Efek Samping Konsumsi Vitamin C Berlebihan

Penggunaan vitamin C bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita, melawan pilek, dan penuaan dini. Namun terlalu banyak Vitamin C memiliki efek samping juga.

Vitamin dan mineral diperlukan untuk fungsi tubuh. Namun, vitamin harus dikonsumsi dalam jumlah yang terbatas saja. Dari semua vitamin dalam keluarga vitamin, vitamin C dikatakan menjadi salah satu yang paling aman dan paling dapat diandalkan dari semua vitamin. Hal ini berlaku hanya jika sesuai dosis. Vitamin C adalah vitamin yang larut dalam air, yang tidak disintesis oleh tubuh, oleh karena itu, kita harus mengkonsumsi baik melalui makanan atau melalui suplemen.

Vitamin Cefek samping vitamin c ditemukan dalam sejumlah makanan. Buah-buahan seperti lemon dan jeruk merupakan sumber terkaya vitamin C. Selain buah, juga dapat ditemukan dalam sayuran seperti asparagus, brokoli, kubis, kembang kol, dll. Meskipun ada suplemen yang tersedia, tetapi yang terbaik adalah tetap berpegang pada sumber-sumber alam. Jika seseorang harus minum suplemen, maka harus dikonsumsi dalam jumlah sedang. Akan ada ada efek samping dari asupan yang tinggi dari vitamin C juga.

Meskipun vitamin C bermanfaat untuk tubuh, dan tidak diproduksi dalam tubuh. Vitamin C adalah vitamin yang larut dalam air, oleh karena itu, diperlukan pasokan Vitamin C. Namun penting untuk memahami berapa banyak karena dapat memiliki efek buruk pada tubuh, yang dapat mengganggu fungsi beberapa organ tubuh.

Efek Samping Vitamin C Berlebihan

Diare: Vitamin C membantu dalam memerangi sembelit, tapi terlalu banyak menyebabkan diare.
Mual: Overdosis Vitamin C dapat menyebabkan mual pada beberapa orang. Oleh karena itu dosis vitamin C ditentukan dari ahli kesehatan, bukan anda sendiri.
Gagal Ginjal: Hemochromatosis, merupakan kondisi dimana terdapat kelebihan zat besi. Karena Vitamin C membantu dalam penyerapan zat besi, orang yang menderita hemochromatosis tidak boleh banyak mengkonsumsi vitamin C. Hal ini dapat menyebabkan gagal ginjal.
Kelelahan: Meskipun vitamin C membantu dalam penyerapan zat besi, overdosis dapat menyebabkan kelelahan pada beberapa orang.
Kram perut: Efek samping lain dari overdosis vitamin C adalah menyebabkan kram perut.
Batu Ginjal: Vitamin C juga membantu dalam penyerapan kalsium. Namun kalsium dalam jumlah tinggi dapat menyebabkan batu ginjal.
Hambatan dalam Pengobatan Kanker: Telah dicatat bahwa terlalu banyak vitamin C dapat menyebabkan hambatan dalam pengobatan kanker tertentu.

Gangguan pencernaan: Jika seseorang memiliki gangguan pencernaan, terlalu banyak vitamin C dapat memperburuk kondisi.
Insomnia: Di antara berbagai efek samping dari vitamin C, insomnia disebabkan karena overdosis.
Iritasi Esophagus: Seperti gangguan pencernaan, terlalu banyak vitamin C bisa menyebabkan maka iritasi.
Mengantuk: Salah satu efek samping dari overdosis Vitamin C adalah mengantuk.
Penurunan Vitamin B12: jumlah berlebihan vitamin C dapat menyebabkan penurunan kadar Vitamin B12 dalam tubuh.
Peningkatan Oksigen: Jika anda mengkonsumsi terlalu banyak vitamin C, dapat menimbulkan peningkatan untuk kadar oksigen, yang dapat mengakibatkan tekanan pada jantung.
Gastritis: Radang selaput perut disebut gastritis. Overdosis vitamin C bisa menyebabkan radang selaput perut.
Erosi Gigi: Jika seseorang telah menggunakan suplemen vitamin C untuk jangka waktu yang sangat lama, dapat menyebabkan erosi enamel gigi juga.
Berbahaya bagi Sel Darah Merah: jumlah berlebihan vitamin C bisa berbahaya bagi sel-sel darah merah, karena menyebabkan kerusakan sel-sel.
Ekskresi oksalat: Overdosis vitamin C menyebabkan pembentukan kalsium oksalat. Oksalat ini kemudian dikeluarkan dari tubuh.
Gusi berdarah: Meskipun Vitamin C diperlukan untuk sejumlah gigi dan masalah gusi, vitamin c dalam jumlah tinggi justru dapat menyebabkan gusi berdarah.
Radang Gusi: Sebuah kondisi yang disebut gingivitis, juga dikenal sebagai peradangan gusi, juga bisa disebabkan karena over konsumsi vitamin C.
Rambut Kering: Apakah anda baru menyadari bahwa rambut anda menjadi kering dan tidak wajar, terutama setelah anda mulai mengkonsumsi suplemen vitamin C. Kondisi ini dapat disebabkan karena overdosis vitamin C.

>>  Hubungan Vitamin D dan Rambut Rontok

Beberapa efek samping lain dari mengkonsumsi vitamin c dalam jumlah banyak termasuk sakit kepala, muntah, kemerahan pada kulit, kulit kering, bersisik, bengkak pada sendi, imunitas menurun, dan waktu penyembuhan lebih lama. Sejauh mungkin, ukuran yang diperlukan vitamin C harus diperoleh dari buah-buahan segar dan sayuran. Jika anda mengkonsumsi suplemen, maka pastikan anda minum dalam jumlah yang cukup disertai dengan air.

 
  Incoming Keywords: efek samping terlalu banyak minum vitamin c, efek samping vitamin c, mengapa jika kelebihan vitamin c dapat menyebabkan diare, efek kelebihan dosis vitamin c, mengapa mengkonsumsi vitamin c dapat menyebabkan diare?, efek samping minum floridina, vitamin c untuk sakit kepala, efek samping dari vitamin c, efek mengonsumsi vitamin c secara berlebihan, apa yang terjadi jika kita overdosis vit c

, , ,

Comments are closed.