Pentingnya Vitamin D yang Penting dan Bermanfaat bagi Kesehatan

Vitamin D adalah vitamin yang larut dalam lemak. Hal ini ditemukan dalam dua bentuk utama, ergocalciferol atau Vitamin D2, yang berasal dari tumbuhan, dan cholecalciferol atau vitamin D3, yang berasal dari paparan sinar matahari pagi dan makanan tertentu. Vitamin D adalah bahan kimia yang sangat penting dalam tubuh yang mentransfer kalsium dari makanan yang dicerna dalam lambung ke aliran darah, dan menjaga tulang yang kuat.

Pentingnya Vitamin D

Vitamin D membantu dalam pengolahan kalsium dan kadar fosfor, untuk mempertahankan dan membangun tulang yang kuat dalam tubuh. Hal ini membantu dalam mengendalikan pasokan kalsium antara tulang dan darah, dan sebaliknya. Hal ini juga penting untuk pertumbuhan tulang dan remodeling tulang oleh osteoblas dan osteoklas. Vitamin D juga memainkan peran penting dalam mencegah rakhitis pada anak-anak, dan osteomalacia pada orang dewasa. Vitamin D membantu untuk melawan depresi, kanker prostat, kanker payudara, osteoporosis, tekanan darah tinggi, beberapa penyakit kardiovaskuler, aktivitas fagositosis, dan meningkatkan aktivitas anti-tumor. Dia mengontrol sekresi hormon paratiroid dari kelenjar paratiroid. Vitamin D sangat penting untuk sistem kekebalan tubuh yang sehat.

Sumber Vitamin D
Tidak seperti vitamin lainnya, mineral, lemak dan karbohidrat, vitamin D diproduksi di dalam tubuh dengan dua cara:

Konsumsi Makanan atau Suplemen: Diet sehat dan seimbang selalu disarankan untuk menghindari kekurangan vitamin D. Satu satunya adalah harus mengkonsumsi makanan yang kaya akan vitamin D setiap hari. Sumber utama vitamin D berasal dari makanan yang diperkaya seperti sereal, susu, roti, kue kering, dan biskuit. Ikan berlemak, seperti salmon atau tuna, minyak ikan, kuning telur, hati sapi, dan jamur shiitake juga kaya vitamin D.

Paparan Radiasi ultraviolet dari Matahari: Tubuh manusia juga dapat menghasilkan vitamin D oleh paparan langsung sinar matahari alami. Sinar ultraviolet dari matahari mengaktifkan vitamin D secara sintesis di kulit. Ketika seseorang terkena setidaknya 20 – 30 menit sinar matahari, sekitar 20.000 unit vitamin D diperoleh.

>>  Akibat Overdosis Vitamin D

Jika makanan sehari-hari anda tidak memberikan cukup vitamin D, maka kadar vitamin D dalam tubuh dapat dipertahankan dengan mengambil suplemen tambahan. Disarankan untuk orang dewasa yang lebih tua dan orang dengan kulit gelap untuk mengkonsumsi vitamin D.

Defisiensi Vitamin D
Untuk tubuh untuk berfungsi secara normal, setidaknya 200 unit vitamin D diperlukan setiap hari. Defisiensi vitamin D mempengaruhi beberapa organ tubuh, dan dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Hal ini juga terkait dengan diabetes dan obesitas.

Defisiensi Vitamin D menyebabkan rakhitis, penyakit tulang karena kepadatan massa tulang sangat rendah. Orang yang menderita kondisi ini tidak dapat mendukung berat badan mereka. Rakhitis lebih sering terlihat pada anak-anak. Osteomalacia, karena pelunakan tulang adalah kondisi umum terlihat pada orang dewasa, yang disebabkan oleh kekurangan Vitamin D. Kekurangan Vitamin D juga dapat menyebabkan masalah diare, rasa seperti terbakar di mulut, infeksi tenggorokan, insomnia dan mata. Hal ini juga mempengaruhi penyerapan kalsium oleh tulang, menyebabkan osteoporosis, atau hilangnya massa tulang sehingga tulang rapuh. Defisiensi akut Vitamin D juga dapat menyebabkan skizofrenia.

Dengan demikian, dapat dilihat bahwa Vitamin D sangat penting bagi seseorang untuk tetap sehat. Sebuah makanan bergizi yang mencakup jumlah yang cukup Vitamin D harus dianggap penting. Paparan sinar matahari setidaknya selama 10 – 20 menit sehari adalah cara mudah untuk mempertahankan tingkat vitamin D dalam tubuh, dan membantu seseorang tetap sehat dan bugar.

, ,

Comments are closed.