh yang selanjutnya dapat mengakibatkan mudah terinfeksi.

>>  Vitamin untuk Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Makanan sumber vitamin c

Linus Pauling, juga dikenal sebagai ‘Bapak Vitamin C’, menunjukkan bahwa asupan vitamin c yang optimal untuk sebagian besar harus antara 60 miligram hingga 3 gram sehari. Sumber yang paling umum dari vitamin c adalah buah-buahan segar dan sayuran. Dari semua, buah-buahan dan sayuran yang sangat kaya vitamin c adalah brokoli, melon, tomat, pepaya, mangga, stroberi, paprika (merah, kuning dan oranye), kentang, kiwi, bayam, buah merah, jus yang terbuat dari lemon, jambu biji, dan jeruk.

Overdosis vitamin c

Kelebihan asupan vitamin c adalah diare, peningkatan kadar stres, trauma, demam, infeksi penyakit kuning, nyeri punggung yang parah, ruam kulit, mual, muntah, pusing, sakit kepala, batu ginjal, gigi berlubang, kemerahan pada wajah, dll. Oleh karena itu, disarankan untuk mengkonsumsi asupan yang seimbang vitamin c.

Ketersediaan vitamin c dalam makanan alami harus dikonsumsi dalam jumlah yang memadai. Hal ini tidak sulit untuk menuai manfaat vitamin c, dengan membuat beberapa perubahan kecil dalam pola makan kita.

,

Comments are closed.