Makanan Bergizi Tinggi dan Sehat untuk Sarapan Anak

Pertumbuhan anak yang kekurangan makanan bergizi sehat mengakibatkan rentan terhadap masalah kesehatan seperti penglihatan yang buruk, kelelahan dan tingkat konsentrasi juga berkurang. Hal ini dapat menghambat kemajuan mereka, sebagai orangtuapun ikut repot. Di sisi lain, gizi yang baik membawa kesehatan mental dan menjaga berat badan mereka secara keseluruhan dalam kondisi yang baik. Mengetahui tentang daftar makanan sehat dapat memberikan orang tua ide tentang apa yang dapat dimasukkan dalam makanan bergizi untuk anak-anak.

Makanan Sehat dan Bergizi

Produk susu
Susu adalah pembangkit tenaga yang mengandung nutrisi penting. Bahkan, penelitian menunjukkan bahwa susu mengandung sebanyak 9 nutrisi, termasuk vitamin A dan mineral penting seperti kalsium, senmakanan bergizi sehatg dan kalium. Untuk kesehatan tulang dan untuk menjaga masalah mata, anak-anak harus minum dua cangkir susu sehari-hari. Produk susu seperti keju juga termasuk dalam daftar makanan yang sehat. Hal ini karena kalsium yang berlimpah ditemukan dalam keju membantu memperkuat gigi dan tulang anak-anak. Namun harus juga dimakan dengan takaran, karena terlalu banyak mengkonsumsi dapat menyebabkan penambahan berat badan.

Makanan laut
Selain itu, yang menjadi sumber makanan yang kaya protein adalah ikan yang tinggi akan omega-3 asam lemak esensial. Untuk pengembangan yang tepat dari otak, termasuk sumber omega-3 maka diperlukan. Tak heran, ikan dianggap sebagai makanan untuk otak. Ada berbagai varietas ikan tapi pakar kesehatan menyarankan yang memiliki kadar merkuri rendah. Memilih salmon adalah pilihan yang lebih baik, ketika  menyiapkan makanan untuk anak-anak. Orang tua dapat meningkatkan nilai gizi dari makan siang anak-anak dengan menambahkan beberapa porsi sushi (terbuat dari salmon), dua kali seminggu.

Telur
Bahan makanan yang kaya protein seperti telur sangat penting untuk menjaga anak-anak yang sehat. Protein memainkan peran kunci untuk membangun otot yang kuat serta memastikan pertumbuhan rambut sehat. Namun, seperti telur sebenarnya tinggi kolesterol, anak tidak boleh diberi telur setiap hari. Oleh karena itu, tambahkan satu telur rebus saat makan siang atau sarapan pagi setiap hari sebagai alternatif yang dianjurkan.

Daging
Potongan daging yang mencakup ayam tanpa kulit dan kalkun rendah lemak merupakan sumber yang sangat baik dari protein. Makanan yang terdiri dari ayam dengan sup sayuran, kentang panggang dengan salmon adalah beberapa makanan sehat untuk menurunkan berat badan. Pilihan lain untuk makanan sehat untuk anak-anak yang dapat juga seperti; ayam bakso, dada ayam, nasi dicampur daging ayam, daging ikan.

Sayuran dan Buah-buahan
Sayuran berdaun hijau telah lama diakui sebagai sumber utama vitamin dan mineral dan merupakan bagian integral dari diet yang sehat. Sayur-sayuran juga dapat membantu menurunkan berat badan berlebih pada anak-anak. Hidangan yang dibuat dari sayuran seperti bayam, brokoli, tomat, wortel, kubis dan kecambah memang baik untuk kesehatan. Buah-buahan juga dapat berkontribusi untuk meningkatkan asupan vitamin pada anak-anak dan meningkatkan berat badan. Beberapa porsi pepaya, alpukat, jambu biji, mangga, jeruk dan stroberi memberikan nutrisi yang cukup. Buah-buahan seperti nanas, apel, dan buah persik yang baik untuk usus dan dapat membantu untuk mencegah gerakan usus yang menyakitkan pada anak-anak. Brokoli kukus atau kembang kol dan irisan mentimun dan wortel atau salad hijau dapat menjadi tambahan yang bagus untuk makan siang anak-anak.

Semua produk Padi-padian
Produk padi-padian yang meliputi nasi, roti gandum dan jagung, mengandung sejumlah besar magnesium. Karbohidrat adalah sumber energi utama bagi tubuh. Jadi, sarapan pagi anak-anak harus secara khusus terdiri dari makanan berenergi tinggi. Ini akan memastikan bahwa anak-anak anda tidak mengalami kelelahan dan tetap energik dan aktif sepanjang hari.

>>  Makanan Sehat Bergizi Buah dan Sayuran

Seluruh makanan sehat untuk anak-anak membantu meningkatkan kapasitas intelektual dan kekuatan, sehingga mempersiapkan mereka untuk melakukan dengan baik pada kegiatan mereka. Anak-anak mendapatkan makanan sehat bergizi setiap hari tampaknya selalu ceria dan bahagia, sehingga membuat lebih mudah bagi orang tua untuk menangani mereka.

, , ,

Comments are closed.